Ramadan Pertama di Kota Pangkalpinang


bazar1Bulan Ramadan banyak di nanti oleh umat Islam di seluruh dunia. Karena pada bulan ini banyak pahala dan berkah. Tak hanya itu saja, di bulan yang penuh rahmat ini juga mendatangkan rejeki bagi banyak orang.

Suasana Ramadan di Kota Pangkalpinang bagi saya agak berbeda dengan di tempat tinggal saya di Jawa saat ini. Ada perbedaan, meskipun juga ada persamaannya.

Di kota yang merupakan ibukota dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) ini ada hal-hal unik bagi saya. Berikut ini liputan saya mengenai Ramadan 1435H pada hari pertama saya di Kota Pangkalpinang.

Sebelum Ramadan, di kota ini mempunyai tradisi pawai taaruf. Tradisi ini sudah ada sejak dulu. Hal ini tidak saya jumpai di daerah tempat tinggal saya. Pawai taaruf menyambut datangnya bulan suci Ramadan diikuti oleh siswa-siswi dari paud sampai SMA dan sederajat. Tak hanya itu saja, majelis taklim kota ini juga turut meramaikan pawai taaruf.

Ramadan hari pertama pada 1435H kebanyakan umat Islam di Pangkalpinang melaksanakan pada hari Minggu, 29 Juni 2014 sesuai dengan keputusan pemerintah. Meskipun demikian, ada juga yang sudah memulai pada hari Sabtu.
DSC00115Saya mengikuti sesuai dengan keputusan pemerintah. Sholat tarawih di hari pertama Ramadan pada malam Minggu. Saya memutuskan sholat tarawih di Masjid Raya Tuatunu yang ada di Jl. Kampung Melayu. Masjid yang menjadi kebanggan umat Islam di Babel ini sangat megah dan indah. Halamannya yang luas bisa menjadi tempat parkir kendaraan roda 2 maupun 4 lebih longgar.

Waktu Isyak di Kota Pangkalpinang pada Ramadan pertama pukul 19.15 WIB. Saya sudah tiba di Masjid Raya Tuatunu sekitar pukul 18.50. Saya tidak mau ketinggalan tarawih di masjid ini.

Sholat tarawih di masjid ini sebanyak 20 rakaan, tiap 2 rakaan salam. Sedangkan sholat witirnya 3 rekaat. Hal ini juga dilakukan oleh kebanyakan masjid yang ada di sini.

Tradisi Ramadan di Pangkalpinang tak lengkap jika tidak ada bazar takjil. Jika Anda ke kota ini pas Ramadan, jangan heran jika kebanyakn jalan besar banyak yang menjajakan takjil Ramadan.

Bazar Takjil di Jl. Masjid Jamik

Bazar Takjil di Jl. Masjid Jamik

Jalan yang sering menggelar takjil Ramadan adalah jalan Masjid Jamik. Di sepanjang jalan ini setelah simpang 3 Masjid Jami’ ramai orang menjajakan takjil untuk berbuka.

Makanan khas untuk berbuka antara lain nasi lemang. Nasi yang dimasak dengan wadah bambu yang dibakar ini banyak dijual di sini. Tak hanya itu saja, masakan khas Bangka seperti lempah darat dan lempah kuning yang sudah dalam kemasan plastik juga menjadi menu wajib berbuka. Aneka kue basah dan aneka es juga untuk penyegar saat berbuka.

Selain di jalan masjid Jamik, di jalan Ahmad Yani dan Ahmad Yani Dalam juga diramaikan bazar takjil. Jalan depati Amir (Jl. Muntok) di depan sepanjang Hotel Mitra Garden sampai ke arah Masjid Al Karomah selalu ramai.

Sebenarnya tidak hanya di jalan-jalan tersebut, masih ada lagi di tempat lain, namun di tempat lain tidak seramai pada jalan yang sudah disebutkan di atas. Pusatnya adalah di jalan Masjid Jamik.

Bazar takjil dimulai pada sekitar pukul 14.00 sampai magrib tiba. Para pembeli biasanya adalah mereka yang sibuk kerja dan pulang sore, sehingga tidak ada waktu banyak memasak makanan untuk berbuka.

Ramadan 1435H juga kebetulan pas musim durian. Di sepanjang jalan Jenderal Sudirman depan PT. Timah Tbk dan jalan Sangkalputung ramai penjual durian.
lempah kuningWaktu berbuka hari pertama Ramadan di Pangkalpinang pukul 18.02 WIB. Setelah makan takjil kurma dan es buah, saya sholat magrib, baru menyantap lempah kuning yang selalu membuat saya kangen. Lempah kuning ikan laut dengan dimasak menggunakan bumbu khas dan ada nanasnya.

Waktu selanjutnya saya gunakan untuk bersiap-siap ke Masjid Assa’adah untuk sholat tarawih. Sholat tarawih di masjid ini juga 20 rakaat ditambah 3 rakaat witir.

Semoga suatu saat nanti saya masih dipertemukan lagi Ramadan di Kota Pangkalpinang.

Iklan

4 responses

  1. Wah . .Di bangka semua pak.. kirain di luar bangka..
    hehe.
    visit balik ya pak . di : ghofarcyber-pkp.blogspot.com

    1. Awal Ramadan di Bangka. Pengin merasakan suasana Ramadan 1435 H di Bangka.

      1. Iya orang Pangkalpinang juga ramah-ramah. Kalau ke Bangka lagi jangan lupa mampir ke masjid Al-Hikmah yang terletak di Girimaya Bukit Besar.

      2. Insha Allah. O, ya waktu ke sana jadwal saya padat sekali, dari sebelum jam 6 pagi sampai di atas jam 10 malam, jadi ada juga yang terlewatkan. Saya banyak nulis tentang keindahan alam Bangka, budaya, dan keunikan yang tidak ada di tempat lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: