10 Inovasi yang Mengubah Dunia


Setiap hari ada inovasi yang baru pada dunia ini. Inovasi dibutuhkan supaya kehidupan menjadi lebih baik. Dengan adanya inovasi, ilmu pengetahuan dan teknologi menjadi berkembang. Banyak penelitian dari berbagai bidang telah menemukan peralatan yang membuat teknologi baru diciptakan. Teknologi yang lama ditinggalkan dan digantikan oleh teknologi baru.

Tidak hanya berupa teknologi saja yang merupakan hasil dari inovasi. Di bidang medis seperti obat-obatan baru yang lebih baik dari yang sebelumnya membuat pasien bisa melanjutkan hidupnya. Tak hanya itu, inovasi adanya dunia maya juga membuat peradaban manusia memasuki era serba cepat dan tak ada jarak lagi.

Inovasi-inovasi tersebut tentu mengubah peradaban dunia. Berikut ini 10 inovasi yang paling menakjubkan sepanjang sejarah manusia yang bisa mengubah dunia, seperti dikutip dari CNBC yang ditulis oleh Anmar Frangoul.

1908: Ford Model T
inovasi1Pada bulan Oktober 1908, pertama Ford Model T dibangun di Detroit, Michigan, merevolusi industri mobil dan mengubah dunia selamanya. Untuk pertama kalinya dalam sejarah, kepemilikan kendaraan bermotor menjadi terjangkau dan mengubah cara orang-orang bergerak di sekitar kota-kota. Dapat melakukan perjalanan 25 mil pada satu galon gas, Model T memiliki kecepatan maksimum 45mph. Pada tahun 1914, diproduksi mobil massal 308.162 buah, dan pada tahun 1924 harga Model T turun menjadi hanya $ 260. Pada tahun 1927, setelah diproduksi lebih dari 15 juta Model Ts, produksi mobil akhirnya berakhir, dengan Ford mengalihkan perhatian untuk Model baru A.

1928: Alexander Fleming menemukan penisilin
inovasi2Sebelum penisilin, banyak infeksi dan penyakit. Segala sesuatu dari sifilis gangren dan demam rematik adalah pembunuh yang tidak bisa diobati. Sebuah awal yang tampaknya tidak berbahaya dapat menyebabkan serius, kadang-kadang fatal karena infeksi.

Dengan kesadarannya bahwa jamur bisa melawan bakteri berbahaya, penemuan ilmuwan Skotlandia Alexander Fleming penisilin pada musim gugur tahun 1928 digembar-gemborkan bidang baru dalam pengobatan yaitu antibiotik. Penelitian lebih lanjut oleh para ilmuwan Ernst Chain dan Howard Florey mengembangkan karya Fleming dan membuat produksi penisilin dalam bentuk obat.

1954: Tenaga nuklir
inovasi3Pada bulan Juni 1954, kota Obninsk di Uni Soviet membuat sejarah ketika pembangkit listrik tenaga nuklir menjadi yang pertama di dunia yang akan terhubung ke jaringan listrik.

Menurut PBB, saat ini reaktor nuklir memasok 16 persen listrik di planet ini. Untuk pendukungnya, pembangkit listrik tenaga nuklir seperti Sellafield di Inggris menawarkan biaya efektif, solusi yang bersih untuk bahan bakar fosil. Untuk para pengkritiknya, bencana-bencana di Fukushima pada tahun 2011 dan Chernobyl pada tahun 1986 menyoroti betapa berbahaya energi nuklir masih bisa terjadi.

1961: Yuri Gagarin memasuki ruang angkasa
inovasi4Pada 12 April 1961 kosmonot Soviet Yuri Gagarin menjadi manusia pertama yang memasuki ruang angkasa. Selama pelariannya kapal Vostok 1, yang berlangsung 108 menit, Gagarin, hanya 27, tampak diliputi emosi. “Saya melihat bumi! Hal ini begitu indah,” kata Gagarin. Perjalanan Gagarin ke ruang angkasa, pada puncak Perang Dingin, diantar dalam era baru dalam eksplorasi ruang angkasa. Ini mendorong AS untuk menempatkan manusia di bulan, perlombaan ruang angkasa juga membantu memicu sebuah revolusi dalam komunikasi satelit, mengubah panggilan telepon bergerak (mobile) dan akhirnya data yang melakukan perjalanan di seluruh dunia.

1969: Concorde membuat penerbangan perdananya
inovasi5Pada tahun 1969 pertama di dunia penumpang supersonik, Concorde, melakukan penerbangan pertamanya. Berlangsung hanya 27 menit, pesawat tidak pernah melebihi kecepatan 300 mph. Akhirnya, Concorde akan mencapai kecepatan tertinggi lebih dari 1.300 mph, secara drastis memotong waktu perjalanan transatlantik. Sebuah penerbangan Concorde dari London ke New York mengambil lebih dari tiga jam, dibandingkan dengan lebih dari tujuh jam di dalam pesawat konvensional. Jam tergelap Concorde datang pada tahun 2000, ketika pesawat Air France 4590, menuju New York, terbakar beberapa saat setelah take-off, menewaskan 113. Concorde akhirnya pensiun pada tahun 2003.

1979: Walkman Sony mulai dijual
inovasi6Diluncurkan pada tahun 1979, Sony Walkman mengubah cara kita mengkonsumsi dan mendengarkan musik. Dengan desain yang kompak, Walkman adalah estetis menyenangkan, portabel dan populer, dengan lebih dari 200 juta yang dijual di seluruh dunia. Musik tidak lagi terbatas pada rumah: konsumen kini bisa mendengarkan secara pribadi untuk lagu favorit mereka pada perjalanan mereka untuk bekerja atau saat mereka berolahraga, dan kaset mulai dijual lebih banyak. Pada tahun 2010, dengan musik download mendominasi pasar, Sony mengumumkan bahwa mereka akan berhenti memproduksi Walkman.

1989: Sir Tim Berners-Lee menciptakan World Wide Web
inovasi7Pada tahun 1989 Sir Tim Berners Lee menemukan sebuah sistem yang saling berhubungan jaringan komputer dan mengubah dunia selamanya. Kalau bukan karena Lee dan World Wide Web tidak akan ada Facebook, Google, YouTube, dll.

Dalam sebuah wawancara dengan BBC untuk menandai ulang tahun ke-25 Web pada awal tahun 2014, Berners Lee mengomentari signifikansi yang besar. “Ini benar-benar penting bahwa web harus dapat memiliki apa pun di atasnya, tetapi gagasan bahwa itu akan berakhir dengan hampir segala sesuatu di atasnya … sepertinya ide gila pada saat itu,” katanya.

1996: Kelahiran pertama mamalia di dunia berhasil dikloning, domba Dolly
inovasi8Pada tahun 1996, Dolly, domba betina, menjadi mamalia pertama yang berhasil dikloning dari sel dewasa. Genetik identik dengan domba dari mana ilmuwan mengambil DNA, kelahiran Dolly dielu-elukan sebagai salah satu terobosan ilmiah yang paling signifikan dalam beberapa tahun.

Berbicara pada tahun 1997, ketika kelahiran Dolly diumumkan kepada dunia, Dr Ian Wilmut, sebuah embrio yang memimpin tim berbasis di Skotlandia yang mengkloning Dolly, berbicara tentang pentingnya kelahiran. “Ini akan memungkinkan kita untuk mempelajari penyakit genetik yang ada saat ini ada obat dan melacak mekanisme yang terlibat,” katanya.

2001: iPod diluncurkan
inovasi9Sebelum Steve Jobs dan Apple meluncurkan iPod pada tahun 2001, vinyl, CD dan kaset adalah format yang kebanyakan orang mendengarkan musik mereka pada perangkat digital ini. IPod dan iTunes, perpustakaan media Apple telah mengubah semua itu, memungkinkan orang untuk mendengarkan musik dari CD atau download dari internet. Saat ini, dengan penjualan CD dan album keseluruhan menurun tampaknya terminal, pendapatan global dari musik digital adalah $ 5,9 miliar, menurut Federasi Internasional Industri Phonographic (IFPI).

Namun pasar download digital sekarang menderita. Pada tahun 2012, jumlah download digital adalah 1,34 miliar, pada tahun 2013 turun menjadi 1,26 miliar, menurut Billboard sebagai pendengar beralih ke situs streaming seperti Spotify dan Grooveshark. Tidak semua orang senang dengan revolusi digital ini. Pada tahun 2011, Jon Bon Jovi menjadi berita utama ketika ia mengatakan, “Steve Jobs secara pribadi bertanggung jawab atas pembunuhan bisnis musik.”

2013: ‘Bionic’ anggota badan
inovasi10Setelah kehilangan tangan kirinya dalam kecelakaan, Dane Dennis Aabo Sørensen, 36 tahun diamputasi pertama untuk merasakan tekstur dan bentuk dengan menggunakan anggota badan palsu.

Menurut pernyataan dari École Polytechnique Federale de Lausanne dan Scuola Superiore Sant’Anna, lembaga penelitian, anggota tubuh yang dikenakan oleh Sørensen selama persidangan di Roma ‘pembedahan ditransfer ke saraf di lengan atasnya’, sehingga dia bisa merasakan lagi.

“Ini adalah pertama kalinya dalam neuroprosthetics bahwa umpan balik sensoris telah dipulihkan dan digunakan oleh diamputasi secara real-time untuk mengontrol anggota badan buatan,” Silvestro Micera, yang memimpin proyek tersebut, mengatakan pada saat itu.

———————————————————-
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: