10 Pembangkit Listrik Penghasil Tenaga Besar di Dunia


Kebutuhan akan energi listrik semakin hari semakin meningkat. Meningkatnya kebutuhan listrik ini dikarenakan meningkatnya polulasi penduduk. Oleh karena itu dibangunlah banyak perumahan yang membutuhkan tenaga listrik untuk rumah tangga. Kebutuhan energi listrik juga terus meningkat pada sektor industri. Ini menunjukkan pertumbuhan ekonomi juga meningkat.

Namun, dengan adanya konsumsi energi yang terus meningkat tentu menjadi kekhawatiran. Karena dengan pembangkit yang ada tentu tidak mencukupi kebutuhan. Harus dicarikan solusi dengan membuat pembangkit listrik baru yang mempunyai daya yang jauh lebih besar dari semula. Harapannya kebutuhan energi listrik terpenuhi dengan baik. Jika energi listrik terpenuhi, maka tidak ada lagi ‘mati lampu’ bergiliran.

Negara-negara yang membutuhkan energi listrik banyak kebanyakan adalah negara maju dengan industri yang banyak. Negara-negara berkembang yang mempunyai penduduk yang banyak juga perlahan tapi pasti membutuhkan energi listrik yang meningkat.

Menurut Energy Outlook International untuk 2013, konsumsi energi dunia diperkirakan akan meningkat sebesar 56 persen dalam tiga puluh tahun ke depan, dengan penggunaan energi global diprediksi mencapai 820 quadrillion Btu – British Thermal Unit – pada tahun 2040 nanti.

Untuk memenuhi energi tersebut, sejulah negara membangun pembangkit listrik dengan kapasitas daya yang spektakuler, seperti dilansir CNBC.

10. London Array, Inggris
pembangkit10Terletak di lepas pantai Kent dan Essex, London Array adalah salah satu pembangkit bertenaga angin terbesar di dunia. Dengan 175 turbin, situs tersebut memiliki kapasitas untuk daya sekitar 500.000 rumah dan mengurangi emisi CO2 di Inggris sebesar 900.000 ton per tahun. Turbin pertama di situs mulai beroperasi secara penuh pada tahun 2012. Sejak itu, 3 terrawatt jam (TWh) dari hasil bersih telah dihasilkan, menghemat sekitar 1,29 juta ton emisi CO2.

9. Pembangkit Nuklir Bruce Station, Kanada
pembangkit9Terletak di sebuah situs 2.300 hektar di tepi Danau Huron, Ontario, Bruce Power adalah rumah bagi fasilitas nuklir terbesar di dunia, dan menghasilkan 6.300 megawatt listrik. Mempekerjakan lebih dari 4.000 orang, situs yang dihasilkan 30 persen dari daya Ontario pada tahun 2013, termasuk lebih dari separuh tenaga nuklir.

8. Grand Coulee Dam, Amerika Serikat
Pembangkit8Konstruksi pada Grand Coulee Dam dimulai pada tahun 1933, dan meskipun umurnya masih muda, pembangkit itu masih salah satu yang paling ikonik di dunia, produsen listrik yang produktif.

Sebuah fasilitas pembangkit listrik tenaga air, Grand Coulee Dam terletak di Sungai Columbia di negara bagian Washington. Ini memiliki panjang lebih dari 1,5 km dan kapasitas pembangkit lebih dari 6.800 megawatt.

Struktur beton terbesar di Amerika Utara, dapat menghasilkan daya yang cukup untuk memasok listrik lebih dari dua juta rumah.

7. Agua Caliente, Amerika Serikat
Pembangkit7Terletak di Arizona, Agua Caliente atau “air panas” adalah proyek tenaga surya fotovoltaik terbesar di dunia. Terletak di situs 2.400 hektar, Agua Caliente dapat menghasilkan energi bersih untuk 225.000 rumah.

Menurut NRG Solar, sponsor situs tersebut, diperkirakan bahwa, lebih dari 25 tahun, Agua Caliente akan mengimbangi 5,5 juta metrik ton CO2, yang menurut perusahaan adalah “setara dengan mengambil lebih dari 40.000 mobil dari jalan per tahun”.

6. Power Station Hellisheiði, Islandia
Pembangkit6Dengan kapasitas 303 megawatt listrik dan 133 megawatt energi panas, Hellisheiði adalah salah satu pembangkit listrik panas bumi terbesar di dunia. Terletak pada punggungan gunung api aktif di barat selatan Islandia, Hellisheiði adalah simbol keahlian Islandia energi panas bumi. Menurut Energi Otoritas Nasional Islandia, 66 persen dari penggunaan energi primer negara tersebut berasal dari sumber panas bumi.

5. Battersea Power Station, Inggris
Pembangkit5Sekarang dinonaktifkan dan dalam proses yang berubah menjadi apartemen mewah di £ 8 milyar ($ 13,5 miliar) pengembangan, Battersea Power Station adalah tetap salah satu pembangkit listrik yang paling ikonik di dunia. Bangunan bata terbesar di Eropa, yang pertama dari bata cerobong asap Battersea yang dibangun pada tahun 1931, dan situs batu bara memiliki kapasitas 503 megawatt. Produksi listrik di Battersea berhenti pada tahun 1983.

4. Itaipu, Brasil/Paraguay
Pembangkit4Sebuah proyek bersama antara pemerintah Brasil dan Paraguay, Itaipu terletak di Sungai Paraná, yang membagi kedua negara. Itaipu, pembangkit listrik tenaga air, dibangun pada tahun 1984. Berdiri dengan tinggi 196 meter dan dengan panjang hampir delapan kilometer, itu adalah produsen terbesar di dunia energi bersih.

Pada tahun 2013 Itaipu menghasilkan 98.630.035 megawatt per jam. Energi listrik tersebut untuk Brazil dan Paraguay dengan 16,9 persen dan 75 persen dari listrik mereka masing-masing. Itaipu juga objek wisata: pada tahun 2013, hampir satu juta orang mengunjungi bendungan ini.

3. Three Gorges Dam, Cina
Pembangkit3Terletak di Sungai Yangtze di provinsi Hubei, Cina, Three Gorges Dam dilaporkan menelan biaya lebih dari $ 20 miliar untuk membangunnya. Konstruksi dimulai pada tahun 1994, dan pabrik mulai beroperasi secara penuh pada tahun 2012.

Sebuah bendungan air Three Gorges berdiri dengan tinggi 185 meter dan 32 turbin yang dapat menghasilkan sekitar 22.000 megawatt, daya yang cukup untuk memasok jutaan rumah. Lebih dari 1,3 juta orang dilaporkan telah mengungsi akibat proyek, dan 140 kota, 1.350 desa dan 13 kota terendam air.

2. Geyser, Amerika Serikat
Pembangkit2Geyser adalah kompleks pembangkit listrik panas bumi terbesar di dunia. Dibuka pada tahun 1960 dan terletak di utara San Francisco, California, geyser memiliki kapasitas lebih dari 1.500 megawatt.

Calpine Corporation adalah operator pemilik lima belas pembangkit listrik di situs tersebut. Menurut Calpine, pembangkit listrik ini mampu menghasilkan sekitar 725 megawatt, yang dapat membangkitkan daya listrik lebih dari 700.000 rumah.

1. Gujarat Solar Park, India
Pembangkit1Dengan tanggal penyelesaian yang diharapkan akhir 2014, Gujarat Solar Park terdiri dari serangkaian taman tenaga surya di barat utara India. Tersebar di 5.000 hektar, diharapkan energi bersih yang dihasilkan oleh pembangkit ini akan menghemat sekitar delapan juta ton CO2 per tahun.

———————————————————-
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

5 responses

  1. Τhankѕ for sharing your tҺoughts. I really appreciate your
    efforts and I աill be waiting for ʏour next write ups thanks оnce again.

  2. I loved as much as you will receive carried out right
    here. The sketch is tasteful, your authored subject
    matter stylish. nonetheless, you command get got an edginess over
    that you wish be delivering the following. unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly very often inside case you shield
    this increase.

  3. This site was… how do you say it? Relevant!!
    Finally I’ve found something which helped me. Thanks a lot!

  4. hoa tau sao truc | Balas

    This post is priceless. How can I find out more?

  5. “Greetings! Very helpful advice within this post! It is the little changes which will make the greatest changes. Thanks for sharing!”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: