10 Cara Alami Mencegah Osteoporosis


Osteoporosis, foto: livtherapy.eu

Osteoporosis, foto: livtherapy.eu

Tulang yang kuat akan menopang tubuh dengan baik. Tulang yang kuat tidak bisa kita dapatkan secara maksimal jika kita kurang memperhatikan pola makan dan aktivitas kita sehari-hari. Tidak perlu harus mahal untuk mendapatkan tulang yang kuat ini. Kebiasaan-kebiasaan tertentu seperti latihan dan paparan sinar matahari diklaim dapat mencegah osteoporosis.

Sebaliknya, kebiasaan tertentu yang tidak baik seperti mengkonsumsi alkohol dapat menyebabkan osteoporosis. Jika kebiasaan ini dilakukan masih usia muda, maka bukan hal yang tidak mungkin jika masih muda sudah menderita osteoporosis. Jika tidak segera ditangani, maka bisa mengakibatkan tulang akan patah. Proses penyembuhannya juga tidak mudah.

Makanan seperti ikan teri yang kaya akan kalsium bagus untuk tulang. Kalsium adalah zat pembentuk tulang. Jadi, meskipun ikan ini dipandang sebelah mata, namun banyak manfaat yang kita dapatkan, terutama untuk tulang kita. Selain hal-hal di atas, masih ada cara lain yang dapat mencegah osteoporosis seperti dilansir DNA (22/10/2013) berikut ini.

1. Dapatkan cukup latihan
Beberapa penelitian telah menemukan bahwa latihan beban secara teratur memiliki tindakan pencegahan pada osteoporosis. Berjalan, jogging, mendaki tangga dan mengangkat beban semua bentuk latihan yang membantu meningkatkan kekuatan tulang Anda, selain itu, tipe latihan seperti ini juga meningkatkan fleksibilitas dan memperkuat kelompok otot yang membantu tubuh bergerak. Ambil latihan tersebut untuk setidaknya setengah jam per hari selama minimal tiga hari seminggu dan Anda harus yakin untuk mengurangi kemungkinan Anda menderita osteoporosis.

2. Sediakan sumber alami kalsium
Ini adalah fakta yang terkenal bahwa mineral seperti kalsium dan magnesium dan vitamin D sangat penting untuk tulang kuat. Jadi pastikan Anda mendapatkan cukup ini ke dalam tubuh melalui diet. Susu, keju, sayuran berdaun hijau, salmon dan sarden merupakan sumber kaya kalsium.

3. Berjemurlah untuk mendapatkan vitamin D
Sementara tulang terbuat dari kalsium, Anda perlu mendapatkan cukup vitamin D untuk memastikan tubuh Anda dapat menyerap kalsium. Sertakan ikan berminyak yang kaya vitamin D dalam diet Anda. Dapatkan paparan sinar matahari pagi cukup pada pagi, hal ini memungkinkan kulit Anda untuk memproduksi vitamin D dalam tubuh.

4. Cukupi vitamin K pada tubuh Anda
Vitamin ini membantu mengaktifkan protein yang disebut osteocalcin yang membantu untuk mengikat molekul kalsium lebih baik dalam tulang. Kubis Brussel adalah sumber yang sangat baik dari vitamin K dan karena itu dapat membantu mencegah osteoporosis.

5. Bagi wanita tingkatkan estrogen tanaman
Kepadatan tulang pada wanita berkaitan erat dengan tingkat hormon estrogen, seperti wanita mendekati menopause, kadar hormon berfluktuasi dapat menyebabkan banyak kerusakan pada tulang. Sertakan kedelai, lentil, kacang-kacangan dan buncis yang merupakan sumber yang kaya phyto-estrogen atau estrogen tanaman dalam diet Anda dan Anda dapat mengkompensasi kurangnya estrogen dalam sistem Anda.

6. Hati-hati makanan yang menyebabkan terkurasnya kalsium
Zat tertentu seperti kafein atau konsentrasi tinggi protein dapat menyebabkan tubuh kehilangan sejumlah besar kalsium dari tubuh, dapat mempengaruhi tulang Anda. Perhatikan konsumsi ini untuk mencegah risiko Anda terkena osteoporosis.

7. Berhenti merokok dan minum alkohol
Alkohol telah memiliki dampak negatif yang signifikan pada kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium dari makanan. Merokok meningkatkan risiko kehilangan mineral penting yang mengakibatkan kepadatan tulang yang lebih rendah. Perokok akan mempunyai kepadatan tulang yang lebih renggang dari pada orang yang tidak merokok.

8. Hilangkan stres
Orang di bawah tegangan atau stres terus-menerus memiliki tingkat hormon kortisol yang cenderung menyebabkan mineral seperti kalsium terkuras keluar dari tulang.

9. Coba pijat dengan minyak
Menurut Ayurveda, osteoporosis merupakan hasil dari peningkatan elemen vata selama periode waktu dan oleh karena itu, baik untuk menghindari akumulasi. Aplikasi eksternal dari minyak ke seluruh tubuh (massage oil) diikuti dengan mandi air panas diklaim memiliki efek menguntungkan pada kesehatan tulang.

10. Sertakan wijen dalam diet Anda
Ayurveda juga menganggap biji wijen akan berguna terhadap osteoporosis dan ini dapat dipanggang, bubuk dan ditambahkan ke dalam susu dan dikonsumsi.

———————————————————-
Baca juga:
Begini Caranya Supaya Tulang Kuat
Manfaat Menakjubkan Dari Si Raja Sayuran
———————————————————-
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

One response

  1. termakasih infonya, sangat bermanfaat ,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: