Outbound di Ledok Sambi Kaki Gunung Merapi, Stres Jadi Hilang


ob (foto sblm outbound)Bagi Anda traveler, jangan hanya berkunjung ke resort yang mewah saja. Coba berkunjung ke tempat pedesaan, alam pegunungan yang sejuk dan tentunya tidak bisa dijumpai di resort mewah. Salah satunya adalah ke Desa Ledok Sambi, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (Jogja). Dari arah Jogja Anda harus mengambil Jl. Kaliurang, pada KM 19, begitu ada petunjuk ke Desa Ledok Sambi ke kanan dan ikuti petunjuknya.

Ada apa di Desa Ledok Sambi ini? Sepintas seperti desa-desa lain yang ada di Jawa, namun ada yang lain di desa ini. Salah satu yang membuat saya dan teman teman sekantor saya tertarik untuk ke desa ini adalah karena di desa ini ada arena outbound. Mungkin Anda berpikir, paling outbound seperti di tempat yang lainnya. Beda dong. Di sini outbound memang di pedesaan, namun yang membedakan adalah di dekat gunung Merapi, di kaki gunung Merapi. Suasana outbound di bantaran Kali Kuning, salah satu sungai yang dialiri oleh lahar saat Merapi erupsi.

Arena wisata alam outbound di Desa Ledok Sambi ini sudah ada sejak tahun 2003. Namun, berhenti sejak erupsi Gunung Merapi 26 Oktober 2010 selama sekitar setahun. Kini Ledok Sambi sudah bisa digunakan untuk arena outbound lagi.

Outbound apa saja yang ada di Ledok Sambi ini? Anda bisa mencoba berbagai permainan yang menantang adrenalin Anda, seperti flying fox, flying bamboo, nitro cross, acid pond, dan kayak. Pokoknya dijamin seru banget.

Jika Anda ke sini, sebaiknya rombongan, itu lebih baik,karena outbound di sini lebih baik dilakukan secara berkelompok. Kelompok dibagi dua, jadi nanti kedua kelompok berkompetisi untuk menjadi pemenang.

Saya dan teman-teman kantor saya sejumlah 32 orang ke Ledok Sambi untuk outbound. Di kantor tempat saya bekerja tiap akhir tahun mengadakan wisata, dan biasanya yang dituju adalah wisata dengan nuansa alam pedesaan, seperti di Desa Ledok Sambi ini.

Tiba di lokasi kami disambut dengan ramah oleh pemandu yang semuanya anak muda. Kami disuruh ke rumah yang bernuansa rumah tradisional pedesaan ala Jogja. Barang bawaan kami ditarur di tempat yang telah disediakan terus kami ke area istirahat. Sambil istirahat, kami disajikan makanan ringan khas pedesaan. Kacang rebus dan pisang goreng, dan tak lupa minuman khas di desa adalah teh manis dengan aroma melati yang sungguh nikmat.

Jika Anda tidak membawa kamera, jangan khawatir. Pelayanan di sini sangat memuaskan. Tarif per orang 150 ribu rupiah sudah termasuk dokumentasi. Tiap orang juga mendapatkan caping gratis. Pada saat kegiatan tiap orang akan difoto. Setelah pulang, diberikan soft kopinya.

Aneka Permainan Sebelum Outbound
ob (permainan sblm outbound)
Sekitar 20 menit kami istirahat terus kami dibawa ke sebuah lapangan kecil. Di sini kami diajak bermain permainan yang sungguh tidak kami duga. Sangat menyenangkan, mengingatkan kami pada pramuka waktu masih sekolah dulu. Tidak ada istilah siapa yang jadi bos dan siapa yang jadi bawahan. Pada permainan ini antara pimpinan kantor sampai karyawan bagian kebersihan sama derajatnya.

Salah satu tujuan dari permainan ini adalah untuk meningkatkan solidaritas anatar karyawan di tempat kerja kami. Menjalin hubungan kerja sama yang baik anatara atasan dan bawahan. Tidak ada istilah menang dan kalah, yang jelah kebersamaan, kegembiraan, dan kekompakan dalam satu tim itulah yang menang.

Permainan seperti membentuk kelompak seperti dansa untuk dua orang, tiga orang, empat orang, sampai lima orang. Pemandu memberikan kode-kode tertentu unuk pergantian kelompok atau pasangan. Jika pada saat harus berpasangan dan tidak mendapatkan pasangan, maka akan mendapatkan hukuman. Hukumannya adalah di pipi ditempel koyo ala Ledok Sambi. Siapa yang banyak koyo di pipinya, maka dia adalah yang paling banyak hukuman karena tidak mendapatkan pasangan pada saat permainan. Pimpinan kantor kami mendapatkan satu koyo, begitu juga dengan saya mendapatkan satu koyo. Sementara teman saya Astu mendapatkan empat koyo, karena sebanyak empat kali hukuman.

Ke tempat outbound lewat Kali kuning

Ke tempat outbound lewat Kali kuning


Permainan sebelum ke arena outbound tersebut selama sekitar 45 menit, kemudian kami diajak pemandu untuk turun ke Kali Kuning. Ternyata arena outbound ada di bantaran Kali Kuning ini. Kami harus turun ke kali dengan menuruni anak tangga yang terjal. Namun, begitu sampai di Kali Kuning, pemandangan sungguh luar biasa, hutan yang dan sawah yang hijau, air sungai jernih mengalir.

Permainan Outbound

Flying fox

Flying fox

Kami tadi sudah dibagi menjadi dua kelompok dan masing-masing kelompok disuruh untuk memilih sendiri ketuanya. Masing-masing kelompok harus membuat yel-yel sendiri untuk semangat kami. Tiap akan melakukan kegiatan, maka kami harus menyerukan yel-yel tadi. Outbound pertama kelompok 1 flying fox dan kelompok 2 flying bamboo.
Flying bamboo

Flying bamboo


Beberapa teman saya takut melakukan flying fox, namun seyelah diberi pengarahan dari pemandu akhirnya yang semula takut menjadi berani. Pemandu juga memastikan keamannya karena standar keamanan sangat diperhatikan. Flying fox melintas menyeberangi Kali Kuning dari arah utara ke selatan dan berganti arena dari arah selatan ke arah utara. Jadi tiap peserta melakukan flying fox dua kali dengan arena yang berbeda.

Begitu juga dengan flying bamboo, ada juga yang takut untuk melakukannya. Yang membuat takut jika jatuh, karena tidak ada perlengkapan keamanan. Karena jika jatuh maka akan tercebur ke dalam kolam lumpur yang ada di bawahnya. Tapi jangan khawatir karena tidak sakit kok, malah enak, hanya saja pakaian basah dan berlumpur. Permainan flying bamboo adalah permainan dimana peserta harus memeluk bamboo yang menggantung dan terbang. Untuk permainan flying bambu ini ada satu anggota kelompok 1 dan kelompok 2 yang tercebur ke kolam lumpur.

Nitro cross

Nitro cross


Selesai permainan flying fox dan flying bamboo, kami menajutkan permainan berikutnya, yaitu nitro cross. Ada dua arena nitro cross untuk kelompok 1 dan 2. Cara bermain nitro cross adalah berdasarkan kekompakan anggota kelompok. Pada sebuah kolam lumpur terdapat bambu yang dibuat seperti jalan kemudian tiap anggota kelompok harus jalan di atas bambu tersebut. Jika tidak hati-hati, maka akan tercebur ke dalam kolam lumpur. Sebelum finish, tiap anggota harus melewati rintangan dengan melompati kolam air. Cara melewati kolam ini dengan meloncat dengan tali seperti Tarzan. Sebelum ada anggota kelompok yang ke tempat finish, maka semua kelompok harus sudah berada di papan bambu. Untuk permainan nitro cross tidak ada satupun yang tercebur ke kolam lumpur.
Acid pond

Acid pond


Permainan outbound selanjutnya adalah acid pond. Arena untuk permainan ini juga untuk dua kelompok. Cara bermainnya adalah tiap anggota kelompok harus melewati papan-papan yang dibungkan dengan bantalan kayu untuk mencapai finish. Disediakan tiga papan, dan tiap anggota kelompok harus saling bekerja sama dan strateginya supaya dapat ke finish. Pada saat papan digunakan untu menyeberang tidak boleh jatuh, jika jatuh maka akan kalah. Sebelum anggota ke tempat finish, maka semua anggota kelompok harus sudah di atas papan. Strategi memilih papan inilah yang diperlukan supaya ke tempat finish tidak melebihi waktu yang telah ditentukan. Waktu untuk permainan ini hanya 10 menit saja.

Baik kelompok 1 maupun kelompok 2 tidak ada yang selesai dalam 10 menit. Namun, kelompok 2 lebih ungguh dengan anggota kelompok lebih banyak yang sudah ke tempat finish pada saat waktu habis dari pada kelompok 1. Namun demikian, pelajaran yang dapat kami petik dari permainan ini adalah bagaimana cara strategi membangun tim yang solid, dan ini bisa kami lakukan di tempat kerja kami.

Kayak

Kayak


Permainan outbound yang terakhir adalah kayak. Kayak adalah permainan dengan mendayung perahu. Ada dua perahu, yang tiap perahu hanya bisa dipakai satu orang saja. Tiap anggota kelompok dibagi menjadi dua bagian, bagian pertama di tempat start dan anggota yang lain di tempat finish. Masing-masing anggota kelompok bergantian menyeberangi kolam dengan mendayung. Banyak yang sulit untuk melakukan permainan ini. Ada yang mendayungnya sulit sampai ke finish, ada yang perahunya terbalik, dan ada yang hanya berputar-putar saja. Namun, ada juga yang dengan lancar mendayung sampai finish, termasuk saya sendiri.
Refleksi dan relaksasi setelah outbound

Refleksi dan relaksasi setelah outbound


Setelah selesai outbound, kami dikumpulkan di lapangan. Sambil dipandu, kami relaksasi dan refleksi terhadap apa yang telah kami lakukan. Sebenarnya kegiatan outbound ini permainan yang menyenangkan yang tentunya untuk semangan pada saat kita bekerja. Jadi diharapkan habis dari sini kami bisa fresh lagi dan semangat kerja lagi untuk setahun ke depan.
ob (mandi di kali kuning)
Selesai outbound kami disuruh untuk istirahat, MCK, dan makan siang. Namun, banyak diantara kami yang mandi di Kali Kuning. Kami sangat senang, seperti anak kecil yang main-main di sungai. Sungguh pemandangan yang jarang kami jumpai di tempat tinggal kami yang ada di perumahan. Sungai yang airnya jernih dan segar.

Selesai MCK, makan dan sholat duhur, kami pamitan pulang. Pada saat pamit kami diberi oleh-oleh untuk satu rombongan. Satu plastik besar salak pondoh yang manis dan tentunya besar-besar. Ini semua gratis. Selamat tinggal Desa Ledok Sambi. Kapan-kapan jika ada kesempatak kami akan ke sini lagi. Pengalaman outbound di Ledok Sambi tidak akan kami lupakan.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

3 responses

  1. Baru dengar tentang outbond arena di Ledok Sambi ini, bisa jadi referensi nih!
    Sepertinya asyik tempatnya & keren pula reportasinya 🙂
    Siip bro !

  2. wah baru tau ni ada tempat outbond ledok, boleh juga dijadikan solusi lain kalo tempat lainnya full..

  3. mantabs nih, salam kenal ya, kami http://www.madanioutbound.com/ dari semarang.. barang kali kedepan kami ada event ke tempat anda, bisa kerjasama.. banyak kawan, banyak rejeki.. salam.

    ada pricelist ndak? bisa diemail ke : madani.outbound@gmail.com barangkali bisa kerjasama..thanks.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: