10 Ketakutan yang Menghantui Lansia


Usia lanjut, foto: Bold Sky

Usia lanjut, foto: Bold Sky

Lanjut usia (lansia) adalah masa dimana harus menikmati hidup dengan tenang. Di masa ini seharusnya tidak ada lagi beban yang harus dipikulnya. Namun tak jarang justru di usia lanjut malah menyisakan beban yang membuat hidup tidak lagi tenang. Sederet permasalahan justru malah timbul dikala usia senja ini.

Bagi orang yang pada usia muda mempunyai perencanaan yang matang untuk bekal di hari tuanya, maka setidaknya permasalahan yang kerap timbul di usia lanjut tidak menghantuinya. Usia muda yang masih berenergi seharusnya adalah waktu yang baik untuk merencanakan segala hal yang berkaitan dengan masa tuanya.

Bagi orang yang di masa muda suka berhura-hura, maka bukan hal yang mustahil jika pada masa tuanya banyak terjadi permasalahan. Permasalahan tidak hanya timbul dari dirinya sendiri saja, namun juga dari orang lain, misal harus menanggung beban hutang yang tak jarang harus ditanggung sampai tua untuk melunasinya

Berikut ini 10 yang sering menghantui di masa lansia, seperti yang dilansir Bold Sky (20/10/2013).

1. Kemampuan fisik
Saat seseorang menjadi berusia lanjut, ia tidak dapat melakukan sebagian besar hal-hal fisik yang ia gunakan seperti ketika muda. Hal ini membuatnya bisa frustrasi, apa lagi jika hidup sendirian. Bahkan pagi berjalan-jalan menjadi mimpi yang sulit untuk dilakukan.

2. Masalah finansial
Sebagian orang cenderung mengabaikan perencanaan keuangan yang tepat yang diperlukan untuk mengamankan usia lanjut secara finansial. Manfaat pensiun yang tepat dan penghematan pendapatan sangat penting untuk membuat usia lanjut menjadi hidup tidak bahagia dan stres.

3. Kesedihan
Ketika seseorang bertambah tua, maka ia cenderung untuk sedih kehilangan banyak orang yang ia kenal saat ia sudah tua dengan mereka dan orang yang ia cintai karena meninggal. Ini rasa kehilangan yang amat sangat membuatnya takut akan kesepian.

4. Hidup lama tanpa pasangan
Yang paling mengerikan pikiran saat lansia adalah hidup lebih lama tanpa pasangan hidup yang ia cintai. Dengan siapa ia akan menghabiskan kehidupan tanpa pasangan. Hal ini membuatnya merasa kehilangan bagian dari dirinya yang mengakibatkan banyak kesepian dan depresi di usia lanjut.

5. Kesehatan
Saat masih muda, sebagian orang cenderung mengabaikan kesehatannya karena kemalasan atau kehidupan yang sibuk mengejar kekayaan. Hal ini dapat mempengaruhi kehidupannya selama usia lanjut sehingga kesehatan memburuk yang mempengaruhi sebagian besar lansia.

6. Anak-anak
Anak-anak yang sudah dewasa dan di luar kota dengan keluarganya membuat hati selalu sedih karena selalu ditinggalkannya. Dalam keadaan yang membutuhkan seperti pada saat sakit tak jarang hanya sedirian.

7. Kehilangan masa muda
Beberapa dari kita sangat sadar tentang penampilan fisik kita. Memasuki usia lanjut penampilan fisik tidsak lagi seperti waktu muda dulu, kulit cenderung memudar dan meninggalkan tanda-tanda penuaan seperti keriput dan bintik-bintik.

8. Pensiun
Pada saat muda kerja keras bahkan tidak mengenal waktu, namun kebiasaan yang selalu beraktivitas akan hilang pada saat pensiun. Kehilangan aktivitas dan tentunya penghasilan juga kerap membuat orang memasuki usia lanjut menjadi tertekan.

9. Kehilangan memori
Pada saat usia lanjut, fungsi sel-sel otak kita mulai menurun sehingga banyak kenangan yang terhapus. Kehilangan kenangan indah seperti yang telah menjadi bagian dari hidup selama bertahun-tahun membawa kesusahan.

10. Kematian
Meskipun kematian adalah bagian tak terhindarkan dari kehidupan dan perjalan waktu, ketika seseorang memasuki usia lanjut, kematian membawa rasa takut bagi sebagian besar usia lanjut. Kematian adalah rahasia Sang Pencipta yang tidak bisa diketahui oleh siapapun.
———————————————————-
Baca juga:
Masih Kecil Anak Harus Nurut Orang Tua, Sudah Dewasa Sebaliknya
———————————————————-
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: