Perbedaan Diabetes Gestational dan Tipe 2


Ilustrasi diabetes, dok detikpos.net

Ilustrasi diabetes, dok detikpos.net

Diabetes adalah penyakit yang banyak diderita oleh orang modern saat ini. Pola makan yang tidak sehat adalah penyebab penyakit yang berkaitan dengan insulin ini. Meskipun demikian, genetik juga mempunyai peran yang bisa menentukan seseorang bisa terjangkit diabetes.

Diabetes tipe 1 juga disebut diabetes anak-anak seperti yang didiagnosis pada orang di usia muda, sebagian besar sebelum 20 tahun. Ini adalah penyakit autoimun dimana sel-sel pankreas diserang karena beberapa kondisi genetik. Diabetes tipe 2 kebanyakan terjadi pada tahap berikutnya dalam kehidupan karena usia atau gaya faktor hidup. Diabetes gestational adalah sedikit berbeda dari dua jenis di atas karena hanya terjadi selama kehamilan, setelah melahirkan gejala biasanya hilang.

Ketiga jenis diabetes ditandai (tipe 1, tipe 2, dan gestational) dengan kadar gula darah tinggi. Namun ada perbedaan tertentu di antara ketiganya. Diabetes tipe 1 adalah kelainan genetik dan serangan di usia muda. Perbandingan yang ditarik antara gestational dan tipe 2 yang berkembang pada tahap tertentu dalam hidup. Berikut ini perbedaan diabetes tipe 2 dan gestational, seperti dikutip dari Bold Sky.

Waktu terjadinya
Diabetes tipe 2 biasanya diderita oleh orang yang berumur di atas 40 tahun. Hal ini juga dikenal sebagai diabetes onset dewasa. Namun, karena berbagai alasan ada peningkatan insiden anak tertular diabetes tipe 2. Diabetes gestational biasanya terjadi pada banyak wanita di trimester kedua kehamilan.

Penyebab
Beberapa hal yang menyebabkan terjadinya diabetes tipe 2 adalah obesitas, kelebihan berat badan, gaya hidup, kebiasaan makan yang tidak sehat, jadwal makan yang tidak teratur dan gen. Sedangkan diabetes gestational diabetes penyebab tidak didefinisikan dengan baik. Tidak ada banyak kejelasan mengapa hal ini terjadi. Salah satu penyebab diyakini meningkatnya produksi hormon selama kehamilan.

Pengobatan
Sekali seseorang didiagnosis dengan diabetes tipe 2 obat mulai yang harus dilanjutkan secara teratur. Tingkat obat dapat berbeda tergantung pada kadar gula tetapi penting untuk mengkonsumsi obat-obatan ini. Pada diabetes gestational kondisi menghilang setelah kelahiran anak dan selanjutnya obat juga dihentikan.

Orang yang menderita
Diabetes tipe 2 bisa terjadi pada semua jenis kelamin, baik laki-laki maupun perempuan. Hal ini tidak berlaku untuk diabetes gestational. Karena hanya terjadi selama kehamilan jadi jelas hanya perempuan yang mengalaminya.

Di antara tiga jenis diabetes terdapat sebuah hubungan antara diabetes gestational dan diabetes tipe 2. Meskipun keduanya memiliki perbedaan mendasar mereka masih dapat memiliki titik temu. Seorang wanita dengan diabetes gestasional menimbulkan peluangnya untuk memiliki diabetes tipe 2 di kemudian hari dalam hidupnya. Bagi wanita, kedua jenis diabetes ini bisa dicegas dengan gaya hidup sehat, berolahraga secara teratur dan makan sehat.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: