Begini Tanda-tanda Refluks Asam


Ilustrasi, foto: info.dhcla.com

Ilustrasi, foto: info.dhcla.com

Anda pernah mengalami peristiwa dimana Anda rasanya mual dan ingin muntah? Isi perut seperti mau keluar, dan rasanya tidak nyaman? Bila terjadi demikian, mungkin Anda terkena yang namanya refluks asam.

Refluks asam (acid reflux) adalah gangguan di mana asam di lambung terdorong ke kerongkongan, karena katup yang memisahkan perut dan kerongkongan tidak berfungsi dengan baik. Refluks asam sangat mengganggu, apa lagi jika Anda pada saat harus beraktivitas banyak dan harus berhadapan dengan rekan dan relasi kerja Anda.

Kadang-kadang gejala refluks asam tidak jelas. Jika tidak diobati, dapat menyebabkan mulas Barrett esophagus, yang merupakan penyebab kanker, kata Timothy Pfanner, MD, asisten profesor penyakit dalam di Texas A & M Health Science Center College of Medicine, di College Station seperti yang saya kutip dari Health pada 10/02/2014.

Berikut adalah beberapa gejala umum dari refluks asam.

Nyeri dada

Nyeri dada yang terjadi karena asam lambung adalah percikan ke kerongkongan, ini gejala klasik dariasam refluks. Tapi rasa sakit dapat bertahan lebih lama dan lebih intens dari yang diharapkan. Banyak orang mengira sakit maag atau serangan jantung. Anda tidak dapat mengabaikan nyeri dada, terutama jika itu akan lebih buruk ketika Anda berolahraga atau memaksakan diri.
Jika Anda mengalami nyeri dada, periksa dengan dokter Anda untuk memastikan Anda tidak terkena serangan jantung, kata Walter J. Coyle, MD, gastroenterologist dengan Scripps Clinic Torrey Pines di La Jolla, California.

Nyeri memburuk saat istirahat

Asam yang seharusnya berada di perut Anda kemudian keluar ke kerongkongan Anda ketika Anda berbaring atau membungkuk, menyebabkan mulas.

“Jika Anda duduk tegak, gravitasi membantu menjaga makanan di perut,” kata Dr Coyle. “Jika Anda kehilangan gravitasi, Anda lebih rentan terhadap refluks.”

Itu sebabnya orang-orang dengan sakit maag kronis menaikkan kepala tempat tidur mereka, dan mengapa mereka tidak boleh makan makanan besar tepat sebelum tidur.

Nyeri pasca makan

Nyeri yang menentukan di sebelah kanan setelah makan terutama makan besar sering berarti perut kelebihan beban dan isinya tidak punya tempat. Tapi Anda mungkin dapat mencegah hal ini tanpa minum obat.

“Saya akan menekankan untuk tidak makan besar, makanan berlemak dan minum alkohol,” kata Dr Coyle, yang merupakan juru bicara American College of Gastroenterology. Dan itu alasan lain untuk tidak berbaring setelah makan.

Rasa pahit

Terkadang asam keluar dari perut Anda dapat membuat jalan ke bagian belakang tenggorokan Anda, meninggalkan menjijikkan, rasa pahit di mulut Anda. Dalam kasus yang benar-benar ekstrim, ini dapat menyebabkan tersedak.

Jika itu terjadi terutama pada malam hari, Anda harus ke dokter. “Saya sangat agresif dengan terapi jika pasien bangun tersedak,” kata Dr Coyle, menambahkan bahwa ia biasanya merekomendasikan obat penekan asam seperti proton pump inhibitor, H2 blocker, dan antasida. (Dr Coyle adalah Speakers Bureau for Takeda Pharmaceuticals, yang memasarkan proton pump inhibitors).

Suara serak

Anda mungkin berpikir Anda berada di tahap awal dingin ketika suara Anda mulai retak, tapi suara serak bisa menjadi gejala mulas lain.

Jika asam lambung merembes ke kerongkongan Anda dapat mengiritasi pita suara Anda, juga pencernakan kata Dr Pfanner. Perhatikan ketika suara Anda terdengar lebih serak dari biasanya. Jika setelah Anda sudah makan, Anda mungkin memiliki refluks asam.

Sakit tenggorokan

Sakit tenggorokan adalah gejala pilek atau flu klasik lain yang mungkin disebabkan oleh masalah pencernaan. Jika tenggorokan Anda cenderung terasa sakit setelah makan, Anda mungkin memiliki sakit maag. Berbeda dengan pilek atau flu, namun jenis sakit tenggorokan bisa juga menjadi kronis. Jika Anda tidak mengalami gejala lain, seperti terisak atau bersin, pertimbangkan mungkin ini refluks asam.

Batuk

Banyak gejala pernapasan, seperti batuk kronis dan mengi, juga dapat disebabkan oleh mulas, mungkin karena asam lambung yang masuk ke paru-paru Anda.

Jika Anda menduga detak jantung adalah akar dari kesulitan bernapas Anda mungkin karena terjadi segera setelah makan, Anda mungkin harus ke dokter untuk tes pH. Tes ini merupakan prosedur rawat jalan yang mengukur jumlah asam di kerongkongan Anda selama periode 24 jam dan dapat membantu menentukan apakah Anda memiliki refluks asam.

Asma

Batuk dan mengi dari sakit maag bisa menjadi buruk karena sebagai pemicu asma.

Tidak jelas, namun jika mulas sering ini bisa berkembang menjadi asma. Meskipun banyak orang yang memiliki sakit maag juga memiliki asma dan sebaliknya, alasan tumpang tindih ini tidak jelas.

Para ahli berpikir asam lambung dapat memicu saraf di dada tabung pernapasan Anda menyempit untuk menjaga asam masuk. Sekali lagi, tes pH sederhana untuk mencari asam di kerongkongan Anda dapat membantu Anda mendapatkan ke dasar masalah.

Mual

Mual berhubungan dengan begitu banyak hal yang akan sulit untuk menghubungkannya dengan refluks. Tapi, kata Dr Coyle, “pada beberapa orang, satu-satunya manifestasi yang mereka miliki refluks adalah mual. Jika Anda mengalami mual dan tidak tahu mengapa, salah satu hal untuk pikirkan adalah refluks.”

Dan jika mual cenderung untuk datang tepat setelah makan, yang bahkan lebih dari indikasi bahwa mungkin refluks asam. Jika demikian, pengobatan antasida rutin bisa mengurangi ketidaknyamanan Anda.

Air liur berlebihan

Jika mulut Anda tiba-tiba memproduksi air liur secara berlebihan, bisa jadi ini gejala dari refluks asam.
Ini melibatkan saraf yang sama dan refleks seperti ketika Anda muntah.

Kesulitan menelan

“Seiring waktu, siklus terus menerus kerusakan dan penyembuhan setelah refluks asam menyebabkan jaringan parut”, kata Dr Pfanner. Hal ini pada gilirannya menyebabkan pembengkakan pada jaringan bawah kerongkongan, yang mengakibatkan penyempitan kerongkongan dan kesulitan menelan.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: