Begini Cara Meningkatkan Hemoglobin dalam Darah


Ilustrasi, foto: updatedtrends.com

Ilustrasi, foto: updatedtrends.com

Sumber dari Wikipedia menyebutkan Hemoglobin adalah metaloprotein (protein yang mengandung zat besi) di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Hemoglobin juga pengusung karbon dioksida kembali menuju paru-paru untuk dihembuskan keluar tubuh. Molekul hemoglobin terdiri dari globin, apoprotein, dan empat gugus heme, suatu molekul organik dengan satu atom besi.

Hemoglobin hadir dalam sel darah merah. Hal ini terutama terdiri dari besi. Hemoglobin bertanggung jawab untuk membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh. Ini membawa karbon dioksida dari jaringan tubuh ke paru-paru dan kemudian keluar dari sistem.

Hemoglobin sangat penting untuk menjalani hidup sehat. Kekurangan hemoglobin dalam darah dapat menyebabkan anemia. Kurangnya makan makanan yang kaya zat besi, asam folat, vitamin C dan vitamin B12 dapat menyebabkan penurunan kadar hemoglobin.

Hemoglobin yang cukup sangat diperlukan bagi pasien sebelum tindakan medis. Contohnya, pasien kanker yang akan menjalani kemoterapi harus tercukupi hemoglobin dalam darahnya.

Gejala-gejala rendahnya kadar hemoglobin adalah kelelahan, kelemahan, sesak napas, pusing, sakit kepala dan kulit pucat.
Bagaimana cara meningkatkan hemoglobin dalam darah secara alami? Berikut ini tipsnya, seperti dikutip dari Bold Sky.

Makan sayuran hijau yang kaya zat besi
Anda dapat meningkatkan kadar hemoglobin dengan mengambil makanan yang kaya zat besi seperti bayam dan daun fenugreek. Kedua jenis sayuran ini memberikan suplai besi yang baik dan membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin. Makan makanan yang kaya zat besi adalah salah satu pengobatan rumah yang efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Kacang-kacangan
Semua jenis kacang-kacangan kaya akan zat besi. Kacang-kacangan termasuk kacang kedelai, kacang merah, buncis, kacang polong, kacang hitam, lentil, kacang fava, dll. Makan kacang-kacangan dalam diet harian Anda akan meningkatkan zat besi Anda.

Buah bit
Bit merupakan sumber yang kaya zat besi. Anda dapat makan bit dalam berbagai bentuk seperti salad dan jus bit. Bit adalah obat rumah yang efektif untuk meningkatkan kadar hemoglobin.

Semangka
Semangka menyediakan zat besi bersama dengan tingkat tinggi protein, karbohidrat, kalium, vitamin C dan vitamin B. Secara teratur makan buah ini dapat meningkatkan kadar hemoglobin. Semangka juga akan memberikan energi dan stamina tubuh Anda.

Vitamin C
Vitamin C membantu tubuh menyerap zat besi dari makanan. Jadi tanpa cukup vitamin C dalam diet Anda, besi dari sumber makanan tidak akan bisa diserap dengan baik. Makanan kaya vitamin C mencakup semua buah jeruk, pepaya, stroberi, dan anggur. Sayuran seperti capsicum, brokoli, kubis, tomat dan bayam juga mengandung vitamin C.

Daging merah
Daging merah berlimpah zat besi. Daging merah menyerap zat besi dengan mudah dibandingkan dengan sumber makanan dari tanaman. Daging sapi, daging kambing, hati sapi, hati ayam merupakan sumber zat besi yang baik. Ini adalah salah satu makanan terbaik yang meningkatkan hemoglobin.

Herbal kering
Menambahkan bumbu kering seperti ketumbar, spearmint, kemangi, seledri, peterseli kering, daun salam untuk diet Anda dapat membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin. Selalu tambahkan bumbu kering untuk masakan Anda. Selain memberikan zat besi, mereka juga menambah rasa pada masakan Anda.

Biji labu
Biji labu kaya akan zat besi. Biji labu juga mengandung asam lemak omega-3 dan seng. Anda dapat menikmatinya mentah atau dalam bentuk yang sudah dimasak.

Vitamin B12
Vitamin B12 diperlukan untuk meningkatkan kadar hemoglobin. Anda harus memiliki makanan yang mengandung jumlah yang cukup vitamin B12 dan folat. Daging dan telur kaya akan vitamin B12.

Makanan Laut
Makanan laut merupakan sumber yang sangat baik dari hemoglobin. Makanan laut seperti tuna, kerang, lele, salmon, tiram dan sarden merupakan sumber yang baik dari hemoglobin. Seafood juga di antara makanan yang meningkatkan hemoglobin.

Produk susu
Produk susu seperti susu, mentega, dan keju merupakan sumber zat besi yang baik dan membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin.

Buah anggur
Anggur merupakan sumber yang sangat baik dari besi, terutama anggur hitam. Anda tidak boleh lupa untuk makan anggur dengan buah-buahan lain untuk meningkatkan kadar hemoglobin Anda.

Buah-buahan kering
Buah-buahan kering seperti aprikot, plum, dan kismis adalah sumber yang sangat baik dari hemoglobin. Kandungan zat besi yang tinggi dalam buah kering membantu bentuk hemoglobin. Mereka juga memberikan nutrisi lain dan vitamin untuk tubuh.

Bumbu masak
Rempah-rempah seperti thyme, biji jintan, oregano, basil (daun kemangi), kayu manis dan sage merupakan sumber kaya zat besi. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menyertakan rempah-rempah ini dalam masakan Anda.

Biji wijen
Biji wijen kaya zat besi dan membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Anda dapat menikmatinya dengan hidangan manis atau dapat mempersiapkan hidangan dari biji wijen.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: