10 Universitas Tertua Dunia


Belajar memang tiada batasnya. Ada pepatah mengatakan ‘carilah ilmu sampai ke negeri Cina’. Pepatah tersebut memang pantas diucapkan bagi mereka yang ingin menuntut ilmu setinggi-tingginya. Tak terbatas pada tempat dan usia. Tak hanya di dalam negeri saja menuntut ilmu, meskipun di negeri orang ilmu harus dicari demi masa depan yang lebih baik.

Pendidikan tinggi setelah sekolah lanjutan adalah di universitas. Salah satu universitas di dunia yang tergolong tua adalah University of Bologna. Universitas ini sudah berusia sekitar 926 tahun, bahkan mungkin lebih. Selain University of Bologna, terdapat universitas-universitas tua yang lain. Berikut 10 universitas tertua, seperti dikutip The Richest (20/02/2014).

10. University of Coimbra: 1290

Foto: The Richest

Foto: The Richest

Awalnya didirikan di Lisbon oleh Raja Dinis pada tahun 1290. Universitas ini cepat pindah ke kota Coimbra dekat pantai Portugal. Namun, ini belum final dan selama beberapa ratus tahun ke depan universitas akan dipindahkan bolak-balik antara Coimbra dan Lisbon sesuai keinginan berbagai raja-raja Portugal.

Universitas baru-baru ini ditambahkan ke UNESCO pada World Heritage Program, dan untuk alasan yang baik, seperti yang Anda lihat pada gambar di atas, kampus universitas memiliki halaman terbuka besar, tetapi apa yang tidak terlihat adalah pemandangan terlihat dari bangunan-bangunan bersejarah tersebut.

9. University of Macerata: 1290

Foto: The Richest

Foto: The Richest

Mahasiswa yang belajar mata pelajaran tertentu di University of Macerata akan menikmati perasaan yang diajarkan dalam pusat universitas tua, dalam dinding-dinding abad pertengahan kuno. Bagi kita saat ini menikmati kondisi Arktik atau air yang mencuci seluruh Amerika dan Eropa Barat, pikiran belajar di kota bukit di Italia tengah dengan sepanjang tahun iklim Mediterania .

8. University of Valladolid: 1241

Foto: The Richest

Foto: The Richest

University of Valladolid terletak di utara Madrid, di wilayah Castile-Leon di Spanyol. Fasad abad pertengahan digambarkan di atas adalah penggambaran agak menyesatkan universitas, karena menyamarkan bangunan yang lebih modern di balik itu yang menggantikan arsitektur abad kelima belas.

Universitas ini sekarang memiliki populasi besar, dengan lebih dari 32.000 mahasiswa dan dosen 2000. Meskipun universitas asli tetap unggulan, kini menyebar ke empat kampus terpisah di kota yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa. Bagi mereka yang tertarik belajar bahasa Spanyol, universitas telah bertindak sebagai magnet bagi mahasiswa internasional yang ingin meningkatkan kemampuan bahasa mereka sejak tahun 1940, ketika Valladolid mulai menawarkan kelas untuk orang asing.

7. University of Siena: 1240

Foto: The Richest

Foto: The Richest

Pada tahun 2006, mahasiswa dari University of Siena terdiri dari 20.000 orang, yang hampir setengah dari penduduk kota Italia yang indah di mana mereka berada. Universitas ini adalah salah satu dari beberapa kursi belajar yang dapat mengklaim pengakuan kepausan, yang menerima lebih dari 700 tahun yang lalu. Pada 1240 IV Posting Innocent menyerukan pajak pada semua warga Siena yang menyewa kamar kepada siswa, hasil dari yang pergi untuk membayar gaji dosen. Hal ini membuat universitas contoh awal dari sebuah lembaga yang didanai publik yang belajar di Italia.

6. University of Naples Federico II: 1224

Foto: nonprofitcollegesonline.com

Foto: nonprofitcollegesonline.com

Universitas ini, terletak di selatan Italia dinamai pendirinya, Frederick II kaisar dari Kekaisaran Romawi Suci. Universitas ini pada awalnya dimaksudkan untuk melatih kekaisaran “Kuria regis” (kementerian dan aparat pemerintahan), seperti hakim, birokrat, dan pengacara. Frederick juga berharap bahwa universitas akan memfasilitasi pengembangan budaya siswa muda tanpa mereka harus melakukan perjalanan ke kota musuh Bologna.

Selama 790 tahun terakhir universitas telah diikuti dari awal yang tinggi, menghasilkan aliran konstan politisi, insinyur, filsuf, dan anggota parlemen untuk melayani Italia.

5. University of Padua: 1222 (mungkin lebih tua)

Foto: The Richest

Foto: The Richest

Meskipun Padua hanya universitas tertua kedua di Italia, itu konsisten peringkat tertinggi di negara ini, dan sebagai akibat tujuan sebagian besar mahasiswa internasional mengunjungi Italia. Pada waktu tertentu universitas memiliki 65.000 mahasiswa, yang dapat memilih dari berbagai pilihan yang lebih luas daripada dua program awalnya ditawarkan di 1222 yaitu Teologi dan Hukum. Universitas modern sekarang telah menyebar di seluruh kota Padua, dan juga memiliki basis di seluruh bagian utara Italia.

4. University of Salamanca: 1218

Foto: The Richest

Foto: The Richest

Selama 300 tahun setelah berdirinya University of Salamanca itu adalah salah satu yang terbaik di Eropa, peringkat bersama Oxford dan Sorbonne, tapi sejak saat itu telah menurun di peringkat dunia. Seperti Oxford dan Cambridge Universitas terdiri dari sejumlah perguruan tinggi yang lebih kecil, yang awalnya didirikan untuk memungkinkan siswa miskin untuk belajar, namun untuk waktu yang lama perguruan tinggi ini dijalankan oleh serangkaian keluarga besar Spanyol sebelum mereka sebagian besar hancur oleh Napoleon. Para alumni yang paling menonjol dari universitas adalah Cervantes, penulis Don Quixote, yang ini bisa dibilang novel yang pertama.

3. University of Cambridge: 1209

Foto: The Richest

Foto: The Richest

Didirikan kembali pada awal abad ketiga belas, Cambridge adalah universitas tertua kedua di dunia berbahasa Inggris. Awalnya dibentuk oleh sekelompok pemuka agama yang meninggalkan Oxford setelah perselisihan dengan masyarakat setempat. Sekarang terbentuk dari 31 perguruan tinggi.

Universitas menawarkan banyak alumni terkenal termasuk Isaac Newton, Stephen Hawking dan Alex Turing, dengan penemuan atau pengembangan berbagai kemajuan matematika dan ilmiah seperti gravitasi dan komputer pertama.

2. University of Oxford: 1167

Foto: The Richest

Foto: The Richest

Dalam persaingan besar antara Cambridge dan Oxford, Oxford setidaknya memenangkan pertempuran waktu. Universitas tertua di Inggris tidak diketahui secara pasti berdirinya, meskipun terdapat catatan tertulis pada 1096. Namun diketahui bahwa ada pertumbuhan yang besar mahasiswa dari 1167 dan jadi ini adalah tahun yang biasanya dipilih. Seperti Cambridge, universitas terdiri dari lebih dari empat puluh perguruan tinggi, masing-masing ada sebagai unit otonom.

Setiap tahun terdiri dari tiga istilah singkat selama mahasiswa mengikuti tutorial di perguruan tinggi, dan kuliah di lokasi departemen terpusat. Seperti kebanyakan perguruan tinggi Amerika, sebagian besar mahasiswa adalah antara berumur 18 dan 22 tahun, namun tidak ada batasan usia konkret bagi mahasiswa, dan sebagai hasilnya ada beberapa kasus terkenal wisuda pada usia 12 dan 13 tahun.

1. University of Bologna: 1088

Foto: The Richest

Foto: The Richest

Sejarah berdirinya universitas tertua di dunia yang menarik adalah universitas pertama kali muncul dalam bentuk kelompok-kelompok mahasiswa asing yang disebut ‘bangsa’. Ini mahasiswa asing terjebak bersama-sama untuk menghindari hukuman atas kejahatan negara mereka, yang pada saat itu adalah ancaman yang layak. Akhirnya, kelompok-kelompok ‘bangsa’ mulai terbentuk bersama-sama untuk menciptakan sebuah ‘universitas’, yang mampu melindungi mereka dari bahaya yang lebih besar.

Meskipun alumni Bologna termasuk tiga Paus, dan karya penulis terkenal Umberto Eco di universitas, Bologna telah gagal untuk tetap di puncak peringkat dunia modern seperti Oxford dan Cambridge, dan saat ini menempatkan sekitar 176 di Tingkatan QS. Ini akan muncul bahwa usia tidak menjamin kualitas, dan bahwa dibutuhkan lebih dari sekedar seribu tahun mengajar untuk menghasilkan sebuah universitas top.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

4 responses

  1. wihhh keren ya msih bisa berdiri kokoh (y)

  2. kalo di oindonesia apa saja gan?
    terimakasih 😉

    1. Seperti UGM, UI, ITB, dll.

  3. indonesia mah ga ada ya gan?
    makasih 😀

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: