Menurut Ilmuwan, Begini Tanda Awal Kanker Pankreas


Ilustrasi, foto: DNA

Ilustrasi, foto: DNA

Penyakit kanker merupakan momok bagi banyak orang di dunia ini. Terdapat beberapa jenis kanker, yang bisa menyerang siapa saja tak kenal jenis kelamin, umur, bahkan status sosial. Salah satu jenis kanker yang juga sering diderita orang adalah kanker pankreas. Jenis kanker ini bisa diderita oleh pria maupun wanita.

Dikutip dari DNA (13/10/2014), para ilmuwan telah menemukan tanda-tanda awal kanker pankreas yang menunjukkan gejala penyakit tersebut. Para ilmuwan di Dana-Farber Cancer Institute, dari Massachusetts Institute of Technology (MIT), AS, mengiidentifikasi bahwa meningkatnya asam amino tertentu yang terjadi sebelum penyakit ini didiagnosis adalah tanda awal perkembangan jenis kanker ini.

Meskipun kenaikan itu tidak cukup besar untuk menjadi dasar dari tes baru untuk deteksi dini penyakit ini, temuan akan membantu para peneliti memahami lebih baik bagaimana kanker pankreas mempengaruhi seluruh tubuh, terutama bagaimana bisa memicu otot, kadang mematikan, membuang penyakit yang dikenal sebagai cachexia.

Para peneliti menggunakan sampel darah yang dikumpulkan tahun sebelumnya dari 1.500 orang yang berpartisipasi dalam studi kesehatan pelacakan besar. Mereka menganalisis sampel lebih dari 100 metabolit yang berbeda, zat yang dihasilkan oleh proses metabolisme, dan membandingkan hasil dari peserta yang telah menderita kanker pankreas dan mereka yang tidak.

Brian Wolpin, penulis senior studi baru mengatakan mereka menemukan bahwa tingkat yang lebih tinggi dari asam amino rantai cabang yang hadir pada orang yang terus mengembangkan kanker pankreas dibandingkan dengan mereka yang tidak mengembangkan penyakit ini.

Para peneliti menemukan lamanya waktu yang akan berlalu sebelum orang-orang didiagnosis dengan kanker pankreas berkisar antara dua sampai 25 tahun, meskipun risiko tertinggi adalah beberapa tahun sebelum diagnosis. Wolpin menambahkan bahwa itu membantu mereka untuk berhipotesis bahwa peningkatan asam amino rantai cabang disebabkan oleh adanya tumor pankreas awal.

Para peneliti menemukan kenaikan itu karena kerusakan jaringan otot, yang menyebabkan asam amino bercabang yang akan dilepaskan ke dalam aliran darah. Proses ini mirip dengan apa yang terjadi pada pasien dengan cachexia kanker.

Penelitian ini akan diterbitkan dalam jurnal Nature Medicine.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: