Fakta Antioksidan pada Beta Karoten


Foto: Magforwomen

Foto: Magforwomen

Beberapa orang tidak suka makan wortel. Mereka beralasan karena rasanya yang tidak enak. Kebiasaan tidak menyukai wortel mungkin dari kecil dan berlanjut hingga dewasa. Jika Anda tidak suka wortel, maka Anda akan rugi besar. Sebenarnya tidak hanya wortel saja, sayur dan buah lain yang berwarna oranye sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Karena, wortel dan sayuran atau buah yang berwarna oranye memunyai kandungan beta karoten yang tinggi.

Beta karoten merupakan pigmen merah-oranye yang ditemukan pada tumbuhan dan buah-buahan tertentu yang berwarna kuat. Ini adalah senyawa organik yang ditemukan dalam sayuran seperti labu, wortel, ubi jalar, dan sebagian besar buah dan sayuran yang berwarna merah dan oranye. Tubuh kita mengubah beta karoten menjadi vitamin A yang merupakan nutrisi penting yang berguna untuk kesehatan kulit, kesehatan mata yang baik dan sistem kekebalan tubuh.

Berikut ini fakta-fakta tentang beta karoten, seperti dilansir Magforwomen (03/05/2014).

1. Fungsi utama dari antioksidan adalah untuk menyingkirkan radikal bebas dari tubuh kita karena dapat menyebabkan penyakit. Perkelahian beta karoten dan menghancurkan radikal bebas yang diproduksi ketika kulit kita terkena sinar matahari. Sinar matahari membantu kulit kita dengan menyediakan vitamin D, tetapi pada saat yang sama sinar ultraviolet dari matahari juga meningkatkan tingkat radikal bebas dalam tubuh kita. Ketika kita makan makanan dengan beta karoten, beta karoten pada dasarnya melindungi kulit kita dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Penelitian telah menunjukkan bahwa orang-orang yang makan makanan lebih banyak mengandung beta karoten dalam makanan mereka cenderung terhindar dari penyakit jantung dibandingkan mereka yang memiliki relatif kurang beta karoten pada makanan mereka. Beta karoten mencegah penyakit arteri koroner dan karena itu juga bermanfaat bagi kesehatan jantung secara keseluruhan.

3. Beta karoten juga menjadi faktor penting dalam mengurangi risiko beberapa jenis kanker, seperti kanker kulit. Namun, satu hal yang harus dipastikan bahwa beta karoten berasal dari sumber makanan secara keseluruhan dan bukan suplemen.

4. Beta karoten ditemukan dalam berbagai makanan, termasuk pada wortel, labu, ubi jalar, dan semua buah-buahan lainnya dan sayuran yang berwarna merah, oranye dan kuning. Hal ini juga ditemukan dalam seluruh makanan seperti melon dan labu. Anehnya, beta karoten juga ditemukan di beberapa sayuran berdaun hijau gelap seperti brokoli dan bayam.

5. Seperti namanya, ‘beta’ dan ‘karoten’ berasal dari kata Yunani dan Latin masing-masing, angka yang terakhir ini ‘carota’ secara harfiah berarti “wortel.” Wortel mungkin merupakan sumber yang paling penting dari beta karoten karena konsentrasi menyimpang dari senyawa yang ditemukan di dalamnya. Satu wortel sudah cukup untuk asupan harian beta karoten untuk rata-rata orang dewasa.

6. Jus wortel memberi Anda lebih banyak beta karoten daripada wortel mentah karena wortel mentah juga mengandung serat yang tubuh menghilangkannya dan banyak beta karoten juga dihapus bersama dengan itu. Sementara jus wortel, bagaimanapun serat secara efektif dihapus dan semua beta karoten masih ada dalam jus.

7. Vitamin A adalah nutrisi penting yang diperlukan oleh manusia untuk kesehatan yang normal dan pertumbuhan. Non-vegetarian mendapatkan sebagian besar vitamin A mereka dari produk susu dan telur. Tapi vegetarian harus memastikan bahwa mereka mendapatkannya dari buah-buahan dan sayuran yang memadai yang berwarna merah, oranye dan kuning sepanjang hari karena beta karoten adalah satu-satunya sumber vitamin A bagi mereka. Beta karoten dikonversikan ke vitamin A dalam tubuh kita, dan karena itu vegetarian membutuhkan beta karoten melalui diet mereka.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: