Manfaat Kembang Sepatu Untuk Kesehatan


Foto: Wikipedia

Foto: Wikipedia

Bunga atau kembang sepatu sangat cantik bila ditanam di halaman rumah. Warnanya yang merah cerah membuat bunga dengan nama ilmiah Hibiscus rosa-sinensis ini sangat cocok ditanam di daerah yang cukup disinari matahari.

Sumber dari Wikipedia menyebutkan bahwa bunga sepatu terdiri dari 5 helai daun kelopak yang dilindungi oleh kelopak tambahan (epicalyx) sehingga terlihat seperti dua lapis kelopak bunga. Mahkota bunga terdiri dari 5 lembar atau lebih jika merupakan hibrida. Tangkai putik berbentuk silinder panjang dikelilingi tangkai sari berbentuk oval yang bertaburan serbuk sari. Biji terdapat di dalam buah berbentuk kapsul berbilik lima.

Pada umumnya tinggi tanaman sekitar 2 sampai 5 meter. Daun berbentuk bulat telur yang lebar atau bulat telur yang sempit dengan ujung daun yang meruncing. Di daerah tropis atau di rumah kaca tanaman berbunga sepanjang tahun, sedangkan di daerah subtropis berbunga mulai dari musim panas hingga musim gugur.

Bunga berbentuk terompet dengan diameter bunga sekitar 6 cm. hingga 20 cm. Putik (pistillum) menjulur ke luar dari dasar bunga. Bunga bisa mekar menghadap ke atas, ke bawah, atau menghadap ke samping. Pada umumnya, tanaman bersifat steril dan tidak menghasilkan buah. Tanaman berkembang biak dengan cara stek, pencangkokan, dan penempelan.

Banyak yang kurang mengetahui manfaat bunga sepatu selain sebagai tanaman hias. Berikut ini manfaat bunga sepatu, khususnya bagi kesehatan, seperti dilansir Bold Sky (11/02/2014).

Menghilangkan racun
Daun kembang sepatu kaya akan antioksidan yang dapat membersihkan tubuh Anda dari racun berbahaya dan tidak diinginkan. Manfaat kesehatan kembang sepatu ini dapat diperoleh dengan minum secangkir teh kembang sepatu setiap hari. Teh kembang sepatu ini dibuat dengan menggunakan daun kembang sepatu atau bunganya. Teh memiliki antioksidan yang melawan penyakit seperti kanker, membantu menurunkan berat badan dan menurunkan kolesterol.

Pembersih kulit
Hibiscus adalah pembersih kulit yang baik. Menggosok daun kembang sepatu di wajah dan leher bekerja dengan baik untuk mengangkat sel kulit mati, komedo dan whiteheads. Minyak kembang sepatu yang terbuat dari daun kembang sepatu membantu membuat kulit halus, lembut dan juga mengobati kulit kering dan kasar. Bunga sepatu memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu dalam menyembuhkan jerawat. Kembang sepatu memiliki sifat anti-penuaan yang membantu untuk memperlambat proses penuaan kulit.

Menurunkan berat badan
Sebagaimana disebutkan di atas, kembang sepatu memiliki antioksidan yang membantu menghilangkan racun yang tidak diinginkan. Hal ini membantu menghilangkan lemak yang tidak perlu dan kalori terakumulasi dalam tubuh, sehingga mengurangi berat badan. Minum secangkir teh kembang sepatu setiap hari meningkatkan metabolisme tubuh Anda. Peningkatan metabolisme juga mengurangi penurunan berat badan. Dengan demikian, kembang sepatu baik untuk menurunkan berat badan dan menjaga kebugaran tubuh.

Mengatur suasana hati
Hibiscus dapat membantu mengatur generasi hormon. Selama periode menstruasi, wanita mengalami banyak perubahan hormonal yang dapat membuat mereka emosi. Untuk menyeimbangkan hormon ini, teh kembang sepatu dapat mengatasinya. Kembang sepatu menenangkan secara instan dan spontan sehingga emosi turun. Teh kembang sepatu adalah obat yang baik untuk Premenstrual Syndrome.

Penambah energi
Teh kembang sepatu meningkatkan energi tubuh. Kembang sepatu mengembalikan hidrat tubuh yang selanjutnya membantu dalam revitalisasi tubuh kita. Singkatnya, secangkir teh kembang sepatu dapat membebaskan Anda dari stres dan ketegangan yang mengalir ke segala energi dari tubuh Anda.

Meredakan flu
Manfaat kesehatan lain dari daun kembang sepatu adalah bahwa meredakan flu. Pilek memang sangat mengganggu aktivitas. Teh kembang sepatu atau ekstrak kembang sepatu dapat membantu meredakan batuk dan pilek. Kembang sepatu juga kaya vitamin C yang membantu untuk melawan virus yang menyebabkan pilek. Oleh karena itu, daun kembang sepatu adalah tonik yang baik untuk flu, batuk, sakit tenggorokan dan sakit kepala ringan.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: