10 Hal Ini Sebaiknya Dihindari Penderita Asma


ilustrasi, foto: astma.rs

ilustrasi, foto: astma.rs

Asma adalah penyakit yang disebabkan karena terganggunya saluran pernapasan. Orang yang menderita asma merasakan susahnya bernafas atau sesak napas karena suatu hal. Udara dingin biasanya bisa memicu serangan asma. Selain itu, makanan tertentu yang mengandung bahan pengawet makanan yang tidak bisa diterima oleh tubuh juga bisa menimbulkan penderita asma kambuh.

Penderita asma memiliki saluran pernapasan yang sangat sensitif. Saluran nafas akan menyempit jika terjadi iritasi, ini akan berdampak pada sulitnya keluar masuknya udara. Gejala asma bisa berupa bersin, batuk, napas pendek, dan sesak di dada.

Asma adalah salah satu penyakit yang belum ada obatnya. Namun, ada sejumlah cara di mana Anda dapat mencegah penyakit kronis ini dari dengan mengendalikannya dari hidup Anda. Cara mengendalikan asma terbaik adalah menghindari penyebab serangan asma. Berikut ini 10 hal yang sebaiknya dihindari oleh penderita asma, seperti dilansir Bold Sky (21/01/2014).

1. Bunga
Serbuk sari dari bunga adalah salah satu hal yang memicu asma. Serbuk sari yang ada di udara yang tersedot oleh manusia dan dengan demikian menyebabkan masalah pernapasan. Jadi, jika Anda atau anggota keluarga menderita penyakit ini yang terbaik adalah untuk menghindari menjaga tanaman bunga dalam ruangan.

2. Kecoak
Apakah Anda tahu bahwa kotoran dan bagian-bagian tubuh kecoa akan memicu asma? Menurut penelitian, kecoa membawa banyak kuman yang tidak baik untuk penderita asma.

3. Hewan berbulu
Hewan peliharaan berbulu adalah masalah bagi penderita asma. Hewan peliharaan seperti kucing adalah salah satu pemicu asma utama. Serpihan bulu dan bahkan air liur hewan peliharaan akan menyebabkan saluran udara Anda membengkak.

4. Asap dan debu
Asap dan debu merupakan salah satu pemicu asma yang paling berbahaya. Jika Anda adalah seorang penderita asma, tutup hidung Anda setiap kali Anda melangkah keluar dari rumah jikia terdapat asap. Ini adalah cara terbaik untuk menghindari serangan asma.

5. Rokok
Ini adalah salah satu hal yang paling penting untuk dihindari untuk mencegah serangan asma. Asap rokok membuat saluran udara pada penderita menyempit dan ini pada gilirannya memicu serangan asma, membuat Anda terengah-engah.

6. Cuaca
Perubahan cuaca yang mendadak tidak dapat dihindari, namun tindakan pencegahan dapat diambil untuk menghindari serangan asma. Tutup tenggorokan, hidung dan mulut dengan baik sebelum melangkah keluar rumah. Tetap lindungi tubuh selama kondisi cuaca ekstrim.

7. Alergi makanan
Makanan tertentu seperti kedelai, kacang tanah dan udang dapat memicu serangan asma. Jika Anda rentan untuk mendapatkan serangan setelah mengkonsumsi salah satu makanan ini, yang terbaik adalah menghindarinya.

8. Emosi
Ya, emosi memainkan peran utama dalam menyebabkan serangan asma. Karena banyak stres, individu akan gelisah dan sesak napas.

9. Jamur
Jamur pada tanaman dan bahkan di rumah Anda adalah pemicu asma. Jika Anda memiliki tanaman indoor di rumah, pastikan Anda memungkinkan banyak sinar matahari dengan membuka jendela pada siang hari. Jamur dapat menyebabkan kelembaban yang mempengaruhi penderita asma.

10. Parfum
Parfum yang kuat merupakan salah satu penyebab utama pemicu asma. Bau parfum yang kuat akan membuat saluran udara membengkak, sehingga sulit untuk bernapas.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: