Luar Biasa! Merah Putih 69 M Dikibarkan Pramuka MAN Model Pangkalpinang


Di atas Bukit Merbauw

Di atas Bukit Merbauw

Berbagai cara orang meluapkan kegembiraan dalam peringatan HUT RI. Termasuk Gudep MAN Model Pangkalpinang (MAN) juga mengadakan acara sendiri. Pada HUT RI yang ke-69 kali ini Gudep 69-70 MAN Model Pangkalpinang mengadakan acara yang lain dari pada yang lain. Pengibaran Merah Putih Raksasa.

Bukan tanpa tujuan mengadakan acara ini. Acara ini bertujuan untuk lebih meningkatkan raca cinta tanah air. Tak hanya itu, memupuk rasa nasionalisme dan menghargai jasa para pahlawan bangsa bagi anggota pramuka Gudep 69-70 MAN Model Pangkalpinang.

Kain merah putih yang dibentangkan dengan panjang 69 meter dan lebar 3 meter ini ini dijahit tangan oleh 45 anggota pramuka putri dan dibentangkan oleh 17 anggota pramuka putra. Biaya pembuatan kain merah putih ini 2 juta rupiah. Biaya sebesar ini dari tabungan hadiah tiap mengikuti lomba. Sedangkan biaya yang lain iuran sukarela dari anggota. Panjang bendera 69 meter melambangkan hari kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69.

Ide dari acara ini adalah Agunawan, asisten pembina dan diamini oleh pembina dan juga anggota yang lain. Persiapan acara ini terbilang singkat. Dimulai tanggal 12 Agustus pembeliah kain di sebuah toko kain di Jl. Koba, dilanjutkan dengan penjahitan. Dibutuhkan tongkat pramuka 17 buah yang nantinya digunakan untuk membentangkan 17 anggota.

Selain 70 anggota pramuka baik putra maupun putiri yang terlibat, juga belasan alumni. Kegiatan dimulai dari lapangan MAN pada 16 Agustus 2014 pukul 15.00 diadakan pelepasan oleh asisten pembina putra dan putri. Pembentangan merah putih pertama di Bukit Merbauw yang ada di Kampung Dul, Bangka Tengah. Perjalanan dari MAN ditempuh ke bukit yang tingginya 300 meter ini ditempuh dengan mobil angkot sampai simpang Kampung Dul oleh 17 anggota putra dan alumni. Pembentangan merah putih dimulai 17 Agustus 2014 pada pukul 05.00 pada saat matahari mulai terbit.

Pembentangan Merah putih di Bukit Merbauw

Pembentangan Merah putih di Bukit Merbauw

Selesai acara di Bukit Merbauw long march ke MAN. Tiba di MAN pukul 08.00 disambut oleh anggota putri dan juga mendapatkan sambutan yang luar biasa dari seluruh siswa-siswi MAN dan juga guru-guru. Bersamaan dengan kedatangan tim dari Bukit Merbauw, berakhir pula upacara pengibaran bendera 17 Agustus di lapanagan MAN.

Setelah istirahat selama satu jam, kegiatan pembentangan bendera dilanjutkan ke Tugu Pahlawan Dua Belas yang ada di Desa Petaling, Kecamatan Mendobarat, Kabupaten Bangka. Perjalanan ke sana dengan truk sekitar 30 menit. Acara pembentangan sampai pukul 11.30 dan

Pembentangan merah putih di Tugu pahlawan Dua Belas

Pembentangan merah putih di Tugu pahlawan Dua Belas

kembali lagi ke MAN pada pukul 12.00.
Setelah istirahat sholat Duhur dan makan siang, sekitar pukul 13.00 acara pembentangan merah putih dilanjutkan ke Masjid Raya Tuatunu, Kota Pangkalpinang. Seperti pada pembentangan sebelumnya didahului dengan upacara terlebih dahulu. Selama 1,5 jam di Masjid yang pernah dikunjungi Presiden SBY pada 2008 ini kemudian dilanjutkan ke Perigi Pekasem juga berada di Tuatunu (di hutan Tuatunu). Menurut ceritera, perigi (bahasa Bangka) yang artinya sumur dulu dijadikan sebagai pembuangan orang-orang belanda.
Pembentangan Merah Putih di Masjid Raya Tuatunu

Pembentangan Merah Putih di Masjid Raya Tuatunu

Pembentangan Merah Putih di Perigi Pekasem, Tuatunu

Pembentangan Merah Putih di Perigi Pekasem, Tuatunu

Di Perigi Pekasem sekitar 30 menit dilanjutkan ke Pantai Pasirpadi Kota Pangkalpinang. Acara puncak dan finish berada di sini. Acara pembentangan merah putih di Pasirpadi selama sekitar sampai pada pukul 17.00 dan tiba di MAN pada pukul 17.30.
Pembentangan Merah Putih di Pantai Pasirpadi

Pembentangan Merah Putih di Pantai Pasirpadi


Ada dua tempat yang tidak bisa dikunjungi untuk pembentangan merah putih ini. Pertama ke Masjid Jami’ dan kedua ke Taman Makam Pahlawan yang semua berada di Kota Pangkalpinang. Acara pembentangan bendera batal di dua tempat ini karena waktu yang tidak memungkinkan lagi, sehingga hanya ada 6 tempat bersejarah di Pulau Bangka dari delapan tempat yang direncanakan untuk pembentangan merah putih oleh Gudep 69-70 MAN Model Pangkalpinang.

Pada tanggal 21 Agustus 2014 nanti merah puti sepanjang 69 meter juga akan dibentangkan pada long march pawai pembagunan di Kota Pangkalpinang. Video kegiatan pembentangan merah putih ini dapat di lihat pada tautan ini.

Iklan

2 responses

  1. Selamat Buat Gudep MAN Model Pangkalpinang. Aku salut banget. Bendera sepanjang 69 m dijahit tangan oleh 45 orang. Keren, aku acungin jempol 2X. Ditunggu liputan kegiatan lainnya ya biar gudep kita di sulsel kayak itu.

  2. Semangatnya yang LUAR BIASA. Saya salut banget. Yang punya kegiatan bisa dishare di grup Fb INDONESIAN SCOUT COMMUNITY (ISC) biar semua anggota pramuka tahu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: