Manfaat Besar dari Asam Lemak Omega-3


asam lemak omega-3 (caradietrendahkalori com)Sumber asam lemak omega-3 antara lain ikan, bayam, kacang, dan telur. Asam lemak omega-3 adalah seperti sebuah tongkat sihir penting yang membantu untuk mengobati dan mencegah beberapa penyakit. Kehadiran lemak dalam asam lemak omega-3 sangat penting bagi kesehatan Anda dan berfungsinya berbagai organ tubuh.

Kedua jenis asam lemak esensial adalah asam lemak omega-3 dan asam lemak omega-6. Keseimbangan antara keduanya diperlukan untuk fungsi yang baik dari organ tubuh kita. Berikut ini manfaat kesehatan atas asam lemak omega-3, seperti dikutip dari Healthmeup.

1. Menurunkan trigliserida
Asam omega-3 eicosapentaenic (EPA) dan asam docosahexanoic (DHA) dapat meningkatkan kesehatan jantung dan menurunkan trigliserida (TG). Jadi, mengonsumsi suplemen minyak ikan dapat menurunkan darah tinggi TG. Memiliki tingkat tinggi TG merupakan faktor risiko penyakit jantung dan DHA sendiri juga telah ditunjukkan untuk menurunkan trigliserida.

2. Meningkatkan kesehatan jantung
Asam lemak omega-3 meningkatkan kesehatan jantung dengan menurunkan risiko keseluruhan kematian yang terkait dengan penyakit jantung. Orang dengan masalah jantung harus mencakup asam lemak omega-3 dalam diet mereka untuk menurunkan risiko. Mulai makan ikan setidaknya sekali atau dua kali seminggu untuk menurunkan risiko stroke dan masalah jantung lainnya.

3. Mengurangi risiko rheumatoid arthritis
Asupan efisien asam lemak omega-3 membantu dalam mengurangi peradangan di seluruh tubuh, terutama di pembuluh darah dan sendi. Hal ini juga membantu dalam mengurangi kekakuan tulang dan otot dan juga mengurangi nyeri sendi. Dengan demikian, mengurangi risiko berbagai masalah tulang seperti rheumatoid arthritis dan osteoporosis.

4. Mengurangi depresi
Asam lemak omega-3 juga membantu dalam meningkatkan kesehatan mental Anda dengan mengurangi tingkat depresi dan kecemasan. Asam lemak omega-3 bertindak seperti antidepresan untuk menurunkan tingkat depresi. Selain itu juga membantu untuk mengurangi gejala depresi dari berbagai penyakit mental seperti gangguan bipolar.

5. Kesehatan prenatal
Seorang wanita hamil harus mengambil dalam jumlah yang cukup asam lemak omega-3 dalam diet mereka untuk meningkatkan perkembangan janin. Asam lemak omega-3 meningkatkan kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Selain itu juga membantu dalam meningkatkan perkembangan visual dan neurologis bayi.

6. Mengurangi gejala asma
Fitur karakteristik dari asma adalah peradangan di saluran udara. Asam lemak omega-3 membantu dalam menurunkan peradangan dan dengan demikian mengurangi beberapa gejala asma.

7. Mengurangi risiko gangguan perhatian defisit hyperactivity disorder (ADHD)
Asam lemak omega-3 membantu dalam meningkatkan kesehatan mental orang dewasa maupun anak-anak. Hal ini meningkatkan fungsi kognitif otak dan meningkatkan daya mengingat kembali mereka.

8. Mengurangi risiko penyakit alzheimer dan demensia
Makan jumlah yang cukup asam lemak omega-3 setiap hari untuk memperlambat memori memperlambat proses. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa asam lemak omega-3 membantu dalam melindungi terhadap penyakit alzheimer dan demensia. Kehadiran SHA asam lemak omega-3 berpengaruh positif terhadap kehilangan memori dan penurunan pengaruh berbagai masalah gangguan memori.

9. Bermanfaat untuk penderita diabetes
Pasien diabetes biasanya memiliki kadar trigliserida tinggi dan rendah kadar kolesterol baik karena tingginya tingkat gula darah dalam tubuh mereka. Konsumsi asam lemak omega-3 oleh penderita diabetes membantu dalam menurunkan trigliserida dan meningkatkan kolesterol baik. Sebelum makan makanan yang mengandung asam lemak omega-3, konsultasikan dengan dokter Anda untuk menghindari gangguan dengan kadar gula darah.

10. Mengurangi efek lupus eritematosus sistemik (SLE)
Lupus adalah suatu kondisi dimana sistem kekebalan tubuh mempengaruhi jaringan dan sel-sel Anda sendiri. Karena kondisi autoimun ini beberapa gejala lupus terjadi seperti peradangan, kelelahan dan nyeri sendi. Asam lemak omega-3 membantu dalam menurunkan efek gejala lupus ini dalam tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

11. Mengurangi risiko osteoporosis
Wanita yang mengkonsumsi asupan yang baik dari asam lemak omega-3 memiliki risiko minimal mengembangkan osteoporosis dan penyakit keropos tulang lainnya. Asam lemak omega-3 membantu meningkatkan kadar kalsium dalam tubuh. Lebih lanjut meningkatkan kekuatan tulang dengan penyerapan kalsium ke dalam tulang.

12. Mempromosikan kulit yang baik
Asam lemak omega-3 membantu untuk menyehatkan kulit Anda. Asam lemak omega-3 bertindak sebagai perisai untuk menurunkan efek sinar UV pada kulit Anda ketika Anda berada di luar ruangan. Hal ini juga memberi Anda cari kompleksi lebih muda dengan cahaya terang.

13. Mengurangi gejala gangguan radang usus (IBD)
Dua jenis gangguan radang usus adalah penyakit Crohn dan kolitis ulserativa. Asam lemak omega-3 membantu dalam mengurangi gejala yang berhubungan dengan kedua jenis gangguan usus. Hal ini juga membantu untuk mempercepat efek dari obat-obatan untuk mengobati gangguan ini.

14. Mencegah degenerasi makula
Asam lemak omega-3 membantu mencegah degenerasi makula. Degenerasi makula adalah masalah mata, yang bila tidak diobati juga dapat menyebabkan kebutaan. Sertakan baik jumlah asam lemak omega-3 dalam diet Anda untuk menghindari degenerasi makula.

15. Meredakan nyeri haid
Asam lemak omega-3 membantu dalam memberikan Anda waktu bahagia dengan mengurangi berbagai nyeri menstruasi seperti kram perut dan sakit punggung.

16. Menurunkan risiko kanker payudara
Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mengkonsumsi makanan yang kaya akan asam lemak omega-3 selama bertahun-tahun mengurangi berkembangnya kanker payudara.

17. Mengobati skizofrenia
Penelitian menunjukkan bahwa orang dengan skizofrenia mungkin memiliki peningkatan gejala ketika diberi asam lemak omega-3.

18. Menurunkan risiko kanker prostat
Pria yang mengkonsumsi jumlah yang cukup asam lemak omega-3 dari berbagai sumber mengalami penurunan risiko terkena kanker prostat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: