Daily Archives: Oktober 11th, 2013

Kenapa Harus Berhenti Merokok?


Zat beracun pada rokok

Zat beracun pada rokok

Rokok adalah barang yang bisa dinikmati dengan dibakar. Kenikmatan sesaat namun membawa malapetakan yang luar biasa seumur hidup. Bukan hanya perokok aktif saja yang merasakan dampaknya, namun perokok pasif atau orang yang tidak merokok namun berada di sekitar orang yang merokok juga ikut terkena dampaknya. Merokok sebenarnya membakar uang yang seharusnya bisa bermanfaat untuk kebutuhan lain yang sangat berguna.

Beberapa perokok mengatakan jika mereka tidak merokok juga tidak bisa menabung. Itu yang pernah saya dengar sendiri dari beberapa perokok. Mereka berpikir merokok dan tidak merokok sama saja tidak bisa membuat perekonomiaan lebih baik, sehingga menurut mereka lebih baik menikmati rokok. Hal itu juga pernah saya dengar dari perokok kalangan bawah.

Ketertarikan para pecandu rokok pada barang yang banyak dampak negatifnya ini karena ajakan teman. Kalau masih menjadi temannya maka harus merokok. Selain itu, pengaruh orang tua yang merokok juga sangat dominan. Bagaimana anaknya dilarang untuk merokok jika orang tuanya saja merokok? Alasan lain adalah merokok sudah menjadi gaya hidup. Mulanya iseng satu batang, lama kelamaan menjadi pecandu. Merokok juga dikaitkan dengan luapan emosi seseorang. Dengan cara merokok dianggap bisa mengurangi beban masalah yang dihadapi.

Namun, alasan apapun tentang ketertarikan merokok, ternyata banyak dampak negatifnya dari pada positifnya. Berdasarkan sumber yang saya dapat dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta, saat ini penyakit karena tembakau menduduki peringkat 9 penyebab utama kematian di dunia. Tahun 2005 kematian akibat rokok mencapai 5 juta orang di dunia, 70% terjadi di negara berkembang.

Di Indonesia sendiri tembakau membunuh 427.948 perokok pada tahun 2001 atau 1.172 jiwa setiap hari. Data ini kemingkinan diprediksi terus meningkat di tahun-tahun berikutnya, mengingat pertumbuhan penduduk yang meningkat pula. Tahun 2005, biaya kesehatan untuk mengobati penyakit akibat rokok sebesar 32,6 triliun. Sekitar 70% dari 3.000 orang menghisap asap rokok saat berada di tempat umum.

Bahaya Rokok

Rokok mengandung 4000 bahan kimia, 200 diantaranya beracun dan 43 penyebab kanker. Racun utama pada rokok adalah Nikotin, Tar, dan Karbon Monoksida (CO).

• Nikotin adalah zat adiktif (menimbulkan kekambuhan atau membuat penggunanya menjadi kecanduan). Nikotin mempengaruhi syaraf dan peredaran darah. Zat ini memicu kanker paru-paru yang mematikan.

• Tar adalah substansi hidrokarbon yang bersifat lengket dan menempel pada paru-paru.

• Karbon Monoksida adalah zat yang mengikat hemoglobin dalam darah, membuat darah tidak mampu mengikat oksigen.

Dampak Racun Rokok

Dampak dari racun rokok membuat penghisap asap rokok mengalami resiko lebih besar bila dibanding dengan yang tidak menghisap asap rokok, sebagai berikut:

• 14 kali menderita kanker paru-paru, mulut, dan tenggorokan.
• 4 kali menderita kanker lambung.
• 2 kali menderita kanker kandung kemih/kelamin.
• 2 kali menderita serangan jantung.

Tidak Ada Batasan Aman Bagi Orang yang Terpapar Asap Rokok

Efek asap rokok bagi perokok pasif ada dua macam, yaitu efek langsung dan tidak langsung. Efek langsung, seperti iritasi mata, batuk-batuk, using, dan mual-mual. Bagi penderita asma bisa menurunkan fungsi paru-paru. Efek yang ditimbulkan 3 kali lebih berbahaya dari pada perokok aktif. Efek tidak langsung, perokok pasif memiliki peningkatan resiko terkena kanker sebanyak 25%.

Pada bayi bisa mengalami sudden infant death syndrom, yaitu kematian yang mendadak akibat asap rokok ini. Calon ibu yang merokok atau terpapar asap rokok saat mengandung menyebabkan berbagai kelainan saat melahirkan, seperti kekurangan berat badan, posisi janin yang tidak benar, dan cacat bayi saat lahir.

Pada anak-anak, asap rokok dapat menyebabkan dapat menyebabkan pneumonia (radang paru-paru, bronchitis, asma, dan infeksi telinga).

Bagi orang dewasa, asap rokok menyebabkan berbagai jenis kanker seperti kanker paru-paru, kanker payudara, sinus (radang pada hidung), penyakit jantung, penurunan fungsi hati, juga penurunan fungsi seksual (impotensi).

Mengapa Harus Berhenti Merokok?

Alasan perokok harus berhenti merokok dikaitkan dengan beberapa hal. Ditinjau dari segi finansial, orang yang tidak merokok lebih hemat dari pada yang merokok. Sedangkan alasan yang berkaitan dengan penampilan, orang yang tidak merokok maka fisik akan lebih segar dan bergairah. Alasan kesehatan, dengan tidak merokok ternyata bisa menghindarkan diri dari 10 jenis kanker dan 13 penyakit lainnya. Sebenarnya tidak merokok adalah gaya hidup yang bagus, karena dengan tidak merokok maka tubuh akan sehat.

Keuntungan Berhenti Merokok Segera Dirasakan

Jika para perokok berhenti merokok untuk selamanaya, maka akan mendapatkan keuntungan sebagai berikut:
• 6 jam sesudah berhenti merokok, denyut nadi dan tekanan darah menjadi normal.

• 12 jam setelah berhenti merokok, CO meninggalkan sistem peredaran darah dan pernapasan.

• 1 hari setelah berhenti merokok, tekanan darah lebih rendah dan kegiatan jantung lebih kuat.

• 1 tahun setelah berhenti merokok, resiko serangan jantung menurun sampai setengah bila dibandingkan dengan perokok aktif.

• 5-15 tahun setelah berhenti merokok, resiko kanker paru-paru menurun sampai setengah bila dibandingkan dengan perokok aktif.

• 15 tahun ke atas`setelah berhenti merokok, resiko serangan jantung menurun sampai tingkat bukan perokok jika berhenti sebelum timbul penyakit.

Untuk lebih efekti imbangi dengan hidup sehat, lakukan aktivitas fisik, dan konsumsi gizi seimbang.

Tips Berhenti Merokok

Untuk dapat berhenti merokok, lakukan langkah-langkah berikut ini.

1. Kurangi jumlah batang rokok yang dihisap per hari.
Sedikit demi sedikit kurangilah batang rokok, jika semula satu atau dua bungkus rokok sehari, maka kurangi dengan hanya mengisap satu batang rokok sehari. Memang pada awalnya sulit untuk berhenti secara total, sehingga hal pertama yang harus dilakukan adalah mengurangi batang rokok yang harus dihisap.

2. Jauhi tempat dimana banyak perokok.
Jika selalu datang pada orang yang merokok, maka akan sulit untuk berhenti merokok. Ini disebabkan karena rasa ingin mengisap rokok jika ada orang yang merokok. Jika berada di tempat orang-orang yang tidak merokok, maka akan lebih cepat melupakan untuk tidak merokok.

3. Gantilah kebiasan pegang rokok.
Jika tiap hari di saku selalu ada rokok dan setiap saat bisa merokok, maka sekarang gantilah kebiasaan di saku ada permen, sehingga kebiasaan menghisap rokok menjadi makan permen.

4. Giat berolahraga.
Perokok akan bisa cepat melupakan kecanduan merokoknya dengan banyak kegiatan. Salah satunya adalah rajin berolahraga. Kegiatan berolahraga yang membutuhkan tenaga akan lebih cepat melupakan kebiasaan merokok.

5. Kurangi tidur larut malam.
Orang yang begadang dengan tidur larut malam bahkan sampai pagi biasanya merokok. Karena dengan meroko makan akan menghilangkan rasa kantuk. Untuk merubahnya makan jangan begadang, tidur lebih awal, sehingga kebiasaan merokok dapat dihindari.

6. Minum sari atau jus jeruk.
Jus jeruk mengandung vitamin C, dimana vitamin ini dapat membuat daya tahan tubuh menjadi prima. Selain itu, dengan minum jus jeruk juga akan menghilangkan kebiasaan merokok.

7. Kuatkan niat untuk berhenti merokok dan tetapkan tanggal kapan berhenti merokok.
Jika ingin berhenti merokok total maka harus mempunyai niat yang kuat untuk berhenti merokok. Percuma saja orang-orang terdekat seperti keluarga, teman, dan dokter menyarankan dan memberi dukungan untuk tidak merokok jika dalam diri perokok tidak ada niat untuk berhenti merokok.

———————————————————
Baca juga:
10 Manfaat Jika Anda Berhenti Merokok
Alasan Kenapa Harus Berolahraga Lari
Ini Dia Manfaat Jus Bawang Bagi Kesehatan
———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo