Penemuan Peralatan Tenaga Surya yang Ramah Lingkungan


Saat ini bumi sudah penuh dengan polusi. Polusi udara, air, juga suara. banyak masalah yang ditimbulkan dari polusi-polusi tersebut. Penggunaan bahan bakar fosil diklaim penyumbang polusi nomor wahid di muka bumi ini. Kendaraan bermotor kian bertambah dan konsumsi bahan bakar pun kian membengkak. Polusi asap mengakibatkan lapisan ozon semakin menipis dan panas siang dan malam yang kita rasakan saat ini.

Selain itu, menurut Bank Dunia, hanya di bawah 20 persen dari populasi dunia masih tanpa akses listrik, kebanyakan dari mereka di Afrika dan Asia. Sementara itu, di negara maju biaya energi melonjak dan konsumen berlebihan dalam menggunakan energi listrik.

Dengan latar belakang tersebut, para ilmuan berusaha berinovasi untuk mewujudkan supaya bumi tidak kian dipenuhi oleh polusi. Salah satunya adalah panel surya atau yang sering disebut dengan listrik tenaga surya. Beberapa penemuan perangkat yang menggunakan tenaga surya telah berkembang seiring dengan kebutuhan manusia saat ini. Berikut ini beberapa penemuan perangkat kebutuhan manusia dengan tenaga surya, seperti dikutip dari CNBC yang ditulis oleh Alice Tidey.

Mobil
tenagasurya1Pada bulan Januari, Ford mengumumkan telah merancang “kendaraan pertama bertenaga surya” yang kemudian diresmikan di Las Vegas Motor Show. Kekuatan surya dimanfaatkan oleh konsentrator khusus yang bertindak seperti kaca pembesar dan mengarahkan sinar intens untuk panel surya di atap kendaraan.

Untuk Rainer Mehl, kepala konsultan manufaktur di NTT Data, Ford adalah “terdepan dalam mobil bertenaga surya”, karena adalah yang pertama untuk mengungkap kendaraan tersebut.

Mehl percaya bahwa mobil hanya bergantung pada tenaga surya secara teoritis mungkin, tetapi bahwa banyak masalah tetap. Sebaliknya, katanya, mobil di mana energi surya diperlakukan sebagai sumber energi tambahan yang lebih layak.

Untuk Sam Jaffe, analis utama di Navigant Research, kemungkinan mobil berjalan hanya pada sinar surya saja sudah sangat jauh. “Jika Toyota Prius adalah untuk menutupi seluruh permukaan dengan panel surya,” katanya, “mereka akan memberikan kurang dari 5 persen dari daya yang dibutuhkan untuk menggerakkan mobil.”

Laptop
tenagasurya2Samsung adalah salah satu yang pertama untuk melompat pada kereta musik laptop surya dengan seri NC215S netbook pada tahun 2011. Sejak itu beberapa produsen telah mengikutinya dan pada tahun 2013 perusahaan WeWi dari Kanada mengungkapkan laptop Sol dengan janji bahwa itu hanya akan mengambil 2 jam sinar matahari untuk daya baterai selama 10 jam. Menjalankan Ubunto software, produsen menggambarkannya sebagai “segala medan, off-road, laptop utilitas.”

David Snir, co-founder dan CEO dari WeWi mengatakan bahwa laptop akan tersedia di beberapa pasar pada akhir April dan perusahaan telah menginstruksikan distributor dengan harga tidak lebih dari $ 500.

Smartphone
tenagasurya3Lagi-lagi dipelopori oleh Samsung, yang merilis model Blue Earth kembali pada tahun 2009, ponsel bertenaga surya. Keduanya menonton merek mewah Tag Heuer dan produsen Tiongkok TLC Communications akan merilis model bertenaga surya tahun ini.

Tapi Daniel Gleeson, analis senior di IHS mengatakan bahwa itu tidak mungkin tenaga surya akan menjadi tren besar berikutnya di pasar smartphone. Kedua tren terbesar saat ini, layar yang lebih besar dan 4G, membutuhkan daya yang lebih signifikan “yang membuat seting bahwa permintaan listrik dengan tenaga surya sangat sulit.”

“Saya tidak percaya ponsel tenaga surya akan pernah menjadi arus utama sebagai metode pengisian utama untuk handset”, Gleeson menambahkan, menjelaskan bahwa biaya yang diperlukan untuk melengkapi ponsel dengan teknologi yang tepat akan terlalu tinggi.

Speaker nirkabel
tenagasurya4Sistem suara surya nirkabel adalah sempurna untuk menemani setiap perjalanan di luar ruangan. Beberapa model yang sudah ada, termasuk Devotec Surya Suara 2 dan rukus Surya oleh Eton, harga $ 149,99.

Pada hari yang cerah, model yang tidak akan perlu menggunakan baterai dan jika malam, keduanya bisa 10 jam masa pakai baterai. Sebagai bonus tambahan, rukus surya juga dapat berfungsi sebagai charger solar untuk menyalakan ponsel atau tablet.

Penutup iPad
tenagasurya5Tenaga surya untuk membantu mengisi komputer tablet Anda sudah dijual untuk berbagai perangkat, dari SolarFocus Amazon Kindle untuk Logitech Keyboard Folio Solar Case untuk iPad.

Tapi jika sinar matahari tidak cukup, penutup KudoSolar iPad, terbuat dari tinta photovoltaic juga dapat mengkonversi cahaya dalam ruangan. Produsen memperkirakan bahwa dengan teknologi ini, rata-rata pengguna hanya perlu mengisi iPad setiap 10 hari.

Keyboard nirkabel
tenagasurya6K750 keyboard nirkabel bertenaga surya yang dibuat oleh produsen Swiss Logitech, berjanji untuk membuat “baterai hassles sesuatu dari masa lalu.”

Ultra-tipis, keyboard ini menggunakan kekuatan matahari dan cahaya dalam ruangan untuk mengisi dan dapat terhubung secara nirkabel dengan beberapa perangkat.

Model Mac, K760 dilengkapi dengan mudah beralih pilihan untuk mengizinkan pengguna untuk “jenis pada Mac Anda dan beralih ke iPad atau iPhone dengan sentuhan tombol” dan dapat bekerja untuk setidaknya tiga bulan-bahkan dalam gelap gulita.

Jendela socket
tenagasurya7Mahasiswa desain Korea Kyuho Lagu dan Boa Oh mengungkapkan Jendela mereka Surya Socket pada awal tahun 2013 dan proyek ini sekarang dalam tahap konsep. Perangkat yang dapat menempel jendela apapun, dari rumah Anda ke mobil Anda atau bahkan di pesawat, lebih dari baterai back-up dari plug standar. Jadi sementara itu dapat mengisi ulang peralatan kecil seperti smartphone dan tablet, tidak dapat digunakan untuk perangkat listrik yang memerlukan tegangan tinggi.

Solar Impulse
tenagasurya8Solar Impuls adalah satu-satunya “daya tahan abadi” pesawat, bisa terbang siang dan malam tanpa bahan bakar apapun, mengandalkan tenaga surya sebagai gantinya.

Dikemudikan oleh penggemar penerbangan Bertrand Picard dan André Borschberg, proyek ini bertujuan untuk berujung pada penerbangan pertama surya mengelilingi dunia, dijadwalkan berlangsung pada awal 2015 pesawat diresmikan pada tanggal 9 April 2014.

Pada tahun 2010, model pertama dari pesawat itu mampu terbang selama 26 jam tanpa gangguan, terbang sepanjang malam. Beberapa penerbangan lain di seluruh Eropa, Morroco dan Amerika Serikat kemudian dibuat.

Iklan

One response

  1. Keren sekali. Anak-anak muda yang harus menjadi pelopor penemuan tenaga surya yang lain.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: