Begini Cara Mengontrol Kadar Gula Darah


Foto: Huffingtonpost

Foto: Huffingtonpost

Saat ini banyak orang yang bermasalah dengan gula darah. Kadar gula yang tinggi adalah banyak kasus. Tak hanya orang yang berusia di atas 40 tahun saja, bahkan masih remaja pun ada yang sudah bermasalah dengan gula darah. Kadar gula yang berlebihan ini penyebab dari diabetes.

Tingginya kadar gula dalam darah ini dikarenakan oleh gaya hidaup yang tidak sehat. Kelebihan gula darah menyebabkan resistensi insulin yang mengarah pada kondisi diabetes. Tak hanya kadar gula darah tinggi saja yang tidak baik bagi kesehatan, kadar gula yang sangat rendah juga demikian. Oleh karena itu, perlu untuk mengetahui gejala gula darah rendah atau tinggi dan penyebabnya.

Dikutip dari myhealthtips, gula darah rendah sering disebabkan sebagai efek samping dari pengobatan untuk diabetes. Mereka yang minum obat untuk mengendalikan diabetes biasanya memiliki kadar gula darah mereka terkontrol sedemikian rupa sehingga kadar gula darah mereka mungkin jatuh sangat rendah. Tidak adanya insulin adalah suatu kondisi yang ditemukan pada orang diabetes yang ekstrim. Jika mereka memiliki tingkat yang sangat rendah insulin dalam darah mereka, mereka tidak akan mampu mengubah glukosa dari makanan yang dikonsumsi menjadi energi yang akan digunakan untuk proses tubuh. Penyuntikan insulin terlalu banyak sebelum makan besar tapi tidak makan cukup akan menyebabkan kadar gula darah turun terlalu rendah. Kadar gula darah tinggi disebabkan karena asupan karbohidrat makanan yang kaya serta makanan tinggi gula dan lemak.

Hiperglikemia merupakan suatu kondisi yang ditemukan umumnya di kalangan penderita diabetes. Ketika seseorang diabetes mengkonsumsi kalori tinggi atau gula makanan, tingkat insulin tidak cukup untuk mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Gejala-gejala kadar gula darah tinggi pada orang diabetes dilihat sebagai berikut:
• Sering buang air kecil
• Mual
• Mengantuk
• Pandangan kabur
• Haus yang ekstrim atau kelaparan

Mereka yang menderita diabetes dan sedang menjalani pengobatan atau obat untuk mengontrol kadar gula darah mereka mungkin menderita gejala gula darah rendah juga, gejalanya antara lain:
• Tubuh gemetar
• Detak jangtung cepat
• Berkeringat
• Kecemasan
• Kelaparan yang ekstrim
• Badan sangat lemah

Berikut ini beberapa cara mengendalikan kadar gula darah dalam tubuh. Memang, diabetes adalah suatu kondisi yang sulit untuk diatasi sepenuhnya, salah satu kebutuhan untuk mengambil obat yang efektif di rumah dan gaya hidup mereka sehari-hari dalam rangka untuk memastikan bahwa mereka menjaga kadar gula darah mereka dalam kontrol.

1. Mengkonsumsi produk susu

Beberapa orang tidak toleran laktosa dan bagi mereka itu akan sulit. Jika produk susu rendah lemak yang dikonsumsi itu telah terlihat pada orang-orang yang kelebihan berat badan, cenderung untuk mengembangkan resistensi terhadap pembentukan insulin yang merupakan prekursor diabetes. Protein dan lemak yang hadir dalam produk susu membantu meningkatkan kadar gula darah.

2. Roti gandum

Salah satu kebutuhan untuk menghindari tepung berbasis pada produk roti putih karena ini adalah sumber gula yang mengatur gula darah. Gandum terdiri dari jumlah yang cukup serat dan protein serta karbohidrat kompleks yang membantu untuk menjaga kadar gula darah terkendali. Roti gandum memiliki jumlah yang lebih tinggi protein dan serat yang menjaga kadar gula dalam jangka yang lebih lama.

3. Mineral Magnesium

Magnesium merupakan mineral yang dikenal untuk membantu mencegah perkembangan diabetes tipe 2. Sayuran yang kaya magnesium adalah bayam. Magnesium juga ditemukan dalam ikan, kacang-kacangan, alpukat, dan sayuran hijau lainnya. Wanita yang kelebihan berat badan telah mampu mengurangi risiko diabetes dengan mengonsumsi diet yang terdiri dari makanan tersebut.

4. Rempah-rempah kapulaga

Rempah-rempah seperti kapulaga membantu mengatur diabetes tipe 2. Bisa ditaburkan di kopi, teh, yoghurt dan juga sereal. Bumbu harum ini dikenal untuk membantu penurunan kadar glukosa darah 18-30 persen.

5. Mi soba

Mi soba juga dikenal sebagai sumber serat yang dikenal untuk membantu meningkatkan kadar gula darah dalam darah. Mi sobs bisa dicoba saat makan malam. Bentuk pasta Jepang terbuat dari biji-bijian ini yang disebut soba. Mi soba diketahui membantu menurunkan kadar glukosa darah sesuai studi yang dilakukan pada tikus

6. Minum anggur

Anda bisa menyertakan segelas anggur sesekali pada makan malam Anda. Anggur membantu mengurangi risiko diabetes. Bahkan jika seseorang dapat minum anggur bersama dengan makan malam, mengkonsumsi minuman yang sama setelah makan malam akan mengurangi tingkat insulin dalam darah dan karenanya membuat glukosa mengalir dalam aliran darah untuk jangka waktu yang lama.

7. Kurangi makanan berlemak

Untuk mengendalikan tingkat gula darah kita perlu mengurangi konsumsi lemak jenuh yang meliputi gorengan dan makanan siap saji (junk food).

8. Olahraga

Berjalan sekitar dua kilometer sehari akan mengurangi risiko kematian akibat diabetes dan juga penyakit jantung.

9. Lakukan latihan ketahanan

Jika Anda memiliki lebih banyak massa otot Anda akan membakar lebih banyak glukosa dalam sistem. Latihan ketahanan setidaknya sekali atau dua kali seminggu pasti akan membantu untuk mengontrol kadar gula darah.

10. Makan dengan teratur

Hal ini diperlukan untuk menjaga tingkat insulin stabil dengan asupan rutin kalori.

11. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup dapat menjaga kadar gula dalam darah terkontrol. Kurang tidur mempengaruhi gula darah serta kadar insulin.

12. Berhenti mendengkur

Mereka yang mendengkur lebih mungkin untuk mengembangkan diabetes. Pergi ke dokter untuk mengontrol masalah ini atau karena masalah kelebihan berat badan.

13. Bersantai

Bersantai seperti mendengarkan musik dan menonton tv acara yang bisa membuat tertawa juga bisa mengontrol kadar gula dalam darah.

14. Makan kacang-kacangan

Makanan tersebut membantu menjaga kadar gula dalam darah terkontrol.

Iklan

One response

  1. bagus sekali artikelnya bos, thanks atas informasinya… sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: