10 Cara Mencegah Kanker Usus Besar


Foto: myhealthtips.in

Foto: myhealthtips.in

Kanker usus besar atau kolorektal bisa dialami oleh siapa saja. Hal ini penting bagi Anda untuk memahami bahwa Anda dapat mencegah kanker usus besar jika Anda mampu melakukan hal-hal yang akan Anda lakukan untuk mencegah serangan panas. Kanker usus besar adalah penyakit terbesar ketiga yang menyerang manusia dan hal ini terlihat lebih sering terjadi pada pria daripada wanita.

Kanker ini bisa dicegah dengan pola makan yang baik dan gaya hidup sehat. Dikutip dari myhealthtips, para peneliti telah menemukan bahwa lebih dari 45 persen dari kanker usus besar dapat dicegah dengan tetap sehat, aktif secara fisik dan tentu saja makan makanan yang sehat. Jadi, semua yang perlu Anda lakukan untuk mencegah serangan jantung adalah lebih dari cukup untuk mencegah kanker usus besar. Hal ini tidak mudah bagi seseorang untuk beralih ke kebiasaan sehat saja. Tapi, itu sangat penting bagi Anda untuk memahami bahwa menjaga kesehatan tubuh dengan makan makanan yang baik dan sehat serta latihan yang baik adalah formula sukses yang sempurna yang akan membantu mencegah Anda dari serangan kanker usus besar.

Berikut ini cara mencegah kanker usus besar.

1. Berhenti merokok

Merokok dapat menyebabkan kanker paru-paru dan serangan jantung. Namun, tidak hanya itu saja akibat dari merokok. Menurut sebuah penelitian, 17% dari perokok terkena kanker usus besar. Ini adalah saatnya Anda berpikir untuk berhenti merokok terutama jika Anda telah mencapai usia 40 tahun. Persentase perokok di atas usia 40 tahun meningkatkan kanker usus besar yang ditakuti oleh sekitar 30% sampai 50%.

2. Jangan mengkonsumsi daging merah

Telah diteliti bahwa makan dalam jumlah besar daging merah memiliki efek langsung pada usus Anda. Konsumsi daging merah dalam jumlah besar telah dikaitkan dengan risiko lebih tinggi terkena kanker usus besar pada laki-laki maupun perempuan.

3. Kurangi lemak perut

Obesitas adalah salah satu alasan utama bagi pria untuk menderita kanker usus dan obesitas pada perut atau lemak perut adalah penyumbang utama terhadap risiko seseorang mendapatkan kanker usus besar.

4. Berolahraga secara teratur

Jika Anda ingin mengurangi risiko kanker usus besar, maka saatnya untuk bergerak. Jika Anda mempunyai hidup tanpa olahraga bertahun-tahun, sekarang saatnya bagi Anda untuk melakukan latihan rutin untuk menjauhkan risiko kanker usus besar. Penting bagi Anda untuk melakukan aktivitas sedang sampai kuat selama minimal 30 menit setidaknya lima hari seminggu untuk tetap sehat. Dianjurkan agar Anda meningkatkan aktivitas olahraga 45 menit setiap hari setelah satu bulan atau lebih untuk mengurangi risiko terkena kanker usus ke tingkat yang lebih besar. Ini sangat ideal bagi Anda untuk menjaga berat badan yang sehat melalui olahraga dan diet yang sehat. Meningkatkan jumlah latihan dan mengurangi jumlah kalori yang Anda ambil dalam setiap hari untuk mengurangi berat badan dengan aman dan tetap sehat.

5. Banyak makan sayur dan buah

Sangat penting bagi Anda untuk meningkatkan asupan sayuran mentah dan buah-buahan dalam diet harian Anda dan untuk mengurangi jumlah makanan yang dimasak untuk membantu menjaga berat badan. Sayur dan buah juga akan membantu dalam mencegah risiko kanker usus besar. Biji-bijian dan serat yang kaya sayuran mentah seperti kacang-kacangan, bayam, jamur wortel, jahe harus menjadi bagian dari diet harian Anda dan Anda harus mengkonsumsi setidaknya 2-3 porsi setiap hari untuk mengurangi risiko kanker usus besar. Anda juga dapat mengganti satu porsi sayuran dengan porsi buah-buahan berserat seperti jambu, jeruk, raspberry hitam dll. untuk mencegah kanker usus besar. Empat sampai lima porsi berbagai buah-buahan dan sayuran bersama dengan biji-bijian dan kacang-kacangan akan memainkan peran besar dalam mencegah kanker usus besar.

6. Hidari alkohol

Minum keras adalah salah satu alasan utama bagi orang untuk meningkatkan risiko kanker usus besar. Minum 2-3 minuman setiap hari karena penelitian telah menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki kesempatan 21% untuk mendapatkan terkena kanker usus besar. Minum banyak akan cenderung menurunkan kadar asam folat dalam tubuh yang merupakan vitamin yang akan melindungi terhadap kanker.

7. Makan bawang putih

Penting bagi Anda untuk meningkatkan jumlah bawang putih dalam makanan Anda karena merupakan antioksidan efektif yang akan membantu dalam mengurangi risiko kanker usus besar. Tambahkan banyak bawang putih cincang untuk setiap makanan yang Anda masak. Makan 3-4 siung bawang putih mentah setiap hari juga akan mengurangi risiko kanker usus.

8. Obat aspirin

Kadang-kadang Anda mungkin perlu obat tertentu untuk mengurangi risiko kanker usus besar. Obat anti inflamasi seperti aspirin akan membantu untuk mengurangi risiko kanker usus besar. Tapi, penggunaan rutin juga dapat menyebabkan efek samping tertentu. Jika Anda disarankan oleh dokter untuk menggunakan aspirin setiap hari untuk mencegah penyakit arteri koroner, maka itu juga akan membuat Anda dalam pencegahan kanker usus besar.

9. Teh hijau

Teh hijau efektif dalam mencegah kanker usus besar. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang yang secara teratur mengkonsumsi teh hijau memiliki insiden lebih rendah terkena kanker usus besar. Jika Anda memiliki kebiasaan minum 3-4 cangkir kopi setiap hari, maka akan ideal bagi Anda untuk mengganti tiga cangkir kopi dengan teh hijau organik. Minum dua cangkir teh hijau setiap hari akan membantu dalam mencegah kanker usus besar secara efektif.

10. Meningkatkan kalsium dan vitamin D

Penting bagi Anda untuk menjaga jumlah yang cukup kalsium dan vitamin D yang dibutuhkan oleh tubuh Anda untuk mencegah kanker usus besar. Disarankan untuk mengkonsumsi 1000 mg kalsium tiap hari oleh wanita antara kelompok usia 19 dan 50 tahun dan laki-laki di antara kelompok usia 19 dan 70 tahun. Untuk wanita di atas 50 tahun, sangat ideal mereka mengkonsumsi 1200 mg kalsium setiap hari.

Menu diet yang kaya akan sayuran mentah, buah-buahan, kacang-kacangan dan makanan berserat bersama dengan 30 sampai 45 menit olahraga dari sedang hingga rutin latihan intens akan membantu Anda untuk tidak hanya merawat kesehatan jantung Anda, tetapi juga akan membantu dalam mencegah usus kanker.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: