Hebat, Tri Rismaharini Walikota Terbaik Ke-3 Sedunia 2014


Foto: d-onenews com

Foto: d-onenews com

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini dinobatkan sebagai walikota terbaik sedunia tahun 2014. Wanita yang akrab disapa Ibu Risma ini menjadi walikota terbaik ketiga dalam anugerah World Best City Mayor 2014. Dalam penghargaan yang tidak hanya membanggakan warga Surabaya saja, namun juga bangsa Indonesia ini dirilis oleh situs Worldmayor.com pada Selasa, 3 Januari 2015.

Lembaga swadaya berpusat di London, Inggris ini memilih 25 pemimpin tingkat daerah terbaik sedunia melalui survei dan penilaian rekam jejak mereka. Lembaga City Mayor Foundation (CMF) ini rutin memberikan anugerah wali kota terbaik dunia sejak 2004.

Penghargaan yang sama juga pernah diraih oleh Joko Widodo (Jokowi) pada tahun 2013. Pada saat itu Jokowi sebagai walikota Surakarta sebelum akhirnya menjabat sebagai gubernur DKI Jakarta dan sekarang presiden Republik Indonesia. CMF menilai kinerja Risma layak menjadi walikota terbaik karena keberpihakan Risma pada ruang terbuka hijau di kota Surabaya. Atas kinerja Risma tersebut kini Surabaya tidak banjir lagi seperti dulu.

Saat ini terdapat 11 taman besar di Surabaya, semuanya memiliki tema masing-masing. Termasuk Taman Bungkul yang semula tidak layak disebut sebagai taman, namun di tangan Risma taman ini sangat indah dan menarik dalam penatannya. Tak sedikit taman yang sudah dilengkapi wi-fi untuk akses internet gratis, perpustakaan, alat kebugaraan, hingga fasilitas olah raga. Ruang terbuka di Surabaya saat ini juga sangat luas sehingga bisa menjadi daerah serapan air.

Prestasi Risma yang lain yang dinilai lembaga ini adalah penutupan pelacuran Dolly yang bisa dikatakan tanpa ada konflik yang berarti. Dolly adalah salah satu kawasan pelacuran terbesar tidak hanya di Indonesia, namun juga sudah dikenal oleh dunia.

Tanggal 28 Desember 2014 yang lalu pesawat AirAsia dengan nomor penerbangan QZ8501 hilang kontak di perairan antara Bangka Belitung dan Kalimantan dalam penerbangan Surabaya ke Kualalumpur, Malaysia. Pesawat tersebut akhirnya jatuh di Selat Karimata. Respon terhadap keluarga korban dinilai oleh CMF sangat luar biasa. Risma bisa menunjukkan simpatinya kepada keluarga korban dengan terjun langsung ke bandara Juanda di Sidoarjo untuk memberi dukungan moral. Ini yang menjadi poin bagus yang tidak dimiliki oleh kandidat yang lain dari tim juri.

Tak hanya itu saja yang memukau para juri, Risma juga dinilai sangat memperhatikan kota Surabaya sebagai hunian yang layak bagi warganya. Risma memang sebagai pemimpin yang sering terjun langsung jika ada suatu masalah. Dan ini sangat disukai oleh warga kota Pahlawan ini.

Sebagai walikota terbaik pertama adalah Naheed Nenshi, walikota Calgary dari Kanada. Nenshi adalah walikota muslim pertama yang ada di wilayah Amerika Utara. Meskipun berasal dari agama minoritas, namun Nenshi bisa memimpin kota kecil tersebut dengan baik.

CMF menilai Nenshi sanggup menyatukan warga kota tersebut dalam menghadapi bencana banjir Alberta pada 2013. Nenshi berhasil mengatasi banjir relatif cepat cepat. Pria yang menjabat sejak 2010 ini dianggap berhasil memanfaatkan jejaring sosial seperti Facebook untuk menjelaskan program-program yang dilaksanakannya.

Untuk terbaik runner up adalah Daniel Termont walikota Ghent, Belgia. Program-program Daniel dianggap oleh tim juri bisa mendongkrak perekonomian kota kecil yang dipimpinnya. Tak hanya masalah ekonomi saja yang membuat Daniel masuk sebagai walikota terbaik kedua, masalah lingkungan juga dengan membuat tata kota yang baik juga sebagai nilai plus tersendiri bagi juri.

Pemenang keempat diraih oleh Carlos Ocariz, walikota Sucre, Venezuela. Pemenang kelima diraih oleh Jed Patrck Mabilog, walikota Iloilo City, Filipina. Untuk urutan keenam adalah Albrecht Schroter, walikota Jena, Jerman. Urutan ketujuh diraih oleh Annise Parker, walikota Houston, Amerika Serikat. Pemenang kedelapan adalah Yiannis Boutaris, walikota Thessaloniki, Yunani. Sementara pemenang kesembilan dan kesepuluh berturut-turut adalah Giusy Nicolini, walikota Lampedusa, Italia dan Aziz Kocaoglu, walikota Izmir, Turki.

Iklan

3 responses

  1. Dibutuhkan banyak orang seperti bu Tri Risma untuk membangun Indonesia menjadi lebih baik. Bekerja keras, disiplin, tulus dan tak butuh pujian orang. Yang paling penting pemimpin harus selalu tetap berlandaskan iman dan takwa.

  2. angkat 4 jempol utk bu risma, gebrakannya itu yg buat saya geleng2 takjub. semoga kedepannya bisa jadi RI 2, krn bu risma py tujuan yg sangat mulia buat rakyatnya.

  3. selamat buat ibu Risma, semoga kedepannya banyak lagi pemimpin kaya gini

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: