Berikut Ini Daftar 15 Jenis Kanker yang Umum Diderita Orang


Ilustrasi, foto: ccsif.ca

Ilustrasi, foto: ccsif.ca

Kanker disebut sebagai rajanya penyakit. Meskipun begitu banyak kemajuan telah dibuat dalam penelitian kanker dan pengobatan, penyakit ini masih menghantui hampir sebagian besar orang. Hal ini karena berbagai jenis kanker yang ada masih diklaim banyak memakan korban jiwa.

Terdapat beberapa jenis kanker yang hanya diderita oleh jenis kelamin tertentu saja. Beberapa jenis kanker laki-laki yang mempengaruhi hanya laki-laki. Ada juga beberapa jenis kanker yang terjadi pada wanita secara khusus. Kanker pada wanita biasanya mempengaruhi organ reproduksi seperti rahim dan indung telur.

Terlepas dari kanker tertentu yang menyerang pada jenis kelamin laki-laki atau perempuan saja, ada juga jenis lain dari kanker yang umum. Misalnya, kanker paru-paru yang bisa menyerang siapa saja dan membunuh jutaan manusia setiap tahun. Beberapa kanker sangat umum tetapi mereka tidak memakan banyak korban jiwa. Tingkat kelangsungan hidup penderita kanker tidak tergantung pada cepatnya didiagnosis dan ketepatan dalam pengobatan. Kanker payudara misalnya sangat umum tetapi juga bisa disembuhkan.

Berikut adalah beberapa jenis kanker yang umumnya terjadi pada orang di seluruh dunia, seperti dikutip dari Bold Sky.

1. Kanker payudara
Wanita pasca-menopause berada pada risiko terbesar dari kanker ini. Kanker payudara memiliki elemen yang kuat dari keturunan di dalamnya. Tak hanya wanita yang sudah menopouse saja yang bisa terkena kanker ini, wanita yang masih usia subur pun bisa mengalaminya. Para pria juga bisa terkena kanker ini.

2. Melanoma
Kanker kulit atau sering disebut dengan melanoma telah menjadi semakin umum karena kenaikan radiasi ultra-violet dan penipisan lapisan ozon.

3. Kanker ovarium
Jenis kanker pada wanita yang lain adalah ovarium. Tumor tumbuh di ovarium dan pergi ke stadium lanjut sebelum mereka terdeteksi. Tapi kabar baiknya adalah bahwa kehamilan dan menyusui mengurangi kemungkinan kanker ovarium pada wanita.

4. Kanker kerongkongan
Kanker esofagus atau kerongkongan sangat umum di kalangan perokok. Makan makanan yang sangat pedas atau panas juga dapat menyebabkan kanker jenis ini. Kemungkinan bertahan hidup sangat sedikitm. Sekitar 6 persen orang bertahan hidup karena menderita kanker kerongkongan.

5. Kanker prostat
Ini adalah jenis kanker yang diderita oleh laki-laki yang diklaim banyak memakan korban jiwa. Makan makanan yang kaya lemak hewani dan merokok bisa menjadi pemicu kanker prostat.

6. Kanker darah (leukimia)
Sebuah peningkatan besar dalam jumlah sel darah putih yang disebut kanker darah. Hal ini sangat umum pada anak-anak di bawah usia 10 tahun.

7. Kanker serviks
Kanker serviks adalah satu-satunya kanker yang disebabkan oleh virus. Ini mempengaruhi leher rahim perempuan dan hampir tidak mungkin untuk didiagnosis karena gejala tidak jelas. Vaksinasi sekarang tersedia untuk mencegah kanker serviks.

8. Kanker paru
Kanker paru-paru adalah salah satu penyakit pembunuh paling atas di seluruh dunia. Perokok berisiko tinggi untuk mengembangkan kanker paru-paru. Meningkatnya tingkat polusi juga merupakan faktor risiko untuk penyakit ini.

9. Kanker rahim
Kanker rahim adalah kanker paling umum yang terjadi pada wanita. Biasanya, tumor ganas tumbuh dari dinding rahim. Wanita yang sudah melewati menopause mereka berisiko terkena penyakit ini.

10. Kanker kandung kemih
Kanker kandung kemih sebagian besar disebabkan oleh paparan beberapa bahan kimia dan merokok. Biaya yang ditanggung dalam mengobati kanker ini sangat besar, sehingga pencegahan lebih baik daripada mengobati.

11. Kanker kolorektal
Pria yang lebih dari 50 tahun berada dalam kategori risiko tinggi untuk terkena kanker kolorektal. Kanker jenis ini mempengaruhi usus besar dan rektum atas.

12. Kanker kelenjar getah bening (limfoma)
Kanker kelenjar getah bening juga merupakan jenis umum dari keganasan kanker saat ini. Penyebab pasti dari kanker ini belum ditemukan tetapi sangat mempengaruhi pasien HIV-positif.

13. Kanker pankreas
Penyebab kanker pankreas sering merupakan diet yang tinggi dalam makanan non-vegetarian tetapi tidak memiliki asupan sayuran. Jika Anda penderita diabetes atau memiliki pankreatitis, kemungkinan besar kanker ini terjadi pada Anda. Kemungkinan bertahan hidup sangat rendah karena sering kali tidak terdiagnosis.

14. Kanker perut
Minum alkohol, merokok dan makan terlalu banyak diawetkan bisa menyebabkan kanker perut. Ini adalah penyakit yang sangat menyakitkan dan membunuh banyak orang.

15. Kanker mulut
Merokok dapat membuat Anda pada kelompok berisiko tertinggi untuk mengembangkan kanker mulut.

Iklan

One response

  1. Kita harus selalu waspada dan hati-hati ni supaya tidak kena kanker. Terima kasih atas ulasannya.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: