Begini Tanda Jantung yang Sehat


Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Jantung adalah organ vital manusia. Jangtung berfungsi memompa darah ke seluruh bagian tubuh. Jantung bekerja selama nyawa masih berada dalam tubuh. Jantung bekerja selama 24 jam tiap hari tanpa henti. Jantung adalah organ tubuh yang paling sibuk diantara organ tubuh yang lain.

Karena vitalnya jantung, maka tanpa jantung tubuh tidak akan bisa hidup. Karena vitalnya jantung, maka seharusnya kita menjaganya supaya ia tetap sehat. Namun, karena kebiasaan-kebiasaan kita yang tidak baik membuat jantung menjadi tidak sehat dan sakit. Kebiasaan seperti mengkonsumsi alkohol, merokok, kurang berolahraga bisa membuat jantung menjadi tidak sehat. Selain itu, seringnya makan makanan yang berlemak juga tidak baik untuk kesehatan jantung.

Jantung yang sehat membuat seluruh tubuh menjadi sehat pula. Bagaimana tanda-tanda jantung kita sehat? Berikut penjelasannya, seperti dilansir Bold Sky (14/02/2014) berikut ini.

Banyak energi
Salah satu tanda-tanda awal masalah jantung adalah kelelahan kronis atau kelelahan. Jadi jika Anda penuh energi untuk pergi berpesta setelah seharian bekerja keras, jantung Anda sehat sempurna.

Detak jantung normal
Anda dapat memeriksa detak jantung Anda dengan merasakan denyut nadi Anda. Denyut jantung yang benar untuk orang yang sehat harus 72 denyut per menit. Detak jantung antara 70 sampai 80 denyut menunjukkan jantung sehat.

Pernapasan yang tetap
Orang-orang yang memiliki jantung yang lemah menderita pernapasan tidak merata. Jika Anda merasa napas terengah-engah setelah naik tangga, maka jantung Anda tidak cukup sehat.

Saraf yang kuat
Kemampuan untuk tetap tenang dalam situasi stres juga berarti jantung Anda kuat. Orang yang lemah jantung ditandai sering berkeringat ketika mereka stres.

Tekanan darah teratur
Anda harus menjaga tekanan darah Anda secara teratur supaya jantung tetap sehat. Tekanan darah yang sempurna akan adalah 120/80.

Tidak sesak di dada
Sebagian besar orang merasakan sesak atau sakit di dada mereka dari waktu ke waktu. Ini kadang-kadang dikategorikan sebagai serangan jantung intensitas rendah. Jika Anda tidak mengalami gejala ini maka jantung Anda sehat.

Tidak ada desiran
Ketika dokter memeriksa tanda-tanda jantung Anda, dia akan mendengar suara jantung Anda dengan stetoskop. Sebuah detak jantung yang stabil tanpa desiran adalah tanda kesehatan jantung yang baik.

Echocardiogram
Selalu jaga grafik echocardiograms Anda. Ketika Anda membandingkan keduanya, harus ada deviasi minimum untuk menunjukkan bahwa jantung Anda secara konsisten sehat.

Berat badan seimbang
Obesitas adalah salah satu penyebab utama dari masalah jantung. Jadi, jika berat badan Anda berlebihan maka Anda harus segera menurunkannya.

Tidak ada kolesterol tinggi
Anda harus memeriksa darah untuk kolesterol dan trigliserida dari waktu ke waktu, terutama ketika Anda melewati usia 30 tahun. Jika laporan darah Anda normal, Anda bisa bernapas bebas.

Tes stres
Tes stres adalah salah satu cara terbaik untuk mengetahui apakah jantung Anda berada di bawah tekanan. Anda harus melakukan tes ini setiap tahun setelah Anda memasuki usia 30 tahun.

Aktivitas fisik
Kemampuan untuk melakukan aktivitas fisik adalah salah satu tanda-tanda jantung sehat. Jika Anda bisa bermain tenis meja tanpa sakit apapun, jantung maka Anda tidak perlu khawatir.

Supaya jantung tetap sehat harus selalu menjaga hidup sehat. Makanan rendah lemah, banyak vitamin dan serat, berolah raga secara teratur, tidak mengkonsumsi alkohol, dan tidak merokok adalah cara supaya jantung tetap sehat.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: