10 Buah yang Sebaiknya Dihindari Bagi Penderita Diabetes


Bagi Anda penderita diabetes, baik tipe 1 maupun tipe 2, Anda harus berhati-hati dalam mengkonsumsi makanan. Termasuk mengkonsumsi buah-buahan, Anda harus waspada apakah buah yang akan Anda konsumsi aman untuk Anda atau tidak.

Buah yang baik unruk dikonsumsi bagi penderita diabetes sebaiknya mempertimbangkan nilai Glikemik Indeks (GI) pada buah tersebut. Secara umum, nilai GI harus sama dengan 55 atau lebih rendah untuk menjadi aman untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes. Buah-buahan seperti stroberi, pir dan apel adalah beberapa contoh yang rendah karbohidrat dan dapat dimasukkan dalam diet penderita diabetes.

Buah-buahan apa saja yang sebaiknya dihindari untuk dikonsumsi bagi penderita diabetes? Berikut ini daftarnya, seperti yang dilansir Bold Sky (07/12/2013).

1. Mangga

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Mangga adalah salah satu buah yang paling lezat di dunia, namun harus dihindari oleh penderita diabetes karena kadar gula yang tinggi. Konsumsi secara teratur dapat menyebabkan lonjakan gula berkepanjangan di tingkat gula darah.

2. Chikoo

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Buah ini juga dikenal sebagai sawo. Buah ini memiliki nilai GI di atas 55 dan mungkin tidak baik jika disertakan dalam diet bagi Anda penderita diabetes. Buah ini kaya gula dan karbohidrat.

3. Anggur

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Anggur kaya akan serat, vitamin dan nutrisi penting lainnya. Anggur juga mengandung juga banyak mengandung gula. Anggur tidak harus ditambahkan ke diet penderita diabetes, 3 ons anggur dapat mengandung karbohidrat setinggi 15 gram.

4. Nanas

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Pasti tidak untuk dimasukkan dalam daftar diet penderita diabetes, nanas memiliki nilai GI yang tinggi. Secangkir buah ini bisa mengandung karbohidrat sekitar 20 gram atau bahkan lebih.

5. Srikaya

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Meskipun menjadi sumber yang baik dari vitamin C, kalsium, zat besi, dan serat, srikaya adalah salah satu buah yang harus dihindari bagi penderita diabetes. Buah srikaya kecil sekitar 100 gram dapat mengandung karbohidrat setinggi 23 gram.

6. Aprikot

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Dengan nilai GI sekitar 57, aprikot mungkin tidak baik untuk dimasukkan dalam diet penderita diabetes. Rata-rata setengah cangkir porsi aprikot dapat mengandung sekitar 8 gram karbohidrat.

7. Pisang

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Mengandung sekitar 15 gram karbohidrat dalam porsi setengah cangkir, pisang memiliki nilai GI berkisar antara 46 dan 70. Buah pisang yang matang penuh harus dihindari oleh penderita diabetes.

8. Semangka

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Rendah serat dan kalori, semangka memiliki nilai GI dari 72 dan juga baik dalam Vitamin A & C. Namun, setengah cangkir porsi dapat mengandung sekitar 5 gram karbohidrat.

9. Pepaya

Foto: kuherbal.com

Foto: kuherbal.com

Memiliki nilai GI rata-rata 59, pepaya tinggi karbohidrat dan kalori. Jika ditambahkan ke diet penderita diabetes, harus dikonsumsi dalam jumlah yang sangat terbatas untuk menghindari peningkatan gula darah.

10. Prun

Foto: Bold Sky

Foto: Bold Sky

Buah ini adalah salah satu buah utama yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Dengan nilai GI 103, prun mengandung 24 gram karbohidrat dalam porsi seperempat cangkir.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

2 responses

  1. Makasih atas informasinya. Akan saya kasih tahu orang yang membutuhkan informasi ini.

  2. good post thx 347 arabidze

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: