Apa Penyebab Insomnia?


Ilustrasi, foto: dailymail.co.uk

Ilustrasi, foto: dailymail.co.uk

Gangguan tidur atau insomnia bisa dialami oleh siapa saja, tak mengenal usia. Gangguan tidur yang sering dialami bisa karena psikologis. Kerjaan yang menumpuk mendekali dateline membuat beban psikologis sangat terganggu. Banyak masalah yang dihadapi membuat seseorang susah untuk melupakan masalahnya, sehingga berpengaruh pada gangguan tidur.

Insomnia umum adalah klasifikasi gangguan tidur di mana seseorang mengalami kesulitan tidur atau bangun terlalu dini. Gangguan ini juga dapat didefinisikan oleh rendahnya kualitas keseluruhan tidur. Spesialis tidur mungkin mencari penyebab yang mendasari, seperti kondisi medis atau masalah psikologis. Berikut adalah 11 klasifikasi insomnia, yang dikembangkan oleh American Academy of Sleep, seperi dikutip dari Health.com pada 30/03/2014 berikut ini.

Penyesuaian insomnia

Gangguan ini juga disebut insomnia akut atau insomnia jangka pendek, mengganggu tidur Anda dan biasanya berasal dari stres. Masalah tidur berakhir ketika sumber stres hilang atau ketika Anda beradaptasi dengan stres. Stres tidak selalu datang dari pengalaman negatif. Sesuatu yang positif dapat membuat Anda terlalu bersemangat untuk tidur nyenyak.

Insomnia perilaku masa kanak-kanak

Kondisi ini terjadi ketika anak-anak tidak pergi tidur tepat waktu kecuali orang tua atau pengasuh memberi pengantar tidur. Jika anak-anak yang dibuat untuk pergi tidur pada waktu yang ditentukan, maka mereka cenderung tertidur pada jam normal. Jika mereka tidak diberi waktu tidur yang ketat, maka mereka mungkin berlama-lama terjaga selama berjam-jam di malam hari.

Insomnia idiopatik

Insomnia idiopatik adalah gangguan tidur seumur hidup yang dimulai selama masa bayi atau masa kanak-kanak dan berlanjut sampai dewasa. Insomnia ini tidak dapat dijelaskan oleh sebab-sebab lain. Ini bukan hasil dari salah satu dari berikut.

– gangguan tidur lainnya
– masalah medis
– gangguan kejiwaan
– stres
– penggunaan obat
– perilaku lain

Ini mungkin hasil dari ketidakseimbangan dalam tubuh Anda, seperti sistem kebangkitan terlalu aktif dan atau sistem tidur kurang aktif, tetapi penyebab sebenarnya dari gangguan ini masih belum jelas.

Insomnia karena obat atau zat

Jenis insomnia secara langsung berkaitan dengan penggunaan salah satu bahan berikut:

– obat
– kafein
– alkohol
– makanan tertentu

Tidur Anda akan terganggu oleh penggunaan substansi tersebut. Jenis masalah tidur juga dapat terjadi ketika Anda berhenti menggunakan zat seperti disebutkan di atas.

Insomnia karena kondisi medis

Insomnia ini disebabkan oleh gangguan kesehatan mental. Keparahan insomnia secara langsung terkait dengan itu dari gangguan kesehatan mental, tetapi insomnia ini adalah fokus yang terpisah dari pengobatan. Insomnia ini adalah gangguan hanya jika cukup parah memerlukan perawatan yang terpisah.

Insomnia nonorganik, tidak ditentukan

Jenis insomnia menunjukkan bahwa zat yang dikenal dan penyebab fisik lain dari insomnia telah dikesampingkan. Ini berarti bahwa penyebab insomnia kemungkinan besar karena gangguan kesehatan mental yang mendasari, faktor psikologis, atau perilaku mengganggu tidur.

Nama ini juga dapat digunakan secara sementara sambil evaluasi lebih lanjut dan pengujian selesai. Ini adalah nama yang digunakan ketika seseorang dengan insomnia tidak memenuhi kriteria untuk jenis lain dari insomnia.

Insomnia organik, tidak ditentukan

Jenis insomnia ini disebabkan oleh gangguan medis, kondisi fisik, atau paparan zat. Tapi penyebab spesifik masih belum jelas. Pengujian lebih lanjut diperlukan untuk menemukan penyebab pasti. Nama jenis insomnia ini dapat digunakan secara sementara sambil evaluasi lebih lanjut dan pengujian selesai.

Insomnia paradoks

Insomnia paradoks adalah keluhan insomnia parah. Hal ini terjadi tanpa bukti obyektif dari gangguan tidur. Efek Daytime bervariasi dalam tingkat keparahan, tetapi mereka cenderung jauh lebih parah daripada yang diharapkan mengingat keluhan tidur diungkapkan.

Orang dengan gangguan ini sering melaporkan sedikit atau tidak tidur untuk satu malam atau lebih. Mereka juga menggambarkan memiliki kesadaran kuat dari lingkungan eksternal atau proses internal yang konsisten terjaga. Kesadaran ini menunjukkan keadaan hyperarousal. Fitur utama adalah terlalu tinggi dari waktu yang dibutuhkan mereka untuk tertidur. Mereka juga meremehkan total waktu tidur mereka.

Insomnia psychophysiological

Insomnia ini dikaitkan dengan kekhawatiran yang berlebihan, khusus difokuskan pada tidak bisa tidur. Insomnia mungkin mulai tiba-tiba menyusul peristiwa atau berkembang secara perlahan selama bertahun-tahun.

Orang dengan gangguan tidur ini terlalu khawatir tentang insomnia dan lelah pada hari berikutnya. Akibatnya, mereka menjadi tegang dan cemas sebagai pendekatan tidur. Mereka mungkin telah berpikiran yang semua berhubungan dengan insomnia dan mencoba untuk tertidur. Ketika mereka khawatir tentang h tertidur, mereka menjadi lebih tegang, yang membuatnya mungkin kurang tertidur.

———————————————————-
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: