Begini Cara Alami Mengatasi Kolesterol Jahat


Foto: theharmonycompany.com

Foto: theharmonycompany.com

Salah satu masalah kesehatan yang sering dialami orang saat ini adalah kolesterol. Tinggi kolesterol tidak hanya dimonopoli oleh orang kota saja, di desa pun banyak yang mengalaminya. Penyebabnya karena pola makan yang tidak sehat.

Dikutip dari myhealthtips, kolesterol adalah lemak yang diproduksi oleh hati dalam tubuh Anda. Setiap sel tubuh dalam tubuh Anda memiliki lapisan luar kolesterol. Hal ini sangat penting untuk fungsi tubuh normal. Beberapa makanan yang paling umum yang Anda makan seperti daging dan telur memiliki kolesterol di dalamnya. Kolesterol sebenarnya penting bagi tubuh karena membantu dalam fungsi tubuh yang tepat.

Namun, jika terlalu banyak asupan kolesterol dalam tubuh, maka mulai menyebabkan banyak masalah kesehatan seperti menghasilkan plak pada arteri tubuh dan mempersempit ruang untuk darah mengalir ke jantung. Jika kadar kolesterol yang tidak terkontrol, maka arteri akan mulai mengeras yang demikian ini akan menyebabkan penyakit jantung.

Penyebab Kolesterol

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menyebabkan peningkatan kadar kolesterol dalam tubuh Anda.
• Gaya hidup yang tanpa latihan (olahraga) apapun. Menghabiskan sebagian besar waktu duduk atau berbaring menghasilkan peningkatan kolesterol jahat dalam tubuh Anda.
• Mengonsumsi makanan yang kaya akan lemak jenuh akan meningkatkan kolesterol dalam tubuh Anda.
• Kadar kolesterol cenderung meningkat seiring bertambahnya usia. Ini sangat ideal bagi Anda untuk mengambil tes profil lipid setelah Anda mencapai usia 40 tahun untuk menentukan kadar kolesterol Anda.
• Tidak mengontrol diabetes akan menghasilkan peningkatan kadar kolesterol.
• Merokok dan konsumsi alkohol secara teratur akan menghasilkan peningkatan kadar kolesterol jahat.

Gejala Dari Kolesterol

Beberapa gejala kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda adalah:
• Pusing yang lebih sering.
• Nyeri pada punggung dan bahu.
• Aterosklerosis atau penumpukan plak di sepanjang dinding arteri.
• Nyeri kaki selama berolahraga atau berjalan.
• Bekuan darah dalam otak yang dapat menyebabkan perdarahan atau stroke.
• Penyempitan arteri koroner di jantung menyebabkan angina.

Berikut ini beberapa alternatif cara yang bisa Anda coba untuk mengatasi kadar kolesterol jahat pada tubuh Anda.

1. Menurunkan berat badan

Jika Anda kelebihan berat badan atau obesitas, maka Anda akan mempunyai kadar kolesterol tinggi dalam tubuh Anda. Ini sangat ideal bagi Anda untuk menurunkan berat badan Anda untuk mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Atur jangka panjang dan tujuan yang berkelanjutan untuk mengurangi berat badan Anda dan Anda akan melihat perbedaan besar dalam kadar kolesterol Anda setelah tiga sampai empat bulan.

2. Herbal

Ini sangat ideal bagi Anda untuk memasukkan herbal dalam diet Anda karena mengandung konten lecithin yang akan mencegah kolesterol dalam hati. Beberapa herbal yang patut Anda coba adalah akar dandelion, biji labu, fo-ti, dan oats. Oat penuh dengan beta-glukan yang akan membantu dalam menurunkan kadar kolesterol secara alami. Tambahkan gandum dalam makanan biasa setiap hari dan pastikan bahwa Anda tidak mengkonsumsi gandum olahan untuk menikmati manfaat maksimum kesehatan.

4. Apel

Lebih dari buah apel, itu adalah kulit apel yang akan membantu dalam menurunkan kolesterol dengan memperlambat oksidasi kolesterol jahat LDL dan mencegah dari penumpukan plak. Makanlah setidaknya satu atau dua buah apel sehari dengan kulitnya untuk menurunkan kadar kolesterol. Pastikan sebelum dimakan, apel telah dibersihkan dengan benar.

5. Kacang dan biji

Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian kaya sterol yang sangat efektif dalam mengurangi kolesterol jahat LDL dalam tubuh Anda. Beberapa kacang-kacangan dan biji-bijian yang Anda butuhkan dalam diet harian Anda antara lain biji bunga matahari, biji labu, almond, pistachio, dan kacang pine,

6. Teh hijau

Teh hijau ditemukan sangat efektif dalam menyeimbangkan kadar kolesterol tinggi dan memiliki antioksidan dan memiliki kekuatan untuk menurunkan kepadatan rendah lipoprotein. Jika Anda seorang pecinta kopi, beralih ke teh hijau untuk melihat hasil yang efektif. Minum setidaknya dua sampai tiga cangkir teh hijau untuk melihat hasil yang baik dalam tiga sampai empat bulan.

7. Semua makanan dari gandum

Ini sangat ideal bagi Anda untuk sarapan mencakup lebih banyak biji-bijian dalam diet Anda. Ganti roti putih, pasta normal dan nasi putih dengan gandum dan roti coklat, pasta gandum dan beras merah dan untuk melihat hasil nyata dalam dua sampai tiga bulan.

8. Buah dan sayur

Sebagian besar buah-buahan dan sayuran yang kaya serat dan ideal dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda. Ini sangat ideal bagi Anda untuk mengganti satu kali makan sehari terutama di malam hari untuk buah lengkap dan diet sayuran yang termasuk sayuran hijau, artichoke, kubis, kembang kol, wortel, apel, jeruk, anggur hitam dan sebagainya.

9. Ikan yang mengandung asam lemak omega-3

Ini sangat ideal bagi Anda untuk makan ikan untuk mengurangi kadar kolesterol jahat dalam tubuh Anda dan meningkatkan kadar kolesterol baik. Makarel, sarden, herring dan salmon yang kaya asam lemak omega 3 dan akan membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung Anda.

10. Minyak zaitun

Ini sangat ideal bagi Anda untuk mengganti minyak goreng atau mentega dengan minyak zaitun karena hanya mempunyai lemak tak jenuh tunggal yang akan membantu dalam menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat). Gunakan 1-2 sendok teh minyak zaitun saat memasak makanan sehari-hari, bukan minyak goreng biasa.

11. Madu

Madu memiliki banyak khasiat alami dan juga membantu dalam meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik) dalam tubuh Anda yang pada gilirannya mengurangi kadar kolesterol total Anda. Tambahkan madu bukan gula atau glukosa untuk teh hijau Anda untuk meningkatkan kadar kolesterol HDL yang baik dalam tubuh Anda.

12. Olahraga (latihan) teratur

Latihan selama sekitar 30 sampai 45 menit setiap hari untuk tetap fit dan menurunkan kadar kolesterol dan timbunan lemak dalam tubuh Anda. Berjalan, jogging, berenang, bermain tenis, bulutangkis, dan sepak bola semua akan membantu dalam mengurangi kadar kolesterol.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: