Apa Itu Penyakit Melanoma?


Foto: ivanhoesada com

Foto: ivanhoesada com

Banyak yang belum mengetahui tenang melanoma, mungkin termasuk Anda. Pada dasarnya melanoma sering kita ketahui sebagai tahi lalat yang terutama terjadi pada orang berkulit putih yang tidak menggunakan tabir surya pada saat di bawah sinar matahari, namun tidak sesederhana itu.

Untuk mempelajari lebih lanjut tentang siapa yang berisiko untuk bisa terkena melanoma dan kenapa penyakit itu bisa terjadi, berikut keterangan Angela J. Lamb, MD, asisten profesor Dermatologi dari Icahn School of Medicine at Mount Sinai yang dikutip dari Health.com (05/05/2014).

Melanoma adalah salah satu kanker yang paling umum pada orang dewasa muda

Melanoma mungkin kanker kulit paling umum, namun menurut American Academy of Dermatology (AAD), itu adalah bentuk paling umum kanker untuk orang dewasa muda usia 25 sampai 29 tahun dan kanker paling umum kedua untuk orang berusia 15 sampai 29 tahun. Para ahli percaya ini adalah hasil dari penggunaan tanning bed.

Melanoma mempengaruhi orang dari semua warna kulit

Memang benar bahwa orang dengan lebih banyak pigmen di kulit mereka memiliki risiko jauh lebih rendah dari kanker kulit karena mereka memiliki lebih banyak perlindungan dari matahari. Tapi itu belum tentu tidak bisa terkena penyakit ini tanpa menggunakan tabir surya. Sel basal dan sel skuamosa karsinoma, jenis yang paling umum kanker kulit dan mereka yang paling sangat terkait dengan paparan sinar matahari jarang terjadi pada orang kulit berwarna, dan melanoma juga jarang, tetapi ketika itu tidak terjadi, itu terutama pada telapak tangan dan kaki.

Sebuah studi 2013 yang diterbitkan dalam Annals of Internal Medicine membuktikan bahwa penggunaan tabir surya setiap hari membantu mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh paparan sinar matahari, termasuk keriput dan bintik-bintik gelap.

Melanoma dapat terjadi pada orang dengan sedikit atau tidak ada tahi lalat
Ya, gejala melanoma meliputi perubahan dalam bentuk, ukuran, atau warna tahi lalat dan semakin banyak tahi lalat yang Anda miliki, semakin besar risiko Anda untuk melanoma. Tetapi bahkan orang-orang yang tidak memiliki banyak tahi lalat beresiko untuk melanoma.

Melanoma mungkin bukan mol sama sekali

Melanoma juga dapat terlihat seperti memar yang tidak sembuh-sembuh atau beruntun gelap di bawah kuku atau kuku. Bob Marley didiagnosis dengan melanoma di bawah salah satu kuku kakinya pada bulan Juli 1977. Dia dilaporkan mengabaikan nasihat untuk mengamputasi kaki dan kanker menyebar ke paru-paru dan otaknya, dan ia meninggal Mei 1981 pada usia 36.

Melanoma juga bisa muncul di mata Anda, tapi itu sangat jarang. Jika orang mengalami pandangan kabur pada satu mata atau tekanan di belakang salah satu mata, mereka mungkin harus disaring untuk melanoma okular. Gejala biasanya tidak pada kedua mata, dan pemutaran rutin tidak diperlukan karena sangat langka.

Melanoma dapat muncul di daerah yang tidak terkena sinar matahari

Melanoma dapat terjadi seperti antara jari dan jari kaki, dan ketiak, pantat, dan alat kelamin.

Melanoma juga pada orang dewasa yang lebih tua

Melanoma juga meningkat di Baby Boomers, yang tidak memiliki akses ke tabir surya modern di masa kanak-kanak. Bagi orang-orang di usia 50-an dan 60-an yang memiliki banyak paparan sinar matahari ketika mereka masih muda, diagnosis melanoma adalah manifestasi dari mutasi genetik untuk melanosit, sel-sel yang menghasilkan pigmen melanin kulit.

Ini adalah bentuk kanker kulit paling mematikan

Sementara karsinoma sel basal dan skuamosa lebih umum daripada melanoma, mereka memiliki tingkat kelangsungan hidup yang tinggi. Menurut AAD, satu orang Amerika meninggal dari melanoma setiap jam. Pada tahun 2014, diperkirakan bahwa lebih dari 9.700 kematian di Amerika Serikat akan dikaitkan dengan melanoma.

Melanoma dapat disembuhkan bila ditemukan secara dini

Menurut AAD, tingkat kelangsungan hidup lima tahun bagi orang-orang yang melanoma terdeteksi dan diobati sebelum menyebar ke kelenjar getah bening (stadium III) adalah 98%. Dr Lamb mengatakan kita dapat melihat angka yang lebih tinggi dari kasus melanoma karena dokter lebih mampu mendiagnosa tahap 0 melanoma, atau melanoma in situ, di mana ada perubahan yang terlihat pada permukaan kulit tetapi kanker belum berkembang di epidermis. The Skin Cancer Foundation merekomendasikan ujian kanker kulit tahunan, yang dapat membantu menangkap melanoma sedini mungkin.

Melanoma bisa terjadi pada anggota keluarga yang punya riwayat

Orang dengan riwayat keluarga melanoma dapat lebih rentan terhadap penyakit ini dari sisa populasi. Laporan menunjukkan bahwa memiliki relatif tingkat pertama dengan melanoma yaitu orang tua, kakak, atau adik dapat meningkatkan risiko seumur hidup Anda dengan 10-15%. Itulah mengapa begitu penting untuk mengetahui sejarah kanker kulit tertentu.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: