Ada Apa Dengan 9 September?


sept (jalan pa1)Bagi sebagian orang tanggal 9 September adalah hari yang sangat berharga. Pada tanggal ini diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional (Haornas). Untuk tahun 2013 ini Haornas diperingati memasuki tahun ke-30.

Menengok sejarah ke belakang, Haornas pertama kali diperingati diselenggarakan pada tanggal 9 September 1983. Tanggal tersebut merupakan sejarah diselenggarakannya Pekan Olahraga Nasional (PON) yang pertama kali, yaitu pada 9-12 September 1948 di Stadion Sriwedari Kota Solo, Jawa Tengah. Pada penyelenggaraan PON pertama tersebut diikuti tak kurang dari 600 atlet yang bertanding dalam sembilan cabang olahraga.

PON pertama tersebut dikenal sebagai PON Perjuangan karena Indonesia sebagai negara yang baru merdeka. Pada waktu itu Indonesia masih dalam masa perjuangan untuk mendapatkan pengakuan masyarakat internasional, termasuk untuk masuk sebagai pekan-pekan olahraga internasional.

Mengutip sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga pada Haornas 2013, olahraga telah menjadi instrumen penting bagi pembangunan budaya dan karakter bangsa Indonesia dan sebagai media diplomasi dalam pergaulan internasional antar bangsa. Pada tahun 1962 Indonesia menjadi pusat perhatian dunia dengan menggelar Games of New Emerging Force (Ganefo).

Satu tahun setelah peringatan Haornas tahun 1983, telah dicanagkan pula Gerakan Nasional tentang Panji Olahraga, yaitu “mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga” melalui Keputusan Presiden (Kepres) nomor 17 tahun 1984. Kepres tersebut memberikan ruang gerak yang luas kepada masyarakat untuk melakukan aktivitas olahraga. Kepres ini diperkuat melalui Kepres nomor 67 tahun 1985 tentang Haornas yang diperingati secara nasional oleh masyarakat olahraga setiap tanggal 9 September.

Pada era Kabinet Indonesia Bersatu tahun 2004-2009 pemerintah bersama DPRRI telah berhasil melahirkan Undang-undang nomor 3 tahun 2005 tentang Sistem Keolahragaan Nasional. Kehadiran Undang-undang tersebut semakin memperkuat pembinaan dan pengembangan olahraga nasional dan juga memperluas pembagian kewenangan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam pengembangan dan pembinaan olahraga, baik olahraga rekreasi, olahraga pendidikan, maupun olahraga prestasi.

Peringatan Haornas di Pedan Klaten
sept (jalan pi1)
Peringatan Haornas ternyata tidak hanya oleh masyarakat olahraga saja. Anak-anak sekolah juga ikut memperingatinya. Salah satunya yang berada di Pedan, Klaten, Jawa Tengah. Di sini setiap tahun diperingati Haornas melibatkan siswa-siswi, guru, dan karyawan. Setiap sekolah tingkat SLTP dan SLTA baik negeri maupun swasta melakukan jalan sehat sepanjang sekitar lima kilometer menyusuri jalan-jalan di sekitar kecamatan Pedan.

Peserta jalan sehat dari SMPN 2 Pedan

Peserta jalan sehat dari SMPN 2 Pedan

Peserta jalan sehat dari SMKN 1 Pedan

Peserta jalan sehat dari SMK 1 Pedan

Salah satu liputan saya yang menari adalah di MTs Negeri Pedan. Di sekolah ini semua guru, karyawan, dan siswa terlibat dalam peringatan Haornas. Tiap tahun di MTs Pedan mempunyai agenda dalam peringatan Haornas yang agenda ini tidak sama dengan di sekolah-sekolah lain.

Apel dulu sebelum acara jalan sehat

Apel dulu sebelum acara jalan sehat


Pagi sebelum acara jalan sehat diadakan apel. Pada apel tersebut dibacakan sambutan Kementerian Pemuda dan Olahraga oleh pembina apel. Setelah apel selesai dilanjutkan dengan acara jalan sehat. Semua siswa harus mengikuti jalan sehat ini.

Hadiah jalan sehat di MTs Negeri Pedan

Hadiah jalan sehat di MTs Negeri Pedan


Yang membedakan acara jalan sehat di MTs Negeri Pedan dengan di sekolah lain adalah setelah selesai jalan sehat, siswa kembali ke sekolah untuk menanti hadiah. Kupon diundi, jika beruntung maka siswa dengan nomor tertentu mendapatkan hadiah. Untuk hadiah tertentu pihak panitia memberi pertanyaan rebutan seputar Haornas, pengetahuan umum, dan pelajaran, siswa yang dapat menjawab mendapatkan hadiah. Hadiah sebelumnya telah dipersiapkan oleh guru-guru, tiap guru membawa hadiah tiga buah. Untuk jenis dan harganya diserahkan pada masing-masing guru. Hadiah mulai dari makanan/minuman, peralatan mandi, baju, dll. Pada saat siswa-siswi jalan sehat dibagikan kupon undian.

Suasana pembagian hadiah setelah jalan sehat di MTs Negeri Pedan

Suasana pembagian hadiah setelah jalan sehat di MTs Negeri Pedan


Selain dapat hadiah, siswa-siswi juga mendapatkan makanan ringan dari sekolah. Tak lupa guru dan karyawan juga mendapatkan sarapan yang berupa makanan tradisional khas Solo. Sungguh nikmat hidangan gudangan dan laun yang lezat.

Pada kesempatan tahun ini, peringatan Haornas MTs Negeri Pedan juga dibantu oleh mahasiswa PPL dari STAIN Surakarta yang kebetulan sedang ada magang PPL di MTs Negeri Pedan.

———————————————————
Baca juga:
Membatik di Sekolah
MILAD ke-25 MADSANIDA 2012
———————————————————
Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

3 responses

  1. owh ,,, jadi sekarang tau dech tanggal 9 september itu hari apa … makasih ilmu yang telah di berikan y

  2. termakasih infonya, sangat bermanfaat , Abdukrahman

  3. Mantab Kegiatannya ………………… selamat ya untuk penggagas ini bersama panitia yang lain …………..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: