Inilah 18 Makanan Untuk Melawan Kanker


Brokoli, salah satu makanan untuk melawan kanker

Brokoli, salah satu makanan untuk melawan kanker

Kanker memang penyakit yang menjadi momok bagi banyak orang. Penyakit ini bisa menjangkiti siapapun dan tidak mengenal usia. Terdapat berbagai macam kanker dan ini dikarenakan salah satunya adalah pola makan yang salah. Makan makanan yang serba instan adalah salah satu penyebabnya. Makanan tersebut bisa menyebabkan kanker jika dalam jangka waktu tertentu dikonsumsi secara terus-menerus dan berlebihan.

Namun, dengan gaya hidup yang sehat kita bisa melawan kanker. Salah satu cara melawan kanker adalah makan makanan yang bisa mencegah terjadinya kanker. Makanan tertentu bisa dimakan jika meskipun dalam jangka yang lama dan bisa melawan kanker. Makanan apa sajakah yang sebaiknya kita makan untuk melawan kakker? Berikut 18 daftar makanan yang bisa melawan kanker, seperti dikutip dari Time of India.

Kubis
Kubis merupakan sayuran sehat yang membuat Anda lebih kuat dan dianggap sebagai sayuran obat. Senyawa Indole-3-carbinol hadir dalam kubis melawan estrogen yang bertanggung jawab untuk pengembangan kanker payudara. Indole-3-carbinol mengubah efek berbahaya dari estrogen menjadi senyawa yang bermanfaat.

Kembang kol
Selain kubis, sayuran cruciferous lainnya adalah kembang kol yang merupakan makanan melawan kanker. Penting untuk mengkonsumsi sayuran ini setiap hari untuk menyerap semua manfaat kesehatan. Kembang kol terkait untuk memerangi kanker kandung kemih, kanker payudara, kanker usus, kanker prostat, dan kanker ovarium. Kembang kol membantu tubuh untuk detoksifikasi, itu adalah antioksidan dan memiliki sifat anti-inflamasi.

Jamur
Jamur merupakan sumber yang baik untuk vitamin B dan zat besi. Jamur juga untuk melawan diabetes, mencegah tumor, antioksidan, melawan alergi, melawan kolesterol dan meningkatkan kekebalan tubuh. Selain melawan kanker, jamur memiliki sifat untuk melawan efek samping tindakan seperti mual yang berhubungan dengan terapi kanker seperti kemoterapi dan radiasi.

Brokoli
Sulforaphane hadir dalam sayuran seperti kubis, kembang kol dan brokoli dapat melawan kanker. Senyawa ini membantu untuk mencegah perkembangan tumor. Tapi cara terbaik untuk mendapatkan keuntungan dari brokoli adalah melalui tunas brokoli.

Wortel
Beta karoten dan falcarinol ditemukan dalam wortel untuk melawan kanker. Konsumsi wortel bisa melawan kanker seperti kanker paru-paru, kanker mulut, kanker tenggorokan, kanker perut, kanker usus, kanker kandung kemih, kanker prostat dan kanker payudara.

Ubi jalar
Antioksidan polifenol asam caffeic dan asam di- dan tri-caffeoylquinic hadir dalam ubi jalar membantu melawan kanker seperti kanker paru-paru, kanker empedu, kanker ginjal, kanker hati dan kanker payudara.

Jeruk Bali
Jeruk Bali dikenal untuk melawan diabetes dan mempromosikan detoksifikasi pada tubuh, tetapi juga merupakan makanan melawan kanker. Kanker usus besar dapat dicegah dengan jeruk dengan menekan produksi sel-sel kanker dan flavonoid dalam jeruk memperlambat produksi sel kanker. Tapi mengkonsumsi grapefruit dengan obat-obatan dapat mengembangkan efek samping yang berbahaya.

Anggur
Penelitian tentang anggur sebagai makanan melawan kanker memang masih sedikit. Tetapi penting untuk dicatat bahwa biji anggur mengandung proanthocyanidins yang membantu melawan kanker usus besar, kanker prostat dan kanker payudara.

Tomat
Tomat merupakan sumber yang baik dari vitamin A, C, dan E, dan senyawa lycopene melawan kanker. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dan sel-sel kanker. Vitamin C juga mencegah kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker. Tomat adalah bahan yang bagus untuk melawan kanker payudara, kanker prostat, kanker mulut, kanker pankreas dan kanker usus besar.

Raspberry
Raspberry dan stroberi mengandung antioksidan yang dapat melawan sel kanker terutama kanker perut, kanker usus besar dan kanker payudara. Asam ellagic bertanggung jawab untuk mencegah kulit, kandung kemih, paru-paru dan kanker kerongkongan.

Pepaya
Pepaya mengandung senyawa beta karoten dan likopen yang efektif dalam memerangi radikal bebas. Isothiocyanates dari pepaya juga melindungi sel-sel dari kanker.

Jeruk dan limau
Makanan ini mengandung limonene yang meningkatkan kekebalan dengan membunuh sel-sel kanker. Jeruk dan limau adalah cara yang bagus untuk melawan radikal bebas.

Biji rami
Biji rami dapat mencegah pertumbuhan dan penyebaran sel-sel kanker. Biji rami terkait dengan menyembuhkan kanker prostat dan kanker payudara.

Bawang putih
Bawang putih dapat mengurangi risiko kanker perut, kanker usus besar, kanker kerongkongan, kanker pankreas dan kanker payudara.

Kunyit
Kurkumin ditemukan dalam kunyit adalah antioksidan kuat yang memperlambat pertumbuhan dan penyebaran kanker. Tetapi penelitian masih berlangsung di bidang ini.

Teh hijau
Teh hijau dapat dikonsumsi untuk mempercepat metabolisme untuk menurunkan berat badan, tetapi juga diyakini dapat mencegah penyebaran kanker.

Produk kedelai
Bahan kimia tertentu hadir dalam kedelai terkait dengan menurunkan risiko kanker prostat dan kanker payudara. Selain melawan kanker, produk kedelai dapat membantu memerangi kolesterol dan tekanan darah.

Semangka
Lycopene yang hadir dalam tomat juga ditemukan dalam semangka. Lycopene merupakan senyawa yang dapat melawan kanker.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: