Manfaat Mendengarkan Musik


music_2Dari jaman prasejarah, musik sudah dikenal orang. Musik dapat digunakan berbagai kegiatan. Kegiatan keagaman, suka cita, sampai dalam keadaan duka, musik selalu ada. Jadi musik dapat berperan dalam segala bidang. Tanpa musik, hidup ini akan hampa.

Mendengarkan musik adalah salah satu dari sedikit kegiatan yang melibatkan menggunakan seluruh otak. Hal ini melekat pada semua budaya dan memiliki manfaat kesehatan mengejutkan. Dengan dapat musik menenangkan pikiran dan jiwa, membantu koordinasi fisik, kehilangan memori dan perbaikan linguistik.

Hampir tidak ada orang di dunia yang hidupnya belum tersentuh oleh musik. Kita mendengarkan musik ketika kita bekerja, ketika kita berjalan, memasak, ketika kami melakukan perjalanan, dll. Musik telah menjadi bagian integral dari kehidupan kita. Tidak peduli seberapa suasana hati Anda, sedih atau gembira bisa duangkapkan dengan musik.

Dengan mendengarkan musik, ternyata dapat bernanfaat bagi tubuh kita. Berikut ini 15 manfaat jika mendengarkan musik, seperti dikutip dari Health.

1. Meredakan nyeri
Musik memiliki sifat besar manajemen nyeri. Musik bekerja pada sistem saraf otomatis dan dapat meringankan rasa sakit kronis dan pasca operasi. Terapi musik semakin digunakan di rumah sakit sebagai pengganti obat yang digunakan saat melahirkan, anestesi dan untuk nyeri pasca-operasi. Musik bertindak sebagai selingan untuk pasien dan memberikan kontrol pada pasien. Musik memaksa tubuh untuk melepaskan endorfin untuk menetralkan rasa sakit. Musik lambat melemaskan detak jantung dan pernapasan pasien.

2. Meningkatkan kesehatan pembuluh darah
Tempo, intensitas dan kecepatan musik mempengaruhi jantung. Musik hidup meningkatkan denyut jantung dan pernapasan sambil bersantai musik slow menurunkan denyut jantung dan pernapasan. Pasien jantung dapat memilih trek terbaik bagi mereka untuk mempromosikan kesehatan jantung.

3. Meningkatkan visual, kemampuan verbal dan kecerdasan
Pendidikan Musik yang diberikan kepada anak-anak pada tahap awal dapat meningkatkan otak anak, meningkatkan keterampilan visual dan verbal. Memainkan alat musik juga merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kecerdasan seseorang.

4. Meningkatkan kesehatan otak dan mencegah penuaan otak
Mendengarkan musik pada usia yang lebih tua dapat membantu menjaga otak sehat dan muda. Mendengarkan musik bertindak sebagai latihan bagi otak.

5. Menenangkan suasana hati Anda
Mendengarkan musik bisa membuat Anda sedemikian rupa bahwa otak Anda melepaskan dopamin yang merupakan bahan kimia merasa baik yang meredakan suasana hati Anda secara langsung.

6. Mengontrol tekanan darah
Musik dengan tempo tertentu dapat membantu pasien tekanan darah mengatasi kondisi mereka. Studi The American Society of Hypertension menunjukkan bahwa hanya 30 menit dari Celtic, musik klasik atau raga per hari menurunkan tekanan darah tinggi secara signifikan.

7. Meningkatkan tidur
Musik menenangkan pikiran dan jiwa untuk membantu Anda tidur nyenyak. Musik mempromosikan tidur dan juga telah menunjukkan efek dalam mengobati insomnia.

8. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Mendengarkan jenis musik tertentu menyebabkan tubuh mengeluarkan hormon meningkatkan imunitas tubuh. Mendengarkan musik menggembirakan selama 50 menit meningkatkan kadar antibodi dalam tubuh dan menurunkan tingkat stres hormon kortisol.

9. Perkembangan fisik dan mental yang lebih baik dari janin
Janin dalam kandungan yang dikenalkan musik, lebih maju dalam hal motorik, perkembangan intelektual dan linguistik setelah lahir.

10. Meningkatkan aktivitas Anda
Mendengarkan musik sambil bekerja meningkatkan daya tahan Anda, meningkatkan mood dan mengalihkan perhatian Anda dari segala bentuk ketidaknyamanan.

11. Mengingatkan memori yang hilang
Musik dapat membantu orang mengingat lagu dan berhubungan dengan sejarah mereka. Hal ini karena bagian otak yang memproses musik duduk tepat di samping memori di otak.

12. Mempercepat pemulihan pasca latihan
Mendengarkan musik dapat memperlambat rileks pikiran dan meringankan otot-otot Anda dari rasa sakit yang mempercepat pemulihan pasca latihan.

13. Membantu dalam mengendalikan over makan
Makan sambil mendengarkan musik dapat membantu memperlambat seseorang makan perlahan dan mengurangi porsi makan. Ini bisa menjadi ujung penurunan berat badan yang besar bagi mereka yang ingin untuk menumpahkan beberapa kalori.

14. Menenangkan pasien sebelum pembedahan
Musik dapat membuat pasien lebih santai sambil menunggu operasi. Seringkali pasien yang sedang menunggu operasi takut dan stres.

15. Membantu meringankan suasana hati saat mengemudi
Mendengarkan musik sambil mengemudi sangat umum. Musik dapat membuat pengemudi gembira dan mengurangi stres saat mengemudi, apalagi pada saat macet.

Musik memiliki kemampuan untuk meningkatkan emosi kita dan menambah minat untuk kehidupan kita. Tidak ada risiko kesehatan yang dikenal musik. Ada risiko kesehatan kebisingan, jika terlalu keras musik yang didengar. Kita hanya bisa merugikan diri sendiri dengan mendengarkan musik keras dengan headphone atau speaker mini sepanjang waktu. Musik keras dapat menyebabkan gangguan pendengaran sementara dan permanen dan masalah telinga lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: