Makanan Sumber Asam Omega-3


asam lemak omega-3 (himalogista ub ac id)Orang sering menghindari lemak karena dapat membahayakan kesehatan. Lemak bisa menyebabkan kolesterol jahat dan bisa menyebabkan hipertensi dan penyakit jantung.

Namun, lemak yang ini berbeda, namanya asam lemak omega-3, sangat penting bagi kesehatan secara keseluruhan. Makanan dengan asam lemak omega-3 menyehatkan. Asam lemak omega-3 tak jenuh ganda asam yang nutrisi penting dengan banyak manfaat untuk penyakit seperti diabetes tipe 2, kuku rapuh, kesehatan rambut, kulit gatal dan nyeri sendi.

Berikut ini 10 sember asam lemak omega-3, seperti dilansir dari Healthmeup.

1. Biji rami
Biji rami adalah salah satu sumber terbaik asam lemak omega-3. Biji rami dapat digunakan sebagai pencahar untuk melawan kolesterol dan penyakit jantung. Biji rami juga memiliki omega-3 alpha-linolenic acid (ALA), asam ini membantu tubuh Anda untuk mengkonversi ALA menjadi EPA dan DHA. Untuk melindungi asam lemak omega-3 dalam biji rami, simpan dalam wadah kedap udara. Mengkonsumsi setidaknya 2 sendok makan biji rami setiap hari untuk mendapatkan asam lemak omega-3 mak yang memadai.

2. Biji chia
Mereka adalah sumber tanaman asam lemak omega-3. Anda dapat mengunyah biji chia renyah untuk makanan ringan atau menambahkannya ke salad Anda. Biji chia sangat baik untuk sistem pencernaan Anda, karena mereka kaya serat dan dengan demikian membantu dalam gerakan usus yang tepat. Mereka juga mencegah terkurasnya karbohidrat dalam tubuh, karena memperlambat aksi enzim pada karbohidrat. Hal ini juga memberikan stabilitas dan daya tahan.

3. Salmon
Salah satu cara paling sederhana untuk menambahkan jumlah yang cukup asam lemak omega-3 dalam diet Anda adalah dengan makan salmon dan ikan segar lainnya. Salmon merupakan sumber terbaik asam lemak omega-3. Ikan lain (seafood) seperti ikan sarden, udang, kepiting dan tiram juga mengandung asam lemak omega-3. Salmon juga membantu untuk menyeimbangkan omega-6 dalam tubuh Anda. Selain itu, juga merupakan sumber protein yang baik, vitamin dan mineral. Anda dapat menyertakan ini setidaknya 2-3 kali per minggu.

4. Minyak ikan
Sumber lain dari asam lemak omega-3 adalah minyak ikan. Anda bisa mendapatkan minyak ikan melalui berbagai suplemen yang tersedia dalam cairan serta bentuk kapsul. Satu pil sehari sudah cukup untuk tubuh kita untuk berfungsi secara normal. Simpan suplemen dalam wadah kedap udara, untuk menghindari kerusakan. Suplemen ini hanya dianjurkan jika Anda tidak mendapatkan cukup asam lemak omega-3 melalui diet alami Anda.

5. Kacang kenari
Kenari lezat dan juga kacang yang paling bergizi. Mereka juga memiliki jumlah yang mengesankan dari asam lemak omega-3 di dalamnya. Selain itu, kenari juga merupakan sumber serat yang baik, protein, dan zat besi. Kenari baik bagi jantung Anda, karena kenari mengandung kolesterol rendah. Hanya segelintir kenari yang diperlukan per hari, untuk memberikan jumlah yang cukup asam omega-3 untuk tubuh Anda. Pilih sebagai camilan atau mencampurnya dengan yoghurt untuk rasa yang baik dan tetap sehat.

6. Kedelai
Berbagai produk kedelai seperti susu kedelai (juga tempe dan tahu) merupakan sumber asam lemak omega-3. Secangkir kecil susu kedelai sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari Anda. Hal ini juga rendah kolesterol, dan dikemas dengan berbagai mineral penting dan vitamin. Selain itu, kedelai juga kaya serat, zat besi, kalsium, protein, vitamin K dan folat. Mengambil makanan bergizi ini dengan mengganti susu sapi dengan susu kedelai.

7. Telur
Telur rebus untuk sarapan sangat dianjurkan. Telur adalah sumber asam lemak omega-3. Makan sebutir telur akan membantu untuk meningkatkan kesehatan Anda secara keseluruhan. Jika Anda memiliki masalah kolesterol konsultasikan ke dokter sebelum makan telur.

8. Kembang kol
Kembang kol yang sarat dengan asam lemak omega-3 dan nutrisi penting lainnya seperti kalium, magnesium dan niacin yang membantu untuk mempromosikan kesehatan jantung.

9. Minyak Canola
Minyak canola mempromosikan kesehatan jantung. Ini adalah sumber yang sangat baik dari asam lemak omega-3. Minyak ini juga memiliki titik asap yang sangat baik yang berarti Anda dapat menggunakannya untuk menggoreng.

10. Bayam
Sayuran berdaun hijau gelap ini memiliki kandungan tinggi asam lemak omega-3. Satu ikat kecil bayam rebus cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Hal ini juga rendah kalori dan tinggi zat besi dan mineral lainnya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: