10 Tips Supaya Akun Facebook Anda Aman


facebook Jejaring sosial (sosial media) Facebook sudah menjadi bagian kehidupan masyarakat modern. Bahkan pengguna Facebook saat ini adalah yang paling banyak diantara sosial media yang ada. Keberadaan sosial media ciptaan Mark Zuckerberg ini menjadi pilihan pertama karena banyak fitur yang bisa digunakan oleh siapa saja, seperti teks, video, foto (gambar), tautan (link), dll.

Tak jarang orang membuka akun Facebook tanpa sign out (keluar akun), sehingga ini akan berbahaya bagi pemilik akun tersebut. Akun bisa disalahgunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan membajaknya. Akun bisa digunakan untuk kejahatan seperti penipuan berkedok peminjaman uang, permintaan pulsa, atau pembobolan rekening bank.

Oleh karena itu, para pemilik akun Facebook seharusnya berhati-hati dalam mensikapi hal ini. Bagaimana caranya supaya akun Facebook kita aman dari hacker yang tidak bertanggung jawab? Berikut ini 10 tipsnya, seperti dikutip dari Magforwomen.

1. Gunakan password yang kuat
Salah satu rute yang paling umum digunakan oleh hacker untuk memperoleh akses ke akun Anda adalah dengan menebak password Anda, jadi pastikan Anda memiliki password yang sulit untuk ditebak. Secara umum, itu lebih aman untuk memiliki 10-12 karakter, kombinaasikan password huruf dan angka. Pastikan password Anda bukanlah yang mudah ditebak seperti tanggal lahir atau nama anak Anda. Sama pentingnya adalah untuk memastikan Anda tidak berbagi password Anda dengan siapa pun. Juga, jangan menuliskan password Anda di tempat-tempat yang mudah diketahui oleh orang lain seperti buku harian pekerjaan Anda atau bagian dalam dompet Anda.

2. Hindari mengakses Facebook dari komputer publik
Terlepas dari bahayanya yang jelas dari komputer publik mengingat password Anda, juga sangat mungkin bahwa Anda lupa untuk sign out dari akun Anda pada saat meninggalkan komputer tersebut, sehingga menempatkan akun Anda berisiko. Gunakan Facebook One Time Password aplikasi memastikan bahwa password Anda tidak akan diingat oleh komputer.

3. Hindari halaman login palsu
Ini mungkin taktik oleh hacker untuk menyimpan alamat email dan password Anda. Oleh karena itu selalu masuk hanya melalui halaman selamat datang Facebook resmi, yaitu, ‘www.facebook.com’, jangan yang lain.

4. Jangan lupa untuk log out
Ini mungkin tidak bermasalah jika Anda menggunakan komputer atau gadget pribadi Anda, tapi kesalahan ini membawa risiko jika Anda menggunakan komputer publik.

5. Jangan menampilkan tanggal lahir lengkap Anda
Ini menjadi fitur penting dari identifikasi, dapat membuat lebih mudah bagi hacker untuk memperoleh akses ke akun Anda.

6. Miliki alamat email cadangan untuk akun Anda
Dengan cara ini, akun Facebook akan lebih mudah untuk Anda blokir jika itu telah dihack dengan alamat email yang lain.

7. Berhati-hatilah terhadap file yang Anda download melalui Facebook
File yang tidak diketahui jelas sumbernya, Anda harus berhati-hati. Jangan klik untuk download file yang tak jelas. Sebaiknya hapus semua aplikasi Facebook yang tampak mencurigakan.

8. Hati-hati menambahkan orang pada daftar teman Anda
Sebagian orang akan senang dan bangga mempunyai teman banyak di akun Facebooknya. Namun, jangan terlalu senang dulu, mengkonfirmasi orang yang ingin menjadi teman Anda haruslah yang benar-benar Anda kenal. Permintaan pertemanan yang tampaknya ramah mungkin hanya sesaat, namun itu justru bisa melampiaskan malapetaka pada akun Anda, bahkan bisa menipu Anda.

9. Aktifkan Pengaturan SSL saat menggunakan akun Facebook Anda melalui Wi-Fi
Hal ini untuk mencegah hacker mengakses cookie login Anda. Cara ini dapat dilakukan melalui halaman pengaturan akun.

10. Aktifkan email setiap kali login Facebook terjadi
Hal ini dapat dilakukan dengan masuk ke Account Settings dan kemudian Account Security. Dengan cara ini Anda mendapatkan SMS notifikasi atau email setiap kali perangkat atau komputer baru log in ke akun Anda. Juga, Anda akan dapat meninjau aktivitas terbaru yang telah terjadi dalam akun Anda.

Iklan

One response

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: