Manfaat Menakjubkan Dari Si Raja Sayuran


Foto: Intisari

Foto: Intisari

Sayuran yang berwarna hijau ini sering disebut sebagai rajanya sayuran. Disebut begitu karena sayur yang akrab di masyarakat dari desa sampai kota ini mempunyai banyak manfaat, terutama bagi kesehatan. Tidak susah menjumpai sayuran yang disukai oleh tokoh kartun Popeye ini. Di setiap pasar tradisional selalu tersedia bayam. Pasar modern atau supermarket juga ada.

Bayam memang selalu akrab karena harganya yang tergolong murah. Murah karena untuk menanam bayam mudah dan tidak memerlukan media yang sulit dan perawatan yang mudah pula. Selain itu, umur bayam juga singkat, tidak sampai satu bulan dari menanam bisa dipetik. Tanaman dengan nama ilmiah Amaranthus spinosus L ini dapat tumbuh di hampir segala iklim, baik tropis maupun bukan tropis meskipun banyak dijumpai pada iklim tropis. Bayam juga banyak jenisnya, meskipun mempunyai ciri yang mirip antara satu dengan yang lainnya. Selain bayam hijau, juga ada bayam merah.

Bayam bisa dimasak dalam berbagai aneka masakan sayur. Dimasak sayur bening memang nikkmat, dimasak pakai santan juga enak, terus dimasak tumis apa lagi. Bayam juga bisa diblender untuk dibuat bubur bayam. Cara memasaknya juga mudah, tidak memerlukan waktu yang lama, karena tekstur bayam yang lunak, sehingga mudah masak.

Tidak hanya rasanya yang enak saja, bayam juga banyak manfaatnya, jadi jangan sampai tidak suka makan sayur bayam ini. Berikut ini manfaat bayam bagi kesehatan seperti yang saya kutip dari Bold Sky (23/09/2013).

Rendah Kalori
Bayam adalah makanan yang sangat baik untuk diet. Bayam rendah karbohidrat dan memiliki dampak kecil pada glukosa darah. Jadi, jangan ragu untuk memasukkan bayam dalam diet Anda jika Anda ingin mengurangi berat badan.

Vitamin yang Tinggi
Bayam kaya akan vitamin A, K dan E. Ini membantu untuk melindungi terhadap berbagai infeksi dan memperkuat pernafasan, saluran kemih dan usus.

Kaya Serat
Mengkonsumsi segenggam bayam setiap hari membantu dalam menjaga Anda dari sembelit. Hal ini karena bayam kaya akan serat makanan yang membersihkan sistem pencernakan Anda dengan sempurna.

Sumber Antioksidan
Bayam melindungi tubuh terhadap radikal bebas. Vitamin dan mineral hadir dalam daun hijau ini membantu Anda dalam memerangi tekanan darah tinggi dan banyak komplikasi lainnya.

Mencegah Kanker
Bayam mengandung berlimpah flavanoid yang merupakan phytonutrient penting. Bayam memiliki sifat anti-kanker. Bayam menawarkan perlindungan yang efektif terhadap kanker prostat.

Menurunkan Tekanan Darah
Kehadiran magnesium dalam bayam membantu menjaga tekanan darah. Folat dalam bayam yang baik untuk sistem kardiovaskular yang sehat.

Menurunkan Kolesterol
Bayam mengandung karotenoid yang dikenal sebagai lutein yang membantu untuk mencegah penumpukan kolesterol dalam sistem peredaran darah Anda. Jadi, dengan satu atau dua porsi bayam sehari-hari, Anda dapat mencegah kolesterol jahat dalam tubuh Anda.

Baik Untuk Kulit
Bayam mengandung vitamin dan mineral yang membantu dalam mempertahankan kelembaban kulit. Hal ini juga membantu dalam memerangi berbagai masalah kulit seperti jerawat dan keriput.

Mencegah Penyakit Mata
Kehadiran lutein melindungi mata dari penyakit katarak dan usia.

Sistem saraf yang sehat
Bayam merupakan sumber selenium, niasin dan asam lemak omega 3 yang mempromosikan otak yang sehat dan mengembangkan sistem saraf yang sehat.

Mencegah Osteoporosis
Satu ikat bayam rebus menyediakan 1.000% dari RDA dari vitamin K yang dapat mencegah osteoporosis. Bayam meningkatkan sintesis osteocalcin, yang merupakan protein penting untuk menjaga kepadatan dan kekuatan tulang.

Bermanfaat Untuk Arthritis Pasien
Bayam membantu dalam mengurangi peradangan dan nyeri. Bayam ini berisi sifat anti-inflamasi yang membantu dalam mengurangi nyeri arthritis.

Bagus Untuk Mengatasi Anemia
Bayam merupakan sumber zat besi yang baik. Meskipun tidak benar dikatakan sebagai sumber paling kaya zat besi, tetapi memakan bayam dengan sayuran berdaun lainnya dapat menjadi besar untuk memerangi anemia.
———————————————————
Baca juga:
Ini Dia Manfaat Jus Bawang Bagi Kesehatan
Si Pahit yang Tidak Disuka Namun Bermanfaat Besar Bagi Kesehatan
Rosela, Indah Bunganya Besar Manfaatnya Bagi Kesehatan
Bagi Penderita Diabet Hindari Sayuran Ini
———————————————————
Jika Anda ingin berlangganan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: