Begini Cara Aman Internet Banking


cbcnationalbank.com

cbcnationalbank.com

Transaksi perbankan tidak harus beranjak dari tempat duduk. Membayar tagihan bulanan seperti tagihan telepon, listrik, air, membeli pulsa, bayar kartu kredit, bayar asuransi, dll kini bisa hanya di tempat duduk saja. Anda tidak perlu repot harus antri ke bank atau ke ATM untuk melakukan semua itu. Meskipun Anda sibuk dengan rutinitas atau pekerjaan Anda, internet banking bisa menjadi solusinya. Dengan hanya menggunakan smartphone atau laptop Anda bisa melakukan hal yang sebelumnya tidak mungkin dilakukan orang. Semua transaksi beres dalam hitungan detik, kecuali transaksi tunai.

Namun, apakah internet banking selalu aman untuk dilakukan? Hal inilah yang membayangi para nasabah bank yang menggunakan fasilitas layanan dunia maya tersebut. Beberapa kejadian tentang pembobolan rekening nasabah bank membuat kita harus berpikir dua kali untuk menggunakan layanan internet banking. Pembobolan rekening via internet banking salah satu pemicunya adalah kelalaian nasabah dalam menjaga keamanan setiap transaksi yang dilakukannya, sehingga bisa dimanfaatkan oleh hacker untuk mencuri uang nasabah bank.

Berikut ini 6 tips supaya kita aman dan nyaman menggunakan layanan internet banking, seperti dikutip dari Magforwomen.

1. Ubah password Anda setiap bulan atau setiap beberapa bulan

Hal ini akan mengurangi kemungkinan pencurian online dan hacking. Ubah password Anda dan pastikan Anda mengingatnya. Simpan password di tempat di mana Anda dapat yakin tidak ada orang lain dapat mengaksesnya. Jangan menyimpan password secara online di ponsel Anda.

2. Jika Anda mengakses account online Anda dari komputer lain, pastikan Anda keluar sepenuhnya dan menghapus semua cookies

Cobalah untuk menggunakan komputer pribadi atau perangkat untuk melakukan transaksi online atau perbankan. Jika Anda harus menggunakan komputer lain, pastikan Anda keluar sepenuhnya. Setelah sign out Anda juga harus menghapus semua cookies. Hal ini juga dianjurkan Anda menghapus halaman Anda diakses dari bagian riwayat.

3. Baca dengan seksama email yang Anda terima dari bank Anda

Hal ini sangat penting bagi Anda membaca dengan seksama petunjuk atau email yang Anda terima dari bank Anda. Ini akan membantu Anda untuk memastikan bahwa Anda tidak menjawab setiap email dari sumber lain.

4. Waspadai phishing email

Email ini terlihat mirip dengan yang dikirim oleh bank Anda dan dapat dibuat dengan cara yang akan Anda berikan rincian data sensitif Anda. Anda harus menyadari hal ini dan segera menelepon bank jika Anda berpikir Anda telah melakukan kesalahan.

5. Jangan download e-laporan Anda ke komputer lain dan meninggalkannya di sana

Jika Anda mengunduh (download) e-laporan Anda, selalu melakukannya di komputer pribadi atau perangkat pribadi Anda. Jangan download ke komputer lain. Jika karena alasan tertentu Anda harus melakukannya segera menghapusnya dan juga jelas keluar dari recycle bin.

6. Jangan berbagi informasi account Anda dengan orang lain

Pastikan Anda tidak berbagi informasi account Anda dengan orang lain. Hal ini tidak hanya username dan password Anda saja, tetapi juga nomor rekening Anda. Jika Anda menggunakan account untuk menerima dana, pastikan itu adalah berbeda dari akun pribadi Anda.

Tetap aman saat menggunakan internet banking dan mentaati aturan dari bank Anda dapat menghemat banyak masalah psikologi dan finansial di masa depan. Jika Ada sesuatu yang mencurigakan selalu menghubungi nomor kontak bank Anda. Pastikan Anda selalu mengingat nomor kontak bank Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: