Indahnya Pantai Pasirpadi di Senja Sambil Menikmati Kemplang Bangka


bbPasirpadi1Jika Anda dari luar Bangka ingin berkunjung ke sini pastikan jangan sampai kehabisan tiket, karena pada saat liburan sekolah ditambah suasana Ramadan akan sulit mendapatkan tiket pesawat jika mendadak. Pastikan Anda sudah merencanakan dengan matang.

Pangkalpinang adalah kota yang indah. Ibu kota dari Provinsi Bangka Belitung ini menyimpan banyak pesona yang sayang jika dilewatkan saat Anda berkunjung ke sini. Kota yang merupakan asal dari artis Sandra Dewi ini mempunyai pantai yang indah. Satu-satunya pantai yang ada di kota dengan tradisi budaya Melayu ini adalah Pantai Pasirpadi.

Letaknya sekitar hanya 10 km dari pusat kota. Anda bisa menggunakan kendaraan roda empat maupun roda dua. Anda tidak perlu merogoh kocek dalam untuk bayar masuk ke pantai ini. Tidak seperti obyek wisata yang lain tarif masuk berdasarkan per satu pengunjung (per kepala). Di sini tarif masuk berdasarkan per kendaraan yang digunakan pengunjung.

Selain tarif berdasarkan per kendaraan, tarif yang dipatok juga terlalu murah untuk bisa menikmati keindahan Pantai Pasirpadi. Untuk satu motor hanya dikenakan tarif 2 ribu rupiah saja. Sedangkan untuk mobil hanya 4 ribu rupiah saja. Murah bukan?

Semakin senja semakin ramai pengunjungnya, apa lagi jika akhir pekan dan hari libur nasional. Anda bisa sambil keliling dengan kendaraan Anda sebelum memutuskan di tempat mana yang paling nyaman bagi Anda untuk memarkirkan kendaraan Anda. Di sini tidak ada tukang parkir, makanya Anda bisa memarkirkan kendaraan di sepanjang jalan di pinggir pantai ini sesuka Anda asal tidak menghalangi kendaraan lain yang melintas.

Saya memutuskan untuk berkunjung ke Pantai Pasirpadi di senja karena suasana sudah teduh. Kunjungan saya pada 25/06/2014 sekitar pukul 16.30 WIB. Berbeda jika pada siang hari, cuaca di sini sangat panas. Saya mengunjungi Pantai Pasirpadi dengan motor dan memutuskan ke sebelah kiri dulu baru ke sebelah kanan dari pintu masuk.
bbPasirpadi pintubbPasirpadi rumput
Dari pintu masuk ke arah kiri ada taman-taman dengan tanaman cemara yang bisa Anda jadikan tempat untuk santai sambil menikmati pemandangan pantai. Lebih indah lagi jika pada saat senja, karena biasanya air pasang. Ombak di pantai ini tidak besar, kecuali di bulan Desember dan Januari.

Masih dari sebelah kiri pintu masuk Anda bisa menikmati suasana pantai yang indah dengan menginap di hotel yang berada di pinggir pantai. Hotel Serata yang merupakan satu-satunya hotel yang ada di bibir pantai ini. Sambil menikmati suasana desiran ombak dan angin pantai tidaklah lengkap jika tidak menikmati makanan khas Bangka.
bbPasirpadi2bbPasirpadi3
Jangan khawatir tidak membawa bekal makanan Bangka. Banyak pedagang keliling dan juga warung yang menyajikan makanan Bangka. Kemplang Bangka sangat nyaman jika dinikmati di Pantai Pasirpadi. Tak hanya itu, makanan khas Bangka yang lain seperti otak-otak, pempek, kericu, dan getes/kretek juga wajib dicoba. Enaknya makan kemplang dengan cocolan sambal khas bangka yang tidak bisa dijumpai di daerah lain.

Arah kanan pintu masuk berjajar pondok-pondok yang bisa Anda gunakan untuk tempat istirahat manakala Anda dan keluarga lelah mandi di pantai dan tidak dipungut biaya sepeserpun. Jangan khawatir jika basah dan kotor, karena ada tempat bilas air tawar.

Jika Anda lapar setelah bermain di pantai, jangan khawatir juga. Selain aneka makanan yang dijual ala kaki lima, bagi Anda yang berkantong tebal juga bisa menikmati restoran berkelas. Restoran di sini menyajikan makanan laut khas Bangka. Anda bisa mengunjungi restoran Biru Laut, Perahu, dan beberapa restoran yang lain.

Saya melihat keceriaan anak-anak yang bermain bola di pinggir pantai. Umumnya mereka adalah penduduk setempat. Namun, Anda sebagai pengunjung bisa bergabung juga, karena penduduk di sini sangat ramah. Meskipun Anda orang asing, namun mereka akan ramah dengan Anda.

Setelah hari mulai gelap, saya memutuskan untuk pulang ke tempat saya menginap. Puas rasanya bisa mengunjungi Pantai Pasirpadi sambil menikmati gurihnya kemplang khas Bangka. Lain kali jika saya ke Kota Pangkalpinang saya akan sempatkan ke sini lagi.

Iklan

2 responses

  1. Pantainya terlihat tenang ya Mas, cocok buat menenangkan diri 😉

    1. Iya, Pantai Pasirpadi tenang, namun pada akhir Desember sampai akhir Januari biasanya ombah tinggi, misim badai.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: