10 Penyakit yang Paling Mematikan di Dunia


Penyakit tertentu hanya ada di daerah tertentu saja. Ini karena penyebaran penyakit tersebut hanya di daerah endemik penyebab penyakit tersebut. Misal karena binatang yang hanya bisa hidup di daerah tertentu saja dan tidak bisa ke daerah lain. Meskipun penyebabnya endemik, namun tak jarang penyakit ini bisa mematikan korbannya.

Penyakit yang mematikan selain disebabkan karena hewan, virus, atau bakteri, ternyata juga karena kebiasaan-kebiasaan tertentu yang tidak baik. Kebiasaan hidup yang tidak sehat seperti merokok dan terkena polusi atau paparan radiasi bisa menyebabkan penyakit yang mematikan. Selain itu gaya hidup yang tidak bersih dan tidak memcuci tangan setelah melakukan sesuatu bisa juga menyebabkan penyakit yang mungkin bisa mematikan.

Seperti ke-10 penyakit ini adalah penyakit yang mematikan di dunia. Mungkin Anda tidak menyadarinya bahwa penyakit-penyakit tersebut mungkin sering Anda remehkan. Berikut informasinya, seperti dilansir The Richest (27/05/2014).

10. Demam Berdarah (DBD)
penyakit10Membunuh 25.000 orang per tahun
Demam Berdarah adalah penyakit nyamuk tropis yang membunuh korbannya karena tidak ada vaksin atau obat dan membunuh sekitar 25.000 orang per tahun. Ini juga salah satu penyakit yang paling cepat berkembang di dunia dengan jumlah wabah tercatat melompat 9-100 dalam 40 tahun terakhir. Meskipun penyakit ini diderita sekitar 2,5 miliar orang berisiko, demam berdarah biasanya tidak fatal jika cepat ditangani.

9. Leishmaniasis
penyakit9Membunuh 20.000-30.000 orang per tahun.
Seperti DBD, Leishmaniasis tidak memiliki vaksin atau obat dan merupakan ancaman dengan 1,3 juta kasus baru setiap tahun. Tidak seperti Demam Berdarah, Leishmaniasis sedikit lebih luas karena bisa berkembang dalam kondisi yang biasanya ditemukan di antara daerah miskin di dunia dengan sebagian besar berada di Afrika, India dan Brazil, meskipun tumbuh di daerah Mediterania.

8. Kolera
penyakit8Membunuh 100.000 orang per tahun
Kolera adalah penyakit diare yang dapat membunuh dengan cepat luar biasa (kadang-kadang dalam hitungan jam). Meskipun membunuh jauh lebih sedikit daripada Penyakit Tidur Afrika (sekitar 100.000 per tahun), Kolera kurang diskriminan di mana ia dapat membunuh. Menyebar melalui air atau makanan yang tercemar, terdapat sekitar tiga sampai lima juta kasus setiap tahun.

7. Penyakit Tidur Afrika
penyakit7Membunuh 300.000 orang per tahun
Penyakit Tidur Afrika ini terjadi di Afrika dan membunuh 300.000 orang meninggal per tahun. Disebarkan oleh Tsetse terbang, penyakit ini cukup langka, selama Anda tidak tinggal di salah satu dari 36 negara sub-Sahara negara ada di dalamnya. Bahkan kemudian, 80 persen dari semua kasus baru terdapat di Republik Demokratik Kongo.

6. Malaria
penyakit6Membunuh 650 ribu – 1,2 juta orang per tahun.
Angka-angka yang diperdebatkan dengan beberapa mengklaim sekitar 650.000 kematian, sementara sebuah studi baru menunjukkan bahwa jumlah ini lebih dekat ke 1,2 juta. Malaria ditularkan oleh nyamuk dan bisa diobati dan dicegah.Sebagian besar kematian terjadi di Afrika di mana pengobatan tidak tersedia atau tidak terjangkau.

5. Pneumonia
penyakit5Membunuh 1,1 juta anak per tahun
Pneumonia memiliki moniker tidak diinginkan menjadi pembunuh nomor satu dari anak-anak di bawah usia lima tahun (sekitar satu juta per tahun). Pneumonia menyerang paru-paru dan disebarkan oleh banyak virus. Selanjutnya, pneumonia dapat terjadi hampir di mana saja, untungnya itu dapat diobati dan disembuhkan, yang berarti bahwa sebagian besar kematian terjadi di luar negara maju.

4. Tuberkulosis (TB)
penyakit4Membunuh 1,3 juta orang per tahun
Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, sekitar sepertiga dari orang (sekitar 2 miliar) saat ini memiliki Tuberkulosis. Dari jumlah ini, sekitar 1,3 juta meninggal setiap tahun. TB adalah penyakit udara berarti ditularkan oleh udara. Jika Anda di dekat orang yang terinfeksi dapat mengakibatkan infeksi pada Anda. Meskipun dapat disembuhkan, penyakit ini membutuhkan enam bulan pengobatan.

3. Kanker Paru-paru
penyakit3Membunuh 1,6 juta orang per tahun
Kanker pembunuh terbesar dari banyak penyakit, kanker paru-paru menyumbang 1,6 juta kematian setiap tahunnya. Dengan tingkat kelangsungan hidup yang rendah, hal terbaik yang bisa dilakukan adalah untuk menghindari asap rokok di semua tempat (baik sebagai perokok aktif dan perokok pasif) sebagai studi dari Inggris disematkan 86 persen dari semua kasus pada faktor ini.

2. AIDS
penyakit2Membunuh 1,6 juta orang per tahun
HIV/AIDS membunuh 1,6 juta orang setiap tahun dan menginfeksi 2,3 juta orang baru setiap tahun. Sebanyak sekitar 35 juta orang saat ini terinfeksi penyakit tersebut. Disebarkan oleh cairan tubuh seperti sperma dan darah, AIDS tidak bisa sembuh dan telah menewaskan hampir 36 juta orang di seluruh dunia sejak pertama kali ditemukan pada tahun 1981.

1. Penyakit Jantung Iskemik
penyakit1Membunuh 7,4 juta orang per tahun
Penyakit ini pembunuh jauh terbesar dalam daftar ini, dengan kira-kira 7,4 juta orang tewas pada 2012. Disebabkan oleh tekanan darah tinggi, merokok, dan obesitas, di antara faktor-faktor lain, Penyakit Jantung Iskemik dikarenakan tidak ada aliran darah ke jantung, sering mengakibatkan serangan jantung. Ini adalah pembunuh nomor satu di negara-negara barat dan tetap menjadi momok di seluruh dunia.

———————————————————-
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: