Begini Caranya Supaya Baterai Smartphone Anda Tahan Lama


Foto: onetechcomputers.com

Foto: onetechcomputers.com

Anda mungkin tipe orang yang kesal jika tiba-tiba baterai ponsel habis (lowbat) pada hal Anda harus melakukan percakapan penting dengan seseorang. Atau pada saat Anda browsing mencari literatur yang segera dibutuhkan tiba-tiba lowbat. Mungkin Anda akan tambah kesal karena di tempat Anda berada tidak ada stop kontak atau Anda tidak membawa power bank.

Kejadian seperti di atas banyak dialami banyak orang. Bagi Anda yang menggunakan ponsel pintar (smartprone) hal ini sangat mengganggu. Ponsel pintar memang lebih boros baterai bila dibandingkan dengan ponsel biasa. Borosnya ponsel pintar ini dikarenakan banyak fitur yang mungkin diaktifkan oleh penggunanya. Jika pengguna tidak banyak mengaktifkan fitur-fitur tertentu, maka baterai juga tidak cepat habis.

Berikut ini tips supaya baterai ponsel pintar Anda bisa lebih tahan lama, seperti dikutip dari Magforwomen.

1. Mengurangi kecerahan layar
Cara umum untuk meningkatkan masa pakai baterai ponsel Anda dan membantu menjaga sumber listrik lebih hemat adalah meredupkan kecerahan layar Anda. Lebih ringan berarti lebih banyak daya baterai yang digunakan sehingga tetap pencahayaan pada opsi yang memungkinkan terendah.

2. Buat volume suara yang rendah tapi tidak bergetar
Lebih banyak kekuatan digunakan oleh perangkat genggam ketika bergetar bukan pada saat ringtone berbunyi. Hal ini karena nada dering hanya membuat membran kecil di speaker telepon bergetar cukup untuk menghasilkan suara sementara getaran berputar berat untuk membuat seluruh ponsel bergerak. Proses itu membutuhkan tenaga lebih banyak.

3. Hentikan aplikasi animasi latar belakang
Ini adalah sesuatu yang kebanyakan orang tidak disadari. Tanpa banyak yang tahu, ada berbagai aplikasi yang berjalan di latar belakang yang Anda harus dibuka di beberapa titik tetapi tidak keluar dengan benar dan hanya langsung menekan tombol home screen. Sebagian besar ponsel touchscreen memiliki pilihan untuk menutup semua aplikasi yang berjalan di latar belakang sehingga menghentikan mereka dan melihat baterai Anda mempertahankan hidup lebih lama.

4. Persingkat waktu menutup layar
Jika batas waktu menutup layar Anda beberapa menit, maka ini akan memboroskan baterai. Cek di menu pengaturan tampilan ponsel Anda untuk sebuah opsi bernama Layar Timeout atau sesuatu yang serupa. Ini pengaturan kontrol berapa lama layar ponsel Anda tetap menyala setelah menerima masukan atau apapun aktivasi.

5. Matikan Wi-Fi, GPS dan bluetooth
Jika Anda tidak menggunakan fitur Wi-Fi, GPS, atau bluetooth maka sebaiknya matikan saja. Apa lagi jika dua atau tiga fitur tersebut dinyalakan bersama-sama, ini akan menguras baterai lebih cepat. GPS adalah fitur yang paling menguras tenaga baterai.

6. Aktifkan modus hemat daya
Kebanyakan telepon memiliki pilihan untuk beralih pada mode power saving yang harus digunakan dalam situasi SOS untuk membuat baterai hidup lebih lama. Mengaktifkan mode ini mengelola berbagai fitur hemat daya telepon untuk Anda. Ini mencegah aplikasi Anda dari memperbarui di latar belakang, meredupkan layar Anda, mengurangi pengaturan layar timeout, menonaktifkan animasi layar, mematikan getaran, dan membuat perubahan lain yang diperlukan.

7. Gunakan jaringan GSM bukan 3G
Untuk melakukan panggilan biasa atau pesan singkat (SMS) gunakan jaringan GSM. Buat setingan manual di jaringan GSM, jangan otomatis. Mengunakan telepon di jaringan 3G atau dual mode akan menguras baterai lebih cepat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: