Gejala Kerusakan Hati yang Perlu Diwaspadai


Foto: webmd.com

Foto: webmd.com

Hati seharusnya melakukan sekitar 500 fungsi dalam tubuh. Beberapa fungsi utama hati adalah produksi empedu yang membantu dalam proses pencernaan, produksi beberapa protein penting, mengatur hemoglobin dalam darah, darah memurnikan dan menghilangkan racun dari darah. Hati menghapus semua bahan beracun dari darah dan mengeluarkan dari tubuh melalui empedu.

Gaya hidup yang tidak sehat seperti merokok, konsumsi alkohol, dan obesitas adalah beberapa penyebab dari kerusakan hati. Penyakit hati atau kerusakan hati dianalisis oleh dokter setelah memeriksa pasien secara fisik. Ada gejala tertentu dari kerusakan hati yang diperiksa.

Berikut ini gejala kerusakan hati seperti dilansir Bold Sky (31/01/2014).

Kuning
Satu gejala yang menonjol dari kerusakan hati adalah warna kuning pada mata, kulit dan kuku. Semakin menonjol adalah warna kuning urin. Warna kuning pada dasarnya disebabkan oleh kelebihan produksi empedu. Produksi empedu bisa lebih tinggi karena peradangan, kelainan pada sel-sel hati dan masalah dengan saluran empedu. Anda harus segera ke dokter setelah ada tanda warna kuning dalam tubuh Anda pada mata atau urine.

Mual
Gejala lain dari kerusakan hati adalah sering mual dan muntah. Kelebihan produksi empedu karena kerusakan hati atau gagal hati dapat menyebabkan rasa mual. Kadang-kadang, dalam kasus yang jarang muntah dapat disertai dengan darah. Ketika sakit berulang mulai muncul, segera pergi ke dokter segera. Kerusakan hati adalah masalah serius.

Perut bengkak
Gejala utama gangguan hati yang tak bisa dihindari adalah perut bengkak. Dalam kondisi ini, perut membengkak karena terhambat kerja hati. Perut menjadi kaku dan membengkak. Gejala ini muncul setelah gangguan besar dalam hati berlangsung. Jangan pernah mengabaikan kondisi ini karena sudah kritis pada tahap ini.

Mengantuk
Gagal hati atau gangguan fungsi hati dapat menyebabkan kantuk pada pasien. Pasien tidak merespon dengan baik dan akan selalu merasa pusing. Gejala ini bersama dengan gejala lain yang disebutkan di atas dapat mengkonfirmasi kerusakan parah pada hati. Jangan anggap gejala ini dari kerusakan hati ringan. Seorang pasien dengan kerusakan hati akan mengantuk sepanjang waktu.

Gangguan mental
Gejala ini muncul ketika hati akan rusak secara kritis. Fungsi otak mulai terpengaruh karena gangguan hati. Otak tidak merespon dengan cepat dan pasien selalu dalam keadaan kebingungan. Ini adalah salah satu gejala yang parah dari kerusakan hati. Pasien harus segera diberi perhatian medis setelah gangguan mental dimulai. Gejala ini bisa berakibat fatal bagi pasien.

Koma
Gejala terakhir atau gejala terburuk dari kerusakan hati adalah koma. Pasien segera masuk ke koma jika gejala di atas diabaikan atau tidak ditangani.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: