Begini Gejala Terkena Virus Ebola


Foto: VOA Indonesia

Foto: VOA Indonesia

Wabah Ebola sangat mengkhawatirkan. Penyakit yang awalnya diketahui dari Afrika Barat ini telah memakan korban jiwa yang tidak sedikit. Dikutip dari VOA Indonesia (22/08/14) Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) melaporkan Rabu (20/08/2014) korban jiwa mencapai 1.350 jiwa di kawasan tersebut saja. Korban ini bisa bertambah jika belum ada penanganan yang benar-benar bisa diandalkan.

Sekitar 90 persen korban meninggal akibat Ebola yang dilaporkan WHO terjadi di Liberia. WHO juga melaporkan ada 221 penderita baru Ebola, sehingga jumlah total penderita di Liberia, Guinea, Nigeria dan Sierra Leone hampir 2.500 orang.

Gejala ebola adalah demam virus yang belum ditemukan vaksinnya dan angka kematian 90 persen. Hal inilah yang menghantui tidak hanya Bangsa Afrika saja, namun juga seluruh dunia. Dengan mengetahui beberapa gejala faktual demam ebola dapat membantu Anda untuk menangkal kepanikan.

Ebola pada dasarnya adalah virus yang ditemukan pada hewan. Ketika manusia ada kontak dengan virus ini, wabah ebola dimulai. Hal ini telah terjadi beberapa kali dalam sejarah sejak tahun 1976 virus ini kebanyakan ditemukan di hutan hujan tropis Afrika. Tapi itu bisa menyebar dengan sangat cepat. Sebelum Anda mengetahui gejala virus ebola, Anda harus tahu bahwa penularannya bukan dari udara, air atau makanan. Infeksi virus ini hanya dapat menyebar melalui kontak.

Sebagian besar gejala awal demam ebola seperti flu atau demam lain seperti demam berdarah atau malaria. Satu-satunya gejala yang spesifik dari demam ini adalah bahwa hal itu menyebabkan pendarahan yang mengarah ke perdarahan. Seseorang yang terinfeksi oleh ebola akan berdarah dari hidung, mata, telinga dan anus. Ini adalah perdarahan yang akhirnya menyebabkan kematian dalam kasus ini.

Berikut adalah beberapa gejala demam ebola yang dapat membantu Anda untuk mengenali sejak dini, seperti dikutip dari Bold Sky.

Sakit kepala
Sakit kepala adalah gejala umum dari demam. Jadi, sulit untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi oleh ebola atau tidak. Tetapi jika Anda telah berada di sekitar seseorang terkena demam berdarah ebola dan Anda memiliki sakit kepala serius, Anda lebih baik memeriksakan diri Anda ke dokter.

Kelelahan
Malaise adalah kata yang lebih penting untuk kondisi yang diciptakan oleh ebola. Malaise diartikan sebagai perasaan umum ketidaknyamanan, sakit, atau ketidaknyamanan yang penyebab pastinya sulit untuk mengidentifikasi. Ketika infeksi baru saja terjadi, Anda akan merasa meriang, sakit dan lelah.

Sesak napas
Sesak napas merupakan gejala yang sangat spesifik demam ebola. Jika Anda mengalami kesulitan bernapas dan menjalankan suhu, maka Anda harus mendapatkan diri Anda diperiksa.

Menggigil
Kedinginan adalah gejala umum dari demam berdarah, malaria dan ebola. Namun, orang yang terinfeksi oleh virus ebola akan mengalami menggigil ketika mereka demam.

Nyeri tubuh
Nyeri tubuh adalah gejala yang sangat umum dari demam dan flu. Namun, rasa sakit tubuh karena demam ebola terjadi karena dimulai darah yang mengalir di bawah kulit Anda.

Darah dalam tinja
Anda juga akan melihat darah di tinja Anda karena usus Anda berdarah. Wanita mungkin mengalami perdarahan vagina juga.

Ruam penuh dengan darah
Kulit Anda sakit dan menerobos masuk ke dalam ruam yang memiliki darah di dalamnya bukan nanah. Ini adalah kondisi yang sangat menyakitkan.

Perdarahan mata, hidung dan telinga
Pada stadium akhir, ebola menyebabkan perdarahan pada mata, hidung, dan telinga. Hal ini terjadi dalam waktu sekitar 3 sampai 4 minggu setelah infeksi jika gejala tidak diobati.

Pendarahan gusi
Bagian dalam dari mulut berwarna merah dan pendarahan terjadi dari gusi saat Anda terinfeksi oleh virus ebola.

Muntah
Mual, muntah dan dehidrasi adalah gejala umum dari demam ebola. Pasien perlu diberikan cairan jika ia muntah banyak.

Demam tinggi yang tidak surut
Setiap jenis demam yang tidak juga reda berbahaya. Jika Anda memiliki demam tinggi yang tidak hilang selama lebih dari satu hari, segera periksa ke dokter.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: