Begini Cara Mencegah HPV dan Kanker Serviks


Foto: .motherpedia.com.au

Foto: .motherpedia.com.au

Kanker serviks adalah salah satu kanker yang ditakuti oleh banyak wanita. Penderita tidak merasakan gejala yang berarti sampai kanker telah melalui tahap stadium 3 atau 4. Kanker leher atau mulut rahim ini bisa disebabkan oleh virus HPV. Penderita adalah mereka para wanita yang pernah mengalami hubungan seksual.

Human Papillomavirus (HPV) adalah virus yang ditularkan pada mereka yang aktif secara seksual. Penularan ini biasanya karena salah satu pasangan yang terinveksi dan menularkan pada pasangan wanitanya. Sebuah vaksin baru telah ditemukan di masa depan, namun HPV masih nomor satu penyebab kanker serviks dan kutil kelamin.

Sumber dari embraceourselves menyebutkan bahwa HPV adalah virus yang menginfeksi area Kulit dan organ Kelamin. Ada lebih dari 100 jenis tipe HPV yang sudah diidentifikasi. Sebagian menginfeksi kulit dan menghasilkan kutil. Sebagian menginfeksi organ kelamin dan menghasilkan kutil pada organ kelamin. Sementara sebagian lagi menginfeksi organ kelamin yang mengarah ke Kanker Mulut Rahim. Virus-virus tersebut juga bisa menyebabkan Kanker Vagina, Penis dan Anus.

Berikut ini cara mencegah penularan HPV dan kanker serviks, seperti dikutip dari Health (04/12/2014).

Pap smear
“HPV benar-benar tidak berbahaya untuk sebagian besar orang,” kata H. Hunter Handsfield, MD, seorang profesor klinis kedokteran di University of Washington di Seattle dan ahli STD yang diakui secara nasional. “Ini seperti memiliki Staph atau radang pada kulit kita,” katanya, “cukup universal, tidak dapat dihindari, dan biasanya tidak berbahaya.” Tapi beberapa strain dapat menyebabkan kanker serviks, sehingga semua perempuan harus memiliki tahunan Pap smear untuk menyaring perubahan kanker.

Kutil kelamin dapat tidak menarik, dan bisa menyakitkan, tetapi mereka lebih dari efek kosmetik HPV dari risiko kesehatan yang benar, kata para ahli.

Vaksinasi Gardasil
Gardasil, vaksin HPV diperkenalkan pada tahun 2006, melindungi terhadap dua strain virus yang paling mungkin menyebabkan kanker, serta dua strain virus yang merupakan penyebab dalam banyak kasus kutil kelamin.

CDC merekomendasikan bahwa perempuan diimunisasi terhadap HPV pada usia 11 atau 12 tahun, sebelum mereka aktif secara seksual, tetapi anak perempuan dan wanita usia 9 sampai 26 tahun disetujui untuk mendapatkan vaksin, dengan harapan mereka belum tertangkap strain penyebab kanker dari virus.

Gunakan kondom untuk mencegah HPV
Menggunakan kondom lateks atau plastik atau hambatan lain dapat membantu mencegah infeksi HPV, meskipun mereka tidak sepenuhnya efektif karena virus dapat hadir pada daerah kulit yang tidak tercakup oleh lateks.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: