Dikenali Untuk Dihindari: Gagal Jantung


gagal jantung
Jantung adalah salah satu organ vital yang kita miliki. Jantung yang kita punya haruslah kita jaga jangan sampai terganggu fungsinya. Jika memang ada gangguan pada jantung kita, maka bagaimana hendaknya kita bisa mengupayakan penanganan masalah gangguan tersebut haruslah kita ketahui. Mengetahui sejak dini tentang gejala gangguan jantung kita sangatlah bermanfaat untuk pencegahan gangguan fungsi jantung kita supaya tidak berlanjut. Penyebab yang membuat gangguan pada jantung harus kita hindari.

Salah satu gangguan fungsi jantung yang sering terjadi adalah gagal jantung. Seperti sumber brosur yang saya dapatkan dari RSUD Dr. Moewardi Surakarta, berikut ini penjelasan tentang gagal jantung.

Gagal jantung adalah suatu kumpulan gejala klinis yang kompleks dimana jantung tidak mampu memompa darah untuk mencukupi kebutuhan metabolisme tubuh.

Penyebab Gagal Jantung

Gagal jantung dapat disebabakan oleh berbagai macam faktor. Ada yang memang merupakan bawaan dari lahir, seperti kelainan katup dan sekat jantung, ada pula yang didapat akibat gaya hidup yang tidak sehat.

Tekanan darah tinggi dan penyakit diabetes yang tidak terkontrol merupakan penyebab yang paling sering. Terlalu besarnya tekanan darah akan mengakibatkan jantung bekerja keras untuk memompa darah, sehingga jantung mengalami kepayahan. Kematian beberapa bagian otot jantung akibat serangan jantung juga lama kelamaan berakibat menurunnya fungsi pompa jantung.

Selain itu, merokok, konsumsi alkohol, jamu-jamuan dan penyakit paru-paru kronis seperti kerusakan paru akibat rokok dan infeksi TBC juga merupakan faktor pencetus gagal jantung.

Kehamilan dengan resiko berat badan juga dapat mengakibatkan kegagalan jantung pasca persalinan. Infeksi tenggorokan dan gigi yang berakibat kekakuan katup jantung juga sering ditemukan sebagai penyebabnya.

Tanda-tanda gagal Jantung

Berikut ini tanda-tanda seseorang mengalami gagal jantung yang umum terjadi.

• Sesak napas saat beraktivitas yang kadang hilang dengan istirahat. Tidur dengan dua bantal atau lebih untuk mengurangi sesak.
• Terbangun tiba-tiba saat tidur malam hari karena sesak napas.
• Lekas merasa lelah.
• Bengkak pada kaki yang akan meninggalkan bekas apabila ditekan.
• Lekas merasa kenyang dan kadang mual.

Yang Harus Dilakukan Jika Orang Terdekat Anda Terkena Gagal Jantung

Jangan panik. Semakin Anda panik, keluarga Anda juga akan panik. Panik akan mengakibatkan jantung bekerja terlampau berat, di saat fungsi jantung sudah sangat berkurang pada keadaan gagal jantung, kerja jantung yang terlampau berat akan sangat merugikan.

Tenangkan orang terdekat Anda, posisikan duduk dan segera bawalah ke rumah sakit untuk penanganan selanjutnya. Jangan mengobati sendiri di rumah, karena keterlambatan penanganan di rumah sakit akan berakibat semakin berkurangnya kadar oksigen dalam tubuh dan kelelahan otot-otot pernapasan.

Berilah informasi selengkap-lengkapnya kepada dokter setiba di rumah sakit, karena mungkin informasi yang tidak Anda anggap penting justru sangat berguna untuk pengambilan keputusan dokter.

Perbanyak berdoa karena bantuan doa dari keluarga akan sangat berarti bagi kesembuhan pasien. Jangan terlalu banyak dibesuk karena instirahat sangat dibutuhkan pasien untuk pemilihan fisik.

Tindakan di Rumah Sakit

Saat di rumah sakit, hal pertama yang harus dilakukan pada pasien adalah pemasangan selang oksigen. Kemudian akan direkam aktivitas listrik jantung pasien. Perekaman aktivitas listrik jantung berguna untuk mengetahui kemungkinan penyebab dan kondisi anatomi gagal jantung pasien.

Pihak rumah sakit akan memasang infus dan akan memberikan obat-obatan lini pertama untuk gagal jantung. Pasien akan memerlukan pemasangan keteter, karena rumah sakit akan memberikan obat perangsang kencing dalam dosis besar, sehingga cairan dalam paru-paru yang membuat sesak dapat dikeluarkan.

Selain sebagai alat untuk menghitung volume air seni yang keluar untuk penyesuaian dosis obat, keteter juga berfungsi untuk menghemat tenaga pasien agar tidak bolak-balik ke kamar mandi dan memfokuskan tenaga untuk penyembuhan.

Apabila diperlukan, pihak rumah sakit akan melakukan perawatan paripurna di ICVU. Pemeriksaan echocardiografi akan sangat membantu mengetahui bagaimana keadaan pasti jantung pasien dan menilai berapa besar fungsi pompa jantung pasien.

Tingkat Keparahan Gagal Jantung

Dalam ilmu kardiologi, gagal jantung dibagi berdasarkan empat klasifikasi New York Heart Association (NYHA). NYHA kelas I adalah gagal jantung yang belum menimbulkan gejala. NYHA kelas II gagal jantung yang tidak dapat melakukan aktivitas fisik berat, sesak hilang dengan istirahat. NYHA kelas III gagal jantung yang tidak dapat melakukan aktivitas ringan, sesak hilang dengan istirahat. Sedangkan NYHA kelas IV adalah gagal jantung yang sama sekali tidak mampu melakukan aktivitas fisik, sesak bahkan saat istirahat.

Namun, apapun kelas klasifikasinya, gagal jantung adalah kondisi yang sangat tidak stabil, karena keadaan yang mengancam jiwa sewaktu-waktu dapat terjadi.

Akibat Dari Gagal Jantung

Karena berkurangnya fungsi jantung untuk dapat memompa darah, hal yang paling sering terjadi adalah sesak napas akibat penumpukan cairan di paru-paru. Dengan menumpuknya cairan di paru-paru maka pertukaran oksigen akan terganggu, sehingga pasien akan sering mengalami sesak napas.

Fungsi pompa jantung yang menurun akan menimbulkan keluhan lemas dan cepat merasakan lelah.

Selain itu, gagal jantung juga akan mengakibatkan penumpukan cairan di kaki, leher, muka, sehingga akan terlihat bengkak dan membesar/sembab.

Langkah yang Dilakukan Setelah Pulang Dari Rumah Sakit

Lakukan kontrol rutin ke poliklinik jantung. Dengan kontrol rutin, obat-obatan dapat rutin diberikan, dan monitoring penyakit dapat diketahui dengan pasti, sehingga dapat diantisipasi sejak awal.

Kontrol faktor resiko seperti merokok, tekanan darah tinggi, dan penyakit diabetes.

Hindari makan makanan berlemak tinggi, terlalu asin. Batasi cairan yang dikonsumsi per hari dari minum dan makan. Kurangi goreng-gorengan dan makanan bersantan, perbanyak makan buah, sayur, kacang-kacangan dan makanan berserat lainnya.

Hindari kegiatan yang memerlukan energi banyak, pilih kegiatan yang tidak terlalu banyak menguras tenaga. Segeralah beristirahat ketika sudah mulai letih.

Konsultasikan dengan dokter Anda, apakah gagal jantung yang Anda derita dapat dikoreksi dengan operasi reparasi katup, penutupan lubang sekat jantung, atau pemasangan alat sinkronisasi jantung.

——————————————————-

Baca juga:
Dikenali Untuk Dihindari: KANKER

——————————————————-

Jika Anda ingin mendapatkan informasi dari blog ini melalui facebook Anda, silahkan klik tautan halaman (page) facebook berikut ini cauchymurtopo.wordpress.com kemudian klik suka (like) atau ikuti (follow) melalui twitter @CauchyMurtopo

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: