Enaknya Nangka Sebanding dengan Manfaatnya yang Luar Biasa


Foto: therandyradish.com

Foto: therandyradish.com

Nangka memang buah tropis yang sangat enak. Buah yang kulitnya berduri ini selain enak dimakan langsung jika sudah matang, juga bisa dijadikan olahan. Buah yang mempunyai nama ilmiah Artocarpus heterophyllus ini bisa dibuat es buah. Tak hanya itu buah yang beraroma khas ini juga bisa digoreng. Masih banyak lagi manfaat nangka untuk disajikan dalam berbagai bentuk sajian yang menggugah selera.

Manfaat nangka juga disebabkan karena kandungan gizi yang ada di dalam daging buahnya. Manfaat apa saja dari buah yang berwarna kuning ini? Berikut ulasannya, seperti dikutip dari DNA (13/05/2014).

1. Sumber energi instan
Nangka kaya akan karbohidrat atau gula seperti fruktosa dan sukrosa yang memberikan energi instan. Isi 92% dari nangka terbuat dari karbohidrat. Sekitar 1 cangkir nangka mengandung 40 gram karbohidrat, yang cukup baik untuk membuat energi Anda. Manfaat gizi ini terutama nangka dapat membantu orang yang ingin menambah berat badan dengan cara yang sehat.

2. Mencegah masalah tiroid
Buah-buahan adalah sumber yang baik dari mineral yang diperlukan oleh tubuh dalam waktu yang singkat. Nangka sangat kaya tembaga yang memainkan peran khusus dalam fungsi tiroid. Ini membantu dalam regulasi hormon tiroid dengan membantu dalam penyerapan dan sintesis hormon.

3. Meningkatkan kekebalan tubuh
Sebagian besar buah-buahan memiliki fungsi kekebalan tubuh, hal ini dikarenakan tingkat tinggi vitamin C. Nangka tidak hanya mengandung jumlah tinggi vitamin C tetapi juga memiliki gula sederhana yang mungkin telah membantu dalam meningkatkan kekebalan tubuh. Sebuah studi oleh Tan YF dan rekan menganalisis fungsi merangsang kekebalan gula dalam bubur nangka dan menemukan bahwa polisakarida dalam nangka meningkatkan fungsi sel-sel fagosit, jenis sel dari sistem kekebalan tubuh pada tikus.

4. Mengurangi tekanan darah
Sekitar 14% dari kebutuhan kalium harian Anda dapat dipenuhi oleh secangkir potongan nangka diiris. Tingkat kalium tinggi dalam nangka membuatnya sangat baik untuk mengatur tekanan darah dan menjaga Anda jauh dari kondisi yang berhubungan seperti penyakit jantung.

5. Baik untuk pencernaan
Nangka cukup kaya serat dan kadar air yang membantu dalam mengurangi sembelit dan meningkatkan pencernaan. Tapi, menurut Ayurveda, nangka (terutama yang mentah lebih kecil), mungkin sulit untuk dicerna bagi orang yang menderita masalah pencernaan yang serius.

6. Menagkal radikal bebas
Nangka secara alami kaya akan senyawa antioksidan seperti flavonoid dan fenol yang menghapus radikal oksigen bebas diketahui dapat merusak sel-sel pada tingkat DNA. Oksigen radikal bebas dapat menyebabkan degenerasi sel-sel retina dan menyebabkan penyakit degeneratif kronis seperti katarak dan degenerasi makula. Nangka juga kaya akan vitamin A yang menawarkan sekitar 10% dari kebutuhan harian Anda hanya dengan 165 gram.

7. Memiliki sifat anti-kanker
Menjadi kaya akan antioksidan, nangka melindungi sel DNA dari kerusakan langsung dan mutasi induksi yang disebabkan oleh radikal bebas oksigen. Karena itu tepung dan lengket secara alami itu bertindak seperti pembersih bagi usus untuk menghapus semua racun dari sistem pencernaan yang terkait dengan peningkatan risiko kanker usus besar.

8. Menyembuhkan anemia
Anemia dapat disebabkan karena kekurangan mineral dan vitamin yang diperlukan untuk sintesis sel-sel darah merah (sel darah merah) dan hemoglobin. Nangka kaya akan vitamin A, C, E dan K, serta asam folat, niasin, dan vitamin B6. Nangka juga mengandung mangan, magnesium, dan tembaga diperlukan untuk produksi sel darah merah, sehingga membantu menyembuhkan dan mencegah anemia.

9. Membuat tulang Anda kuat
Kita semua tahu kalsium diperlukan untuk meningkatkan kesehatan tulang. Sejumlah potongan nangka iris akan memberikan suatu tempat sekitar 56,1 mg kalsium, 6% dari kebutuhan kalsium harian Anda. Nangka dapat menjadi suplemen alami kalsium pada orang yang menderita osteoporosis dan tulang lemah.

10. Menjaga kulit Anda sehat
Seperti semua makanan kaya antioksidan lainnya, nangka membantu dalam memberikan perlindungan terhadap kerusakan kulit dan keriput akibat penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas.

11. Meningkatkan jumlah sperma
Menurut Ayurveda, nangka matang membantu dalam meningkatkan motilitas sperma dan kualitas sperma pada pria subur. Bahkan dalam obat rakyat tradisional Cina, nangka peringkat dalam daftar aphrodisiacs alami. Telah digunakan untuk mengobati libido rendah, disfungsi ereksi, dan ejakulasi dini pada pria sejak zaman kuno.

———————————————————-
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: