10 Produk Mengandung Gula yang Sebaiknya Dihindari


gulaHampir setiap hari kita menjumpai makanan yang salah satu bahannya adalah gula. Gula memang diperlukan bagi tubuh kita, namun jika terlalu banyak mengkonsumsi gula, maka ini akan bermasalah bagi kesehatan kita. Sehingga kita harus hati-hati mengkonsumsi produk makanan yang mengandung gula.

Konsumsi gula yang berlebihan dapat memicu kenaikan berat badan yang tidak wajar. Jangan anggap remeh dalam hal ini. Secangkir kopi atau teh pagi dan sore tiap hari salah satu penyumbang gula kita konsumsi. Namun tidak hanya itu saja, makanan ringan yang kita makan juga tak kalah dalam menyumbang asupan gula pada tubuh kita. Ada pula produk minuman yang beredar di pasaran yang juga mengandung gula.

Selain gula alami, ternyata gula sintetis yang terdapat pada produk makanan/minuman juga tidak baik kita konsumsi. Maraknya pemanis buatan yang berada pada produk tersebut diklaim bertanggung jawab pada berbagai penyakit ‘modern’ yang saat ini banyak bermunculan, seperti kanker, obesitas, dan diabetes tipe 2.

Produk makanan/minuman apa saja yang sebaiknya kita hindari karena kandungan gulanya? Berikut ini 10 produk yang mengandung gula tersebut seperti dilansir DNA (26/11/2013), yang ditulis oleh Naini Setalvad, seorang konsultan ahli gizi.

1. Permen
Permen mengandung pewarna buatan atau pengawet natrium benzoat untuk memperpanjang umur simpan. Permen juga memiliki banyak gula menyebabkan hiperakti , perubahan suasana hati dan kinerja yang buruk dalam jangka panjang. Bahan kimia dan pengawet di dalamnya menyebabkan batuk pilek dan serangan asma.

2. Makanan berlabel ‘bebas gula’ atau ‘diet’
Pemanis buatan dan pengganti gula lainnya ditemukan dalam berbagai makanan dan minuman yang sedang dipasarkan sebagai ‘bebas gula’ atau ‘diet’ dalam minuman ringan. Banyak pemanis buatan memiliki efek samping tetapi yang jenis sucralose dianggap aman. Mereka tidak meninggalkan rasa pahit setelah dikonsumsi. Sayangnya, pemanis jenis ini tidak membantu Anda merasakan manis yang enak. Sucralose adalah salah satu pemanis yang rasanya identik dengan gula dan dapat digunakan pada penggantinya.

3. Jus segar
Baik segar atau dikemas, jus bukanlah sesuatu yang harus minum . Segelas jus 250 ml akan sama dengan mengkonsumsi 10 sendok gula. Banyak yang masih menambah gula yang sangat tinggi yang dapat menyebabkan ledakan energi yang akan segera turun menyebabkan kelelahan, kelesuan, dan lekas marah. Sama sekali tidak ada serat sehingga tidak membuat Anda berenergi. Segelas jus jeruk 250 ml akan setara setidaknya 5-6 jeruk. Jika Anda makan 5-6 jeruk Anda akan berenergi penuh, tetapi jika Anda mengkonsumsi segelas jus jeruk Anda tidak ingin makan lebih banyak. Jadi lebih baik untuk makan buah daripada minum jus.

4. Perasa yoghurt
Muncul dalam berbagai rasa yang lezat, sering mengandung buah di dalamnya tapi gula dengan rasa buah buatan. Produk ini mengandung bubur buah dengan banyak gula di dalamnya yang akan disimpan sebagai lemak. Produk ini dipasarkan sebagai produk sehat/bebas lemak , tetapi mereka masih merupakan sumber tersembunyi dari makanan berkalori tinggi. Makanan ini juga memiliki kandungan sodium yang tinggi. Pilih yogurt plain dan menambahkan buah segar sebagai topping gantinya.

5. Minuman ringan/Colas
Produk ini mengandung kadar gula yang tinggi, kafein dan asam amino yang menyebabkan denyut jantung dan tekanan darah akan dibangkitkan. Minum cola secara langsung terkait dengan diabetes tipe 2 dan penyakit kronis lainnya. Bahkan disebut ‘diet cola’ mengandung pemanis buatan yang memiliki efek samping besar. Semua minuman bersoda mengandung karbon dioksida yang dicampur dengan minuman di bawah tekanan yang memberikan Fiz. Karbon dioksida adalah produk akhir metabolisme tubuh yang mencoba untuk dibuang. Jadi, produk ini tidak mungkin menyehatkan, yang ternyata asam dalam tubuh. Untuk kesehatan yang baik, tubuh membutuhkan lingkungan alkalin. Hasil kafein yang berlebihan dapat menyebabkan diabetes dan masalah mood/perilaku.

6. Minuman Energi
Biasanya dijual untuk memberikan dorongan energi yang mengandung kadar kafein yang tinggi dan juga aditif. Tindakan itu sebagai stimulan yang dapat menyebabkan pola tidur yang tidak teratur, gelisah, dan elevasi tekanan darah. Kandungan kafein yang tinggi dan efek stimulan dapat mencegah seseorang dari rasa kantuk tetapi tidak mempercepat waktu reaksi atau keterampilan motorik.

7. Saus tomat
Proses pembuatan saus tomat adalah mengambil tomat dan memasaknya secara lama. Biji dan kulit tercampur kemudian memasak lagi selama beberapa jam pada panas tinggi yang menghilangkan semua vitamin dan mineral yang baik dari tomat tersebut. Kandungan gula dan sodium di dalamnya sangat tinggi. Produk ini juga memiliki sirup jagung yang dikaitkan dengan tingkat peningkatan obesitas dan diabetes tipe 2.

8. Doughnuts, cupcakes, muffin
Produk ini memiliki kalori tinggi dan kandungan karbohidratnya. Misalnya, donat mengandung 300 kalori ditambah dengan banyak gula, lemak dan tepung putih dan mereka digoreng yang berarti lemak jenuh dan trans yang dapat meningkatkan kolesterol dan risiko penyakit jantung. Semua jenis muffin, cupcakes mengandung jumlah gula yang tinggi dan sebagian besar tepung putih.

9. Sirup
Produk ini adalah pemanis umum dalam soda, minuman buah sherbats dan perasa. Hal ini lebih manis dan lebih murah daripada gula biasa dan dalam setiap makanan olahan. Produk ini mengandung racun kimia. Terlalu banyak gula dapat menyebabkan kenaikan berat badan. Jadi jika Anda ingin tetap sehat dan menurunkan berat badan, hal yang paling penting adalah untuk menghilangkan sirup fruktosa tinggi dari diet Anda.

10. Sereal berlapis gula
Sereal gula dan bahkan sereal rasa cokelat pada sarapan mengandung gula atau buah gula atau madu sehingga tidak sehat dan suatu kecanduan rasa manis. Produk ini kalori kosong dari pemanis dan penyedap. Jika sereal tanpa pemanis rasanya hambar, Anda dapat menambahkan buah-buahan segar dan buah-buahan kering untuk meningkatkan rasa dan nilai gizi.

———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: