Ini Masalah yang Timbul Jika Anda Kelebihan Kalsium


Makanan tinggi kalsium, foto: galleryhip.com

Makanan tinggi kalsium, foto: galleryhip.com

Kalsium adalah mineral penting yang diperlukan oleh tubuh kita. Organ tubuh kita yang memerlukan kalsium antara lain tulang dan gigi. Orang yang kekurangan kalsium akan mudah sekali terkena keropos tulang atau osteoporosis. Begitu juga dengan gigi yang mudah rusak jika seseorang kekurangan kalsium. Sayuran hijau, ikan, dan keju adalah contoh makanan yang banyak mengandung kalsium.

Kalsium sangat penting untuk anak-anak pada mata pertumbuhannya dan wanita yang telah mencapai usia 30-an. Alasannya sama, penguatan tulang, tetapi pada waktu yang berbeda dan dengan kebutuhan yang berbeda.

Kalsium harus dimiliki dalam jumlah yang ditentukan. Kebutuhan kalsium tiap orang berbeda-beda. Nutrisi yang dibutuhkan tubuh Anda harus disediakan dalam jumlah yang diperlukan saja. Jika lebih dapat menyebabkan masalah pada tubuh Anda, dan Anda tentu harus menghindari masalah ini, termasuk juga dengan kalsium.

Baik itu meneral kalsium, maupun mineral yang lain atau bahkan vitamin, Anda harus memilikinya dalam jumlah yang Anda butuhkan saja.Kelebihan kalsium dalam tubuh juga akan berakibat yang tidak baik bagi tubuh Anda. Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki kalsium lebih dari yang diperlukan? Anda juga mungkin berisiko masalah seperti mual, depresi, muntah dan diare bila Anda memiliki lebih banyak kalsium daripada kebutuhan tubuh Anda.

Berikut ini masalah yang timbul jika Anda kelebihan kalsium, seperti dikutip dari Bold Sky (28/10/14)

Hipertiroidisme
Kelenjar paratiroid yang tepat di depan kelenjar tiroid. Kelenjar ini bertanggung jawab untuk mengendalikan jumlah kalsium dan fosfor yang hadir dalam tubuh Anda. Ketika hormon paratiroid dilepaskan oleh kelenjar ini, berarti tubuh Anda idealnya harus berhenti menyerap kalsium. Ketika ada terlalu banyak kalsium dalam tubuh Anda, Anda akan merasa bahwa hormon ini dilepaskan dalam jumlah yang lebih besar dari yang diperlukan sehingga memberikan sebuah masalah kronis bernama hipertiroidisme. Ini adalah salah satu efek samping dari memiliki terlalu banyak kalsium.

Penyakit kardiovaskular
Ketika Anda memiliki kalsium dalam jumlah berlebihan, itu mulai mempengaruhi hati. Jumlah yang ditentukan kalsium bagi perempuan adalah maksimal 1400 mg dalam sehari. Jika perempuan melebihi jumlah ini, mereka mungkin menderita dari berbagai masalah. Serangan jantung besar adalah hasil dari asupan tinggi kalsium oleh tubuh. Semakin tinggi jumlah kalsium melepaskan hormon yang berbeda yang cenderung mempengaruhi jantung perempuan.

Mual dan kelelahan
Kalsium yang bertanggung jawab untuk tulang yang kuat dan kesehatan yang baik dapat menyebabkan masalah ketika jumlahnya berlebihan. Salah satu gejala utama dari kadar kalsium meningkat dalam tubuh Anda akan mual dan kelelahan. Kalsium dalam dosis tinggi dapat menyebabkan tubuh Anda untuk merespon dengan cara yang samar-samar sehingga membuat Anda merasa pusing dan menyebabkan mual berat.

Kenaikan mineral lainnya
Ketika penyerapan kalsium oleh tubuh berkurang karena peningkatan jumlah kalsium dan nutrisi lain, Anda akan melihat bahwa tubuh Anda menghadapi masalah kronis utama. Beberapa dari mereka dapat dirawat di RS, tetapi jika penyerapan terus berkurang, ini berarti tubuh Anda tidak akan menanggapi tindakan tertentu. Tekanan darah rendah dan detak jantung tidak teratur adalah hasil dari menurunkan penyerapan. Anda akan merasa cemas jika kadar kalsium tubuh meningkat.

Batu ginjal
Terlalu banyak kalsium dalam tubuh dapat menyebabkan batu ginjal. Hal ini dapat meningkat jika tidak diobati pada waktu yang tepat. Jadi, Anda harus mengambil tindakan segera, dan mengurangi kadar kalsium dalam tubuh Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: