Begini Cara Merawat Laptop Supaya Awet


IMG_20141002_142304Komputer jinjing atau laptop sudah menjadi bagian dari banyak orang. Para karyawan kantor sudah tidak asing lagi dengan benda yang satu ini. Mahasiswa dan juga guru pun harus bisa menggunakan komputer yang bisa dibawa kemana-mana ini.

Namun, sayangnya masih banyak orang yang hanya sekedar menggunakan tanpa bisa merawatnya dengan baik dan benar. Jika hanya bisa menggunakan dan tidak bisa merawatnya, maka laptop akan cepat rusak. Jika hal ini terjadi, maka biaya untuk service juga tidak sedikit.

Berikut ini cara (tips) merawat laptop, seperti dikutip dari Magforwomen.

1. Jangan menyentuh layar
Layar monitor dari laptop Anda sangat penting untuk melakukan semua pekerjaan Anda. Bahkan jika laptop Anda bekerja dengan benar, tetapi layar menunjukkan gambar kacau atau menjadi kosong yang akan menjadi kerugian total Anda. Berhati-hatilah ketika Anda membersihkan layar, menggunakan bahan-bahan yang tepat untuk membersihkan layar atau dapat merusak lebih lanjut. Jangan sentuh layar dengan jari Anda karena hal ini dapat meninggalkan bintik-bintik di atasnya atau jika Anda menekan layar terlalu keras maka mungkin akan merusak layar.

2. Jauhkan laptop dalam lingkungan yang dingin
Anda harus selalu menjaga laptop Anda di tempat yang sangat nyaman. Jika Anda bepergian, pastikan Anda mengambil semua tindakan pencegahan yang diperlukan untuk tetap aman. Apakah itu digunakan atau tidak, menjaga laptop Anda di mana bisa mendapatkan udara yang bersih. Sama seperti Anda membutuhkan udara segar untuk bernapas, bahkan laptop Anda membutuhkan sama untuk bekerja dengan baik. Jauhkan dari kelembaban dan debu.

3. Instal perangkat lunak antivirus
Ada banyak pilihan yang tersedia di pasar software antivirus. Anda harus membeli salinan lisensi dan menginstalnya pada laptop Anda. Virus sangat berbahaya bagi laptop Anda. Mereka dapat membuat berbagai efek pada laptop Anda dari memperlambat kinerja laptop sampai menyebabkan gangguan fungsi OS.

4. Jauhkan makanan dan minuman dari laptop
Jika Anda benar-benar lapar, maka Anda harus pergi ke meja makan dan makan makanan Anda. Hindari makan di dekat laptop Anda. Bila Anda ingin minum apa pun, putar kursi Anda dan kemudian meminumnya. Hal utama di sini adalah bahwa Anda harus berhati-hati bahwa setiap makanan atau minuman tidak boleh jatuh pada laptop Anda.

5. Masukkan ke dalam tas khusus laptop
Gunakan baik ransel atau tas bahu untuk membawa laptop Anda. Sebagai langkah tambahan, Anda juga bisa memasukkan laptop ke kantong berukuran pas dan masukkan ke dalam tas Anda.

6. Jangan jatuhkan laptop
Anda akan membawa laptop ke kantor atau kampus. Tapi pastikan Anda tidak melakukan kesalahan menjatuhkannya di mana saja. Pastikan bahwa tas tidak terlepas dari tangan Anda dan jangan sampai jatuh.

7. Mode sleep
Anda tidak harus tetap berjalan dengan laptop Anda ketika Anda pergi atau sibuk di telepon. Hanya menaruhnya di hibernate atau sleep mode. Dengan cara ini, tidak akan menggunakan banyak daya dan ini juga akan memberikan kehidupan yang lebih panjang dan lebih sehat.

8. Jangan menggunakan laptop dalam waktu yang lama
Bahkan jika Anda harus melakukan presentasi 10 kali dalam seminggu Anda tidak boleh memperlakukan laptop Anda hidup selama lebih dari 8 jam. Menjaga selama jangka waktu yang panjang akan membuat laptop menjadi panas. Ini juga akan membuat lambat jika Anda tidak menutupnya setelah beberapa waktu. Jika Anda ingin meningkatkan umur panjang laptop Anda, lalu menutupnya ketika tidak diperlukan.

9. Selalu memiliki firewall
Beberapa sistem datang dengan firewall built-in. Sebaiknya Anda memiliki satu, jika tidak maka Anda harus men-download atau membeli satu untuk melindungi sistem operasi pada laptop Anda. Firewall penting terutama jika Anda memiliki sambungan internet atau bahkan jaringan laptop diaktifkan.

10. Bersihkan laptop secara profesional setahun sekali
Laptop Anda membutuhkan pelayanan minimal sekali setahun. Beberapa dari Anda mungkin pergi ke dokter untuk pemeriksaan tahunan bahkan jika Anda merasa sehat walafiat. Dengan cara yang sama, laptop Anda juga perlu ditangani oleh teknisi sendiri sekali dalam setahun.

11. Letakkan laptop di permukaan datar
Selalu menjaga laptop Anda pada permukaan yang datar juga membantu karena mencegah apapun kerusakan pada laptop Anda. Bahkan jika Anda tetap di tempat tidur, partikel debu dan serat yang tersedot oleh kipas yang mungkin membuat laptop Anda menjadi panas. Anda harus mencoba dan mencari permukaan yang datar seperti meja dan kemudian dengan hati-hati menempatkan laptop Anda di atasnya.

12. Bersihkan secara teratur
Ini adalah metode yang paling dasar dan sederhana untuk merawat laptop Anda. Gunakan sikat gigi untuk membersihkan fan, debu keyboard Anda dan layar ringan dengan kain atau lap. Ini juga akan menghindari masalah sederhana yang disebabkan karena kelalaian.

13. Gunakan pad pendinginan
Gunakan bantalan pendinginan laptop sewaktu laptop digunakan. Ini akan membantu untuk mencegah laptop Anda dari panas yang berlebihan.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: