Daftar 14 Makanan Untuk Mencegah Kanker Payudara


Ilustrasi, foto: edisonroar.com

Ilustrasi, foto: edisonroar.com

Kanker payudara adalah salah satu kanker yang umum diderita oleh wanita. Namun, beberapa kasus juga bisa diderita oleh pria. Telah diprediksi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) pada tahun 2020 kejadian kasus kanker payudara akan lebih tinggi dari apa yang sekarang ini. Hal ini diyakini bahwa satu dari setiap delapan wanita berisiko terkena kanker payudara selama hidupnya.

Banyak faktor yang berperan dari kanker payudara seperti faktor makanan dan gaya hidup tak sehat. Kanker payudara dapat dicegah serta dikontrol dengan mengambil kebiasaan sehat seperti menghindari konsumsi alkohol, mengendalikan berat badan, menyusui, menghindari paparan elemen polusi dan radikal serta mengikuti pola hidup sehat.

Berikut ini 14 makanan untuk mencegah kanker payudara, seperti dikutip dari myhealthtips.

1. Bayam

Bayam adalah sayuran yang mengandung banyak khasiat yang membantu untuk membentengi sistem terhadap kanker payudara. Raja sayuran ini mengandung antioksidan lutien yang memiliki peran besar untuk menjaga sel-sel kanker payudara dan mencegahnya menyebar ke area lain dari tubuh. Bayam juga mengandung karotenoid dan zeaxanthin yang dapat membantu untuk menghilangkan molekul tidak stabil dari tubuh.

2. Tomat

Tomat diketahui mengandung licopen yang merupakan antioksidan kuat yang dapat membantu mencegah perkembangan kanker payudara. Likopen ini dapat membantu dalam menghentikan pertumbuhan sel kanker. Likopen juga dapat menghentikan sel-sel kanker lainnya dari tumbuh pada organ lain seperti paru-paru atau endometrium. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaatnya adalah untuk menikmati segelas jus tomat dalam bentuk segar atau dimakan langsung.

3. Kunyit

Kunyit diketahui mengandung zat yang dikenal sebagai kurkumin yang dapat membantu untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker kulit, paru-paru, payudara dan kanker pencernaan. Curcumin dalam kunyit membantu menghentikan penyebaran kanker payudara ke daerah lain. Curcumin juga dapat membantu untuk memperbaiki DNA yang rusak oleh radiasi.
Sejumput kunyit mentah dengan air dapat dikonsumsi pada waktu perut kosong setiap pagi.

4. Jus buah delima

Penelitian menunjukkan bahwa buah delima dapat membantu menghancurkan sel-sel kanker tanpa mempengaruhi sel-sel yang sehat. Delima diketahui mengandung polifenol yang merupakan bentuk asam ellagic dan dikenal karena sifat antioksidan. Antioksidan ini akan mencegah pembentukan sel kanker di daerah payudara. Delima dapat dikonsumsi sebagai jus buah atau sebagai makanan penutup berbasis buah.

5. Salmon

Ikan salmon mengandung asam lemak omega-3 dan bahan-bahan gizi lain yang dapat membantu untuk memperlambat pertumbuhan tumor kanker. Dengan makan salmo dapat membantu untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh karena mengandung vitamin B kompleks dan vitamin D. Salmon adalah sumber protein tanpa lemak. Elemen tersebut akan membantu untuk mengatur pertumbuhan sel dan mencegah timbulnya atau kemajuan kanker. Salmon lebih baik dikonsumsi dengan cara dipanggang daripada digoreng.

6. Bawang putih

Bawang putih dapat membantu mencegah kanker payudara dengan cara yang berbeda. Senyawa Sulfur yang hadir dalam bawang putih dapat membantu untuk mempercepat perbaikan DNA. Bawang putih dapat membantu untuk membunuh sel-sel kanker yang menyebabkan kanker payudara, perut, usus, mulut dan bentuk lain dari kanker. Sepotong bawang putih setiap pagi jika Anda ingin menjalani hidup bebas kanker.

7. Blueberry

Berry dikenal memiliki banyak khasiat yang dapat membantu untuk mencegah penyakit seperti kanker. Buah ini dikenal kaya akan vitamin, antioksidan dan mineral. Fitokimia yang hadir dalam blueberry mencegah penyebaran kanker payudara. Antioksidan seperti asam ellagic dikenal memiliki sifat anti kanker yang dapat memperlambat pertumbuhan tumor serta membantu untuk menghancurkan zat yang menyebabkan kanker. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat blueberry adalah makan buah segar bukan dan bukan yang sudah dikemas. Buah lainnya dari keluarga yang sama dan dengan manfaat yang sama adalah stroberi, blackberry, dan Cranberries.

8. Biji rami

Biji rami diketahui mengandung banyak khasiat yang bermanfaat yang akan membantu untuk mencegah dan mengontrol pertumbuhan kanker payudara. Biji rami diketahui mengandung kadar tinggi lignin yang pada gilirannya melindungi sel-sel yang dipengaruhi oleh sel-sel kanker estrogen. Minyak biji rami mengandung asam lemak omega-3 yang dapat membantu untuk membentuk perisai pelindung dari kanker. Biji rami bubuk dapat ditambahkan ke yoghurt atau dibuat smoothie untuk menghasilkan rasa pedas. Minyak biji rami dapat digunakan untuk membuat salad. Biji rami juga dapat digunakan atau ditambahkan sebagai bahan dalam kue.

9. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang diketahui mengandung bahan-bahan yang unik tertentu yang dapat membantu untuk melawan kanker payudara. Brokoli mengandung senyawa seperti indole-3-carbinol yang membantu melawan kanker. Kimia ini dikenal untuk mengubah kanker menyebabkan estrogen menjadi estrogen yang membantu melindungi tubuh dari kanker.
Brokoli akan membantu mengurangi risiko kanker jenis lain seperti prostat, limfoma, kandung kemih dan bahkan kanker paru-paru. Sayuran lain dapat dimasukkan seperti kembang kol, kale, dan kubis yang membantu mengurangi risiko kanker payudara. Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari brokolidalam bentuk dimasak.

10. Kenari

Kacang kenari yang dikenal baik bagi mereka yang menderita kanker payudara. Kenari mengandung asam lemak sehat seperti omega-3 yang dapat membantu tubuh untuk melawan peradangan dan mengurangi pertumbuhan tumor kanker.
Mengkonsumsi dua ons kenari akan memperlambat pertumbuhan dan perkembangan tumor kanker.

11. Ekstrak biji anggur

Ekstrak biji anggur dikenal untuk membantu menghambat aromatase, pada gilirannya membantu untuk mencegah pembentukan kanker. Ekstrak biji anggur juga membantu untuk mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker.

12. Kacang

Kacang-kacangan, terutama dari berbagai hitam dan biru tua telah diuji untuk membantu mengurangi kanker usus besar pada tikus. Ketika seseorang mengkonsumsi makanan yang kaya kacang-kacangan meningkatkan tingkat asam lemak butirat di dalamnya, pada gilirannya membantu mengurangi dan mencegah pertumbuhan kanker. Biji kering yang ditemukan efektif dalam mencegah kanker payudara pada tikus.

13. Jamur

Jamur telah diidentifikasi memiliki kemampuan melawan kanker. Jamur putih mampu dalam memperlambat pertumbuhan sel tumor kanker payudara dengan mengontrol aromatase. Protein enzim ini diketahui biosynthesize estrogen dalam tubuh dan dikaitkan dalam membantu menghambat tumor kanker payudara. Jamur juga membantu untuk mengontrol dan mencegah pertumbuhan kanker prostat. Jamur dapat dikonsumsi dalam bentuk rebus atau dimasak untuk menikmati banyak manfaat kesehatan.

14. Kayu manis

Kayu manis digunakan sebagai obat serta bumbu. Kayu manis diketahui memblokir protein yang memberikan suplai darah ke sel-sel kanker. Angiogenesis didorong oleh kayu manis yang dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan tumor dan menyebar.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: