Manfaat Menakjubkan Makan Sayur Mentah


sayur mentahKita mendapatkan nutrisi dari makanan yang yang kita makan. Nutrisi pada makanan akan bisa kita dapatkan dengan baik jika kita bisa mengolah makanan tersebut dengan benar. Namun, jika kita salah mengolahnya, maka kita tidak akan mendapatkan nutrusi tersebut dengan baik. Bahkan dengan pola memasak yang salah justru nutrisi yang kita butuhkan akan hilang.

Memasak dengan suhu yang sangat tinggi akan merusak nutrisi penting yang dibutuhkan oleh tubuh. Tak hanya itu saja, nutrisi baik akan hilang jika masakan dimasak berkali-kali dengan cara pemanasan berulang. Jika kita sering makanan yang seperti ini maka bisa jadi tubuh kita akan kekurangan nutrisi penting seperti vitamin, protein, mineral, dll.

Tak semua bahan makanan bisa kita konsumsi dengan dimasak. Bahan makanan seperti sayuran dan buah lebih baik kita makan masih segar dan mentah, namun tak semua sayuran bisa kita makan mentah. Meskipun kita makan mentah, namun kebersihan sayur harus kita jaga. Cuci sayuran dengan benar supaya jika ada bakteri, pestisida dan kororan yang menempel hilang, sehingga aman dikonsumsi mentah.

Sayuran tertentu sebaiknya dimakan mentah, jika dimakan dalam keadaan sudah dimasak maka tidak akan enak rasanya dan nutrisinya akan hilang. Contohnya adalah daun slada yang jika dimasak maka akan tidak enak rasanya. Tak hanya itu mentimun juga sebaiknya dimakan dalam keadaan mentah sebagai lalapan. Masih banyak lagi sayuran yang sebaiknya dikonsumsi mentah.

Namun ada juga sayuran yang bisa dimakan mentah maupun dimasak. Contohnya daun kenikir, pare, dan daun pepaya muda yang bisa dimakan dalam keadaan mentah maupun sudah dimasak. Tergantung selera, bagi yang tidak suka lalapan makan bisa dimasak, namun bagi yang hobi lapanan mereka akan lebih senang menikmatinya dalam keadaan masih mentah.

Berikut ini manfaat makan sayuran yang tidak dimasak atau masih mentah, seperti dikutip dari Bold Sky.

Kualitas sayuran
Saat memasak sayuran, terbukti bahwa pemanasan dapat menguras vitamin, merusak protein dan menghancurkan enzim, meninggalkan tidak banyak manfaatnya. Salah satu manfaat kesehatan dari makan sayuran mentah adalah bahwa Anda yakin untuk memiliki lebih banyak energi.

Rasa
Makanan dimasak membutuhkan garam, gula atau rempah-rempah. Kerugian menambahkan bumbu ini untuk sayuran saat memasak adalah dapat mengiritasi sistem pencernaan. Sayuran mempertahankan rasa alami mereka ketika dimakan mentah dan ramah juga bagi perut.

Persiapan
Ketika datang untuk makan sayuran mentah, tidak ada banyak persiapan yang diperlukan. Waktu untuk memasak bisa digunakan untuk sesuatu yang lebih produktif. Membersihkan peralatan setelah memasak adalah kerumitan tersendiri. Hal ini dapat dihindari ketika memilih sayuran mentah. Ini adalah salah satu manfaat sayuran mentah.

Penyakit
Salah satu manfaat kesehatan dari makan sayuran mentah adalah kesempatan untuk membalikkan atau menghentikan kemajuan berbagai penyakit kronis seperti masalah jantung dan kanker. Memasak menciptakan banyak radikal bebas yang menyebabkan kanker. Penelitian telah menunjukkan bahwa ketika jumlah radikal bebas yang membombardir dengan sel berkurang, kemungkinan terkena kanker juga berkurang.

Manfaat Kesehatan
Kekuatan dari sistem kekebalan tubuh tergantung pada penyakit yang dilawan oleh tubuh. Salah satu manfaat kesehatan dari makan sayuran mentah adalah bahwa hal itu akan memungkinkan Anda untuk menjaga kesehatan tubuh. Masalah seperti mulas, gas, gangguan pencernaan dan sembelit dapat dikurangi dengan mengonsumsi sayuran mentah.

Untuk lingkungan
Keseimbangan alam perlu dipertahankan. Ketika lebih banyak orang memilih makan makanan mentah, akan ada berkebun organik yang akan membantu mengurangi kadar karbon dioksida di atmosfer. Ini akan membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik untuk ditinggali.

Iklan

2 responses

  1. Pretty nice post. I simply stumbled upon your weblog and wished to say that I’ve really loved surfing around your weblog posts. After all I’ll be subscribing to your rss feed and I’m hoping you write again soon!

    1. Thank you for visiting my blog. I hope you got useful from my blog.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: