10 Manfaat Menakjubkan Jagung Bagi Kesehatan


Foto: beritadaerah.com

Foto: beritadaerah.com

Siapa yang tidak kenal dengan jagung? Tanaman dengan nama ilmiah Zea mays L. ini dapat tumbuh di banyak daerah tropis. Jagung kaya akan zat-zat penting untuk tubuh sehingga diklaim banyak manfaatnya untuk kesehatan tubuh kita. Namun demikian, banyak yang memandang sebelah mata tentang peranan jagung untuk sumber makanan sehari-hari. Nasi jagung yang dulu jaya, sekarang sudah digantikan dengan nasi putih. Pada hal, terlalu banyak mengkonsumsi nasi putih tidak bagus untuk kesehatan, terutama bagi yang menderita diabetes.

Jagung sering hanya dijadikan makanan ternak. Jagung yang dipanen kemudian dikeringkan dan digiling untuk dicampur sebagai makanan ayam atau burung. Namun, jika Anda peduli tentang kesehatan sebenarnya tidak ada salahnya sering mengganti kebiasaan makan nasi putih dengan jagung ini. Kenapa demikian? Karena banyak manfaat yang kita dapatkan jika kita sering mengkonsumsi jagung.

Jika tidak suka dengan nasi jagung, Anda bisa memasaknya dalam sayuran. Sayur asam yang ditambah dengan jagung sangat menggugah selera makan. Masakan lain adalah jagung hanya direbus biasa. Jagung yang muda direbus dengan kulitnya, sehingga rasanya yang manis sangat enak dimakan. Bubur jagung yang dicampur dengan ayam juga tak kalah lezatnya. Yang penting Anda bisa memasaknya sehingga kandungan nutrisi pada jagung tidak hilang.

Kandungan nutrisi apa saja yang terdapat pada jagung, sehingga banyak manfaatnya bagi kesehatan? Berikut ini manfaat jagung yang bisa kita dapatkan seperti yang dilansir Bold Sky (07/10/2013).
.

1. Kaya serat
Jagung penuh serat dan membantu mempercepat proses pencernaan dalam tubuh Anda. Menurut banyak penelitian, secangkir setengah jagung menyediakan lebih dari 10 persen serat makanan untuk kebutuhan kita sehari-hari.

2. Asam folat
Jika Anda sedang hamil dan suka makan jagung, itu sangat bagus untuk Anda. Jagung mengandung asam folat yang sangat penting bagi ibu dan bayi selama kehamilan. Asam folat bagus untuk tulang belakang dan berat bayi, dan menghindarkan bayi dari cacat.

3. Untuk kesehatan mata
Jagung sangat bagus untuk nutrisi mata Anda. Jagung diketahui mengandung karotenoid yang mengurangi risiko degenerasi makula. Karotenoid Lutein dan zeaxanthin hadir dalam jagung juga mengurangi perkembangan katarak di kalangan orang tua.

4. Untuk jantung sehat
Jagung merupakan obat yang bagus untuk menjaga jantung Anda supaya sehat. Vitamin C, karotenoid dan bioflavonoid hadir dalam mencegah penyakit jantung Anda. Karotenoid hadir pada jagung untuk mencegah pengerasan arteri dan mengendalikan kadar kolesterol dalam darah Anda.

5. Sumber energi
Jagung adalah sumber penting energi dan menyediakan 342 kalori per 100 gram. Jagung mengandung Vitamin B, terutama Niacin dan Thiamin yang sangat penting bagi tubuh dan pikiran kita. Kekurangan niacin dapat menyebabkan demensia, dermatitis, dan Thiamin penting untuk menjaga kesehatan saraf.

6. Mengandung banyak mineral
Jagung mengandung banyak mineral seperti magnesium, mangan, besi, tembaga, seng dan selenium yang semuanya sangat diperlukan untuk memfungsikan tubuh manusia. Fosfor adalah penting untuk menjaga kesehatan tulang dan fungsi ginjal sedangkan magnesium mempertahankan denyut jantung supaya normal.

7. Mengatasi anemia
Jika Anda mengalami anemia, jagung harus menjadi bagian penting dari diet harian Anda. Anemia disebabkan oleh kekurangan vitamin B12, asam folat dan zat besi. Jagung memiliki tingkat signifikan vitamin B12, asam folat dan zat besi yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah.

8. Makanan bagi penderita diabetes
Penderita diabetes disarankan untuk memasukkan jagung dalam diet mereka karena mengandung sifat yang membantu kontrol insulin. Studi telah menunjukkan bahwa orang yang makan jagung kurang rentan terhadap diabetes jika dibandingkan dengan orang lain. Fitokimia hadir di jagung membantu mengatur diabetes.

9. Anti-kanker
Jagung merupakan sumber yang sangat kaya antioksidan yang melawan berbagai jenis kanker. Senyawa fenolik hadir pada jagung adalah agen anti-karsinogenik, dan melawan kanker payudara dan kanker hati. Antioksidan hadir di dalamnya membunuh sel-sel kanker dalam tubuh kita tanpa mempengaruhi sel-sel sehat lainnya.

10. Untuk kecantikan kulit
Maizena digunakan dalam banyak kosmetik saat ini karena sangat bermanfaat untuk kulit Anda. Antioksidan hadir dalam mencegah proses penuaan. Sebuah pijatan secara teratur pada kulit dengan minyak jagung meningkatkan tekstur kulit Anda dan membantu Anda mendapatkan kulit yang cerah.

———————————————————-
Baca juga:
Manfaat Menakjubkan Dari Si Raja Sayuran
Ini Dia Manfaat Jus Bawang Bagi Kesehatan
Si Pahit yang Tidak Disuka Namun Bermanfaat Besar Bagi Kesehatan
———————————————————-
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

One response

  1. NASI JAGUNG MODERN – Alami, Higienis Dan Praktis
    Dihasilkan dari penelitian dan inovasi modern di bidang teknologi pangan menjadikan produk berkualitas tinggi, sehat dengan rasa alami jagung segar. Kandungan nutrisi Rendah Lemak dan Rendah kalori sesuai trend kebutuhan kesehatan. Cocok untuk Diet, Manjur untuk Diabetes & Kolesterol. Mari Budayakan: “ONE DAY NO RICE”.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: