Begini Caranya Supaya Tulang Kuat


Osteoporosis, foto: livtherapy.eu

Osteoporosis, foto: livtherapy.eu

Tulang adalah bagian tubuh yang keras. Keras karena tulang adalah bagian tubuh yang menopang seluruh anggota badan. Tulang dibagun dari suatu zat seperti kalsium yang bisa didapat dari makanan yang kita makan. Sehingga makanan yang kita makan haruslah dapat membuat tulang kita menjadi kuat. Ikan dan sayuran adalah salah satu makanan yang baik untuk tulang.

Tulang-tulang dalam tubuh kita memiliki tugas penting mempertahankan struktur tubuh kita. Cara di mana kita merawat tulang kita akan mempengaruhi kekuatan struktural tulang. Ini berarti bahwa tulang yang menawarkan dukungan struktural untuk tubuh masih hidup, sehingga mereka memiliki kemampuan untuk mengubah kekuatan, stabilitas dan kepadatan.

Berikut ini bagaimana cara meningkatkan kekuatan tulang seperti yang dilansir Bold Sky (06/09/2013).

Mulai Sekarang
Ujung paling penting untuk membangun kekuatan tulang Anda adalah untuk memulai muda. Jika Anda menunggu sampai tulang Anda mulai memberi Anda kesulitan, Anda mungkin tidak dapat memperbaikinya yang terlambat. Jadi, mulailah sesegera mungkin dengan mengambil langkah-langkah yang memadai seperti mengambil suplemen vitamin D dan kalsium, berolahraga dll.

Hindari Garam
Garam meningkatkan ekskresi kalsium. Ini berarti bahwa kalsium yang ada pada diri Anda akan sia-sia jika Anda terlalu banyak mengkonsumsi garam. Selain itu, ekskresi kalsium berlebih dapat meningkatkan risiko batu ginjal.

Tes Kepadatan Tulang
Lakukan uji kepadatan tulang untuk menentukan seberapa kuat tulang Anda. Osteoporosis sering disebut “silent disease” karena bisa membuat tulang patah, tubuh Anda tidak akan menunjukkan gejala yang jelas dari luar.

Minum Susu
Langkah pertama untuk mengambil untuk membangun kekuatan tulang Anda adalah untuk minum banyak susu. Hal ini karena susu merupakan gudang kalsium, yang bertindak sebagai fondasi dasar kesehatan tulang, dan vitamin D yang membantu tubuh menyerap susu.

Hindari Alkohol
Alkohol dapat membatasi penyerapan kalsium. Hal ini juga memperlambat pembentukan tulang baru. Jadi hindari alkohol jika ingin tulang Anda ingin kuat.

Suplemen Vitamin D
Suplemen vitamin D yang harus diminum rutin untuk meningkatkan kepadatan tulang Anda. Ini membantu tubuh memanfaatkan kalsium. Hal ini juga memainkan peran penting dalam membangun dan memperbaiki tulang, serta menjaga otot yang kuat.

Berhenti Merokok
Tingkat kehilangan tulang meningkat dengan merokok. Wanita yang secara teratur merokok memiliki tingkat estrogen yang lebih rendah, dan cenderung mengalami menopause dini. Kedua faktor ini juga menyebabkan hilangnya tulang dipercepat.

Mengatur Asupan Daging
Kalsium dan fosfor adalah dua mineral yang membantu tubuh untuk mencerna protein hewani. Makan terlalu banyak daging merah, ikan, daging babi, dan unggas dapat menguras sumber daya ini dari tulang. Di sisi lain, kekurangan protein menghambat penyerapan kalsium di usus.

Genetika
Luangkan waktu untuk mempelajari sejarah medis keluarga Anda karena gen menentukan banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan tubuh Anda secara keseluruhan seperti massa tulang atau kesehatan tulang.

Hindari Sodium
Sodium yang hadir dalam makanan olahan hampir semua menyebabkan kalsium untuk merembes keluar dari tulang dan ke dalam urin Anda. Jadi mengikuti diet rendah sodium untuk kekuatan tulang yang optimal.

Latihan angkat beban
Kegiatan yang memaksa tubuh Anda untuk bekerja melawan gravitasi seperti kickboxing atau basket membantu memperkuat tulang dengan merangsang osteoblas yang membangun sel tulang.

Meregangkan Otot
Sebuah cara sederhana untuk meningkatkan kekuatan tulang adalah dengan meregangkan otot atau tendon sebagai tarikan pada tulang yang akan memaksa mereka untuk tumbuh. Oleh karena itu, setiap latihan yang menyebabkan otot-otot Anda untuk melenturkan baik untuk kekuatan tulang.

Batasi Fosfat
Fosfor mineral yang ditemukan dalam banyak makanan penting dalam jumlah kecil untuk perkembangan tulang yang sehat, tetapi tingkat tinggi itu mengganggu penyerapan kalsium dalam tubuh.

Jaga Berat Badan Ideal
Studi telah menemukan bahwa tingkat pertumbuhan tulang pada wanita kurus sangat rendah. Jadi, menjaga berat badan yang sehat untuk menjaga tulang yang kuat.

Sinar matahari
Sumber terbaik vitamin D disediakan oleh sinar matahari. Kekurangan Vitamin D menyebabkan rapuh dan lemah tulang. Jadi usahakan mungkin Anda terkena sinar matahari.

———————————————————
Baca juga:
Begini Lho Cara Menyimpan Obat yang Benar
10 Cara Untuk Mengurangi Resiko Kanker
———————————————————
Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

One response

  1. Reblogged this on CORETAN BAMBANG and commented:
    follback

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: