Kenapa Minum Alkohol Merusak Hati?


Foto: bodylightcenter.com.ve

Foto: bodylightcenter.com.ve

Dalam ajaran agama Islam alkohol dilarang untuk diminum. Ternyata larangan tersebut benar adanya. Larangan ini dikaitkan dengan risiko kesehatan yang ditimbulkan jika mengkonsumsi alkohol. Selain memabukkan, ternyata alkohol juga bisa berdampak pada kesehatan tubuh, apa lagi jika sering meminumnya.

Salah satu dampak buruk alkohol pada kesehatan adalah menyebabkan kerusakan hati. Hati adalah organ pertama yang akan rusak karena minuman memabukkan ini. Kerusakan hati karena alkohol dapat fatal dalam kondisi tertentu.

Hati Anda adalah satu setengah kg organ yang berada di belakang tulang rusuk kanan dan memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan metabolisme tubuh Anda. Jika Anda tidak memiliki hati, Anda tidak akan dapat memproses nutrisi seperti karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral dari makanan yang Anda makan, tubuh Anda tidak akan menyingkirkan semua racun dan mikroba dan darah Anda mungkin tidak akan pernah menggumpal.

Karena hati melakukan begitu banyak fungsi penting tubuh, hati sangat rentan terhadap berbagai metabolik, racun, mikroba, peredaran darah dan penyakit kanker. Kesadaran fungsi hati dan apa yang dapat menyebabkan penyakit hati dapat membantu Anda mempertahankan organ yang sangat penting ini.

Dampak buruk alkohol untuk hati

Seperti dikutip dari DNA pada 22/04/2014, jila Anda minum alkohol, terutama etanol, maka hati Anda bekerja sangat ekstra untuk mengubah etanol menjadi asam asetat. Etanol ini kemudian diubah menjadi bentuk yang disebut asetat kurang beracun, yang akhirnya dikeluarkan dari tubuh sebagai urin.

Kedengarannya cukup sederhana, bukan? Nah, semua ini mengubah air dalam jumlah besar racun, divertes hati dari fungsi utamanya seperti menyediakan glukosa. Glukosa sangat penting bagi otak Anda. Kekurangan glukosa atau hipoglikemia adalah salah satu alasan utama Anda menjadi mabuk, merasa lesu, telah menurunkan fungsi kognitif dan menderita mual, muntah, sakit kepala dan kelelahan setelah minum alkohol. Ini adalah efek jangka pendek dari alkohol.

Efek jangka panjang jauh lebih buruk. Selain makanan berlemak, konsumsi alkohol yang berlebihan adalah penyebab utama untuk semua penyakit hati. Lemak disimpan karena penyerapan alkohol menyebabkan penyakit hati berlemak dan menyebabkan peradangan hati yang menyebabkan hepatitis alkoholik (salah satu tahap pertama dari penyakit hati alkoholik), ini kemudian dapat berkembang menjadi fibrosis (penebalan menghubungkan jaringan) atau sirosis (penyakit hati kronis yang ditandai oleh degenerasi sel, peradangan dan fibrosis lanjut).

Meskipun hati adalah organ yang sangat tangguh (dapat berfungsi secara normal bahkan setelah kehilangan 70 % dari massanya), sirosis, merupakan lonceng kematian bagi hati. Ini menyebabkan shutdown dengan mencegah aliran darah akumulasi limbah dan racun dalam tubuh. Gejala sirosis biasanya hanya terlihat ketika telah berkembang ke stadium lanjut dan dapat terjadi baik secara simultan maupun secara bertahap. Pada saat itu sangat sedikit yang bisa dilakukan bagi pasien.

Dalam kasus kerusakan hati akut (karena obat, racun, virus hepatitis A, B atau E), mungkin ada demam dengan perubahan warna kekuningan dari sclera (bagian putih mata), kulit, dan urin. Dalam kebanyakan kasus ini mungkin membatasi diri. Dalam persentase kecil hal ini dapat berkembang menjadi gagal hati fulminan yang menyebabkan koma, pembekuan darah, gagal ginjal, infeksi sekunder, dan bahkan mungkin memerlukan transplantasi hati.

Dalam kasus kerusakan hati kronis (karena hepatitis B, C atau alkohol), gejala muncul lebih bertahap. Seseorang yang menderita kerusakan hati kronis kemungkinan besar akan mengalami gejala seperti jaundice (perubahan warna kekuningan atau kulit dan putih mata), pembengkakan terutama di kaki dan kaki karena tingkat protein yang rendah, pembesaran payudara yang dikenal sebagai gynecomastia (di Malea a), laba-laba kemerahan seperti perubahan warna (spider nevi) di bawah kulit terutama atas dada, akumulasi cairan (ascites) di perut memberikan penampilan protrusi, masalah dengan pembekuan darah, muntah darah atau darah dalam tinja, indera diubah dengan perubahan perilaku, kebingungan, pelupa, gejala lain yang berhubungan dengan otak juga dikenal sebagai ensefalopati hati dan bertahap memburuknya fungsi ginjal.

Tips menjaga organ hati supaya sehat

Diet dan hindari alkohol
Diet seimbang dengan kadar lemak rendah adalah hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan hati Anda. Alkohol sebaiknya dihindari. Jika Anda ingin minum, coba anggur merah atau putih. Ini membantu dalam mengatur tekanan darah Anda, meningkatkan aliran darah dan mengurangi peradangan. Namun jangan terlalu banyak.

Berolahraga
Olahraga tidak hanya membuat Anda lebih kuat, tetapi juga membantu tubuh Anda mengontrol jumlah kolesterol dan membuat Anda menurunkan berat badan sehingga secara tidak langsung melindungi hati.

Dapatkan vaksinasi
Hepatitis B, suatu kondisi yang mempengaruhi hati, dapat dicegah dengan vaksinasi. Tiga tembakan dari vaksin hepatitis B yang diambil selama tiga bulan dapat memberikan perlindungan jangka panjang terhadap penyakit yang ditakuti ini.

Makan makanan sehat dan bersih
Hepatitis A dan E yang diketahui menyebar dengan konsumsi makanan tak sehat. Kedua penyakit ini mempengaruhi hati menjadi buruk dan dapat menyebabkan beberapa komplikasi. Oleh karena itu, yang terbaik adalah Anda berpikir dua kali sebelum memiliki sisi jalan makanan atau air tanpa filter. Cara lain untuk menghindari infeksi adalah dengan merebus air yang Anda minum atau menggunakan filter yang baik.

Jangan sembarangan minum obat
Obat bebas seperti sirup obat batuk mungkin cocok untuk Anda, tetapi membeli obat tanpa resep dari dokter atau untuk jangka waktu yang panjang bisa sangat merugikan kesehatan hati Anda. Jika Anda sakit beli obat atas resep dari dokter.

Periksa kesehatan hati secara teratur
Mendapatkan pemeriksaan kesehatan secara teratur adalah cara terbaik untuk mencegah timbulnya penyakit. Selain membantu mendiagnosa penyakit pada tahap awal, juga membuat pengobatan jauh lebih mudah. Jika Anda bisa didiagnosa penyakit hati, tindak lanjut reguler yang jauh lebih penting karena ini adalah cara terbaik untuk menjaga hati Anda aman dari kerusakan lebih lanjut. Kerusakan yang dapat menjadi lebih parah jika diabaikan.

Terlepas dari semua ini, ada beberapa pengobatan rumah yang membantu hati Anda tetap sehat dan berfungsi lebih baik. Setiap hari seperti makanan amla atau gooseberry, jethimad atau licorice, amrith atau Guduchi, Haldi atau kunyit, biji rami dan beberapa sayuran, bila digunakan dengan tepat dapat melakukan banyak hal yang baik untuk hati Anda.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: